Sukses

Deretan Aplikasi di Apple Watch Ini Bisa Bantu Kurangi Stres

Stres dan kecemasan menjadi sesuatu yang banyak dialami oleh orang-orang, tidak hanya menghadirkan aplikasi bawaan, Apple Watch juga menghadirkan aplikasi pihak ketiga untuk bersantai dan mengurangi stres.

Liputan6.com, Jakarta - Stres dan kecemasan menjadi sesuatu yang banyak dialami oleh banyak orang. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah atau meredakan stres dan kecemasan. Misalnya, berolahraga, meditasi, yoga, dan sebagainya.

Bagi pengguna Apple Watch, ada fitur-fitur berguna yang bisa membantu penggunanya dalam menjaga kesehatan.

Mengutip 9to5mac, Rabu (3/1/2024), sebagian besar sorotan Apple Watch sebagai perangkat yang berfokus pada kesehatan tertuju pada fitur-fitur, sensor detak jatung, aplikasi EKG, pemberitahuan detak jantung, dan pelacak aktivitas.

Namun, ternyata tidak hanya berfokus pada kesehatan fisik, Apple Watch juga menghadirkan aplikasi pihak ketiga untuk bersantai dan mengurangi stres.

Berikut aplikasi-aplikasi Apple Watch yang bisa membantu mengurangi stres.

1. Kurangi Stres dengan Aplikasi Mindfulness

Di dalam watchOS ada aplikasi Mindfulness, yang sebelumnya disebut aplikasi Breathe. Ada tiga opsi pada aplikasi ini, di antaranya: State of Mind, Reflect, dan Breath. Aplikasi ini dibuat dengan teknik yang terbukti dapat megurangi stres dan membantu pengguna untuk rileks.

Sesi Breath menggunakan haptik untuk memberi sinyal kapan harus menarik dan membuang napas sekaligus mencatat detak jantung pengguna. Sesi refleksi menggunakan pertanyaan untuk membantu pengguna memfokuskan energinya, bersama dengan visualisator yang bagus.

Sementara aplikasi State of Mind tersedia pada watcOS 10 dan bisa membantu pengguna melacak suasana hati sepanjang waktu, membangun self-awareness, dan masih banyak lagi.

Adapun untuk menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa melihat adanya ikon lingkaran berwarna biru muda yang tumpang tindih. Kemudian ketik memulai.

Untuk menyesuaikan aplikasi, buka aplikasi Watch di iPhone untuk mengatur peringatan, preferensi umpan balik haptik, dan banyak lagi. 

Pengguna juga bisa menyesuaikan durasi sesi dengan mengetuk ikon tiga titik di sudut kanan aplikasi Mindfulness.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bermeditasi dan Yoga dengan Apple Watch

2. Aplikasi Meditasi Headspace dan Calm

Tidak hanya aplikasi Mindfulness, ada beberapa aplikasi meditasi yang bagus untuk Apple Watch. Dua yang paling direkomendasikan adalah  Headspace dan Calm .

Kedua aplikasi ini menampilkan beberapa konten gratis. Namun, pengguna juga bisa membuka semua konten dengan berlangganan aplikasi ini.

Adapun fitur yang sangat menarik di aplikasi Headspace Apple Watch adalah meditasi SOS tiga menit “Feeling Overwhelmed” yang bisa dilakukan dengan cepat kapan pun pengguna membutuhkannya.

Aplikasi Headspace dan aplikasi Calm dapat diunduh gratis dari App Store.

3. Daily Yoga

Daily Yoga adalah aplikasi yang bisa diakses secara gratis maupun berbayar. Aplikasi ini bisa gunakan dengan mudah oleh pemilik Apple Watch.

Aplikasi Daily Yoga sangat berguna bagi orang-orang yang ingin melakukan yoga, tanpa harus menghafal gerakannya.

Namun, Apple Watch juga sudah membawa aplikasi Exercise bawaan. Aplikasi ini juga bisa melacak yoga atau mind and body workout. Pengguna bisa memilih untuk menggunakan aplikasi bawaan atau menggunakan aplikasi pihak ketiga.

 

3 dari 4 halaman

Naikkan Mood dengan Mendengarkan Musik dan Komedi Lewat Apple Watch

Selain aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan latihan fisik, dengan menggunakan Apple Watch, pengguna bisa memutar lagu atau album yang mereka sukai.

Mendengarkan lagu-lagu bernuansa positif memengaruhi perasaan atau suasana hati pengguna dan menghilangkan stres.

Selain mendengarkan musik, pengguna juga bisa mendengarkan komedian favoritnya sebagai hiburan yang bisa menaikkan suasana hati.

Di samping itu, pengguna Apple juga dapat menggunakan Apple Watch untuk berjalan-jalan atau mendaki dan melihat data di Health App. Tidak hanya itu, Apple Watch juga dapat memberitahu beserta berapa lama pengguna menghabiskan waktu di siang hari.

Adapula Apple's Fitness+ yang menawarkan meditasi untuk membantu pengguna mengembangkan rutinitas meditasi secara teratur dan meningkatkan rasa kesejahteraan secara keseluruhan. Ada sepuluh tema yang bisa dipilih pada fitur ini. Beberapa di antaranya, Kindness, Gratitude, Awareness, Calm dan Sleep.

4 dari 4 halaman

Apple Watch Ultra 2 Resmi Masuk Indonesia, Ini Dia Harganya

Sebelumnya, Apple mengumumkan kehadiran jam tangan pintar mereka, Apple Watch Ultra 2, bersamaan dengan peluncuran iPhone 15 series pada 22 September 2023.

Selang tiga bulan diluncurkan, Apple Watch Ultra 2 akhirnya kini tersedia di Indonesia secara resmi melalui platform Blibli.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi Blibli, Selasa (19/12/2023), Apple Watch Ultra 2 tersedia dalam berbagai promo penjualan yang berlaku hingga 30 Desember 2023.

Bagi Apple fanboy, Blibli menawarkan program cicilan 0 persen bebeas biaya (tersedia kerja sama beberapa bank) dengan tenor hingga 24 bulan mulai dari Rp 666.625.

Laman tersebut juga menyebutkan, pelanggan bisa mendapatkan cicilan gratis hingga 2 bulan, 10 kali Blibli tiket rewards, dan voucher ACMIC Watchbank senilai Rp 399,000.

Tak hanya itu, Blibli juga menyebut akan menyediakan free ekstra proteksi kerusakan selama 12 bulan berlaku di seluruh Apple service center di Indonesia.

Blibli juga menyebutkan, konsumen dapat memesan laman resmi Blibli dan hello store akan mendapatkan layanan tukar tambah dan pengiriman online dalam waktu 2 jam.

Lalu berapa harga Apple Watch Ultra 2 ini di situs e-commerce identik dengan warna biru itu? Konsumen dapat membeli jam pintar Apple ini seharga Rp 15.999.000, dengan tiga pilihan tali Trail Loop, Ocean Band, dan Alphine Loop.

Selain Apple Watch Ultra 2, situs ini juga sudah menjual Apple Watch Series 9 (41mm dan 45mm) mulai dari harga Rp 7.999.000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.