Sukses

WhatsApp Uji Coba Bikin Status dari Situs Web dan Perangkat Pendamping

WhatsApp baru saja menambahkan dukungan untuk berbagi pembaruan status dari beberapa perangkat yang ditautkan,

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp baru saja menambahkan dukungan untuk berbagi pembaruan status dari beberapa perangkat yang ditautkan, termasuk dari situs web.

Dikutip dari WABetaInfo, Sabtu (30/12/2023), pengguna aplikasi WhatsApp akan bisa mengunggah Status dari situs web atau linked device (perangkat yang ditautkan).

Dijelaskan, pengguna yang telah mendaftar uji coba WhatsApp versi beta di Android sudah bisa mencoba fungsi baru ini, melalui perangkat sekunder mereka.  

Sama seperti membuat status di perangkat utama, fitur ini bisa diakses melalui tab Status di situs web dan perangkat sekunder. . Pengguna bisa membuat WhatsApp Status yang berisi foto, video, atau teks.

Fitur ini sudah bisa diakses melalui WhatsApp Web beta versi 2.2353.59. Sementara untuk kehadiranya di perangkat pendamping, pengguna perlu memperbarui aplikasinya ke WhatsApp Beta untuk Android versi 2.24.1.4.

Sampai saat ini belum ada kabar kapan perusahaan akan meluncurkan fitur tersebut ke semua pengguna WhatsApp Web. Namun, diperkirakan fitur ini juga akan hadir di perangkat pendamping iOS.

Di sisi lain, WhatsApp juga telah luncurkan bilah balasan Status WhatsApp yang mirip dengan balasan untuk Instagram Stories.

Modifikasi ini dirancang untuk menyederhanakan interaksi dengan update Status WhatsApp yang dilakukan orang lain, sekaligus menawarkan antarmuka yang lebih ramah pengguna.

Tidak hanya itu, baru-baru ini aplikasi chatting milik Meta tersebut juga dilaporkan akan segera memungkinkan pengguna membuat Status dengan foto atau video berkualitas HD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Akan Hadirkan Status Berkualitas HD

Bagian Status di WhatsApp dilaporkan akan segera menampilkan ikon HD, sehingga pengguna cukup mengklik ikon tersebut untuk memilih foto dan video beresolusi tinggi.

Dukungan untuk foto dan video HD di Status ini merupakan peningkatan dari fitur HD yang telah dirilis pada Agustus 2023. Sebelumnya, fitur ini hanya berlaku untuk foto dan video yang dikirimkan melalui obrolan. 

Kendati demikian, fitur ini belum diuji coba ke pengguna aplikasi WhatsApp versi beta. Karenanya, ada kemungkinan fitur ini akan digulirkan ke update selanjutnya. 

3 dari 4 halaman

WhatsApp Siapkan Fitur Baru yang Bisa Kirim Status WA ke Instagram Story

Selain itu, versi beta terbaru WhatsApp di Android disebut memiliki opsi untuk menautkan akun Instagram dengan WhatsApp. 

Fitur yang masih dalam tahap pengembangan ini memungkinkan pembaruan status WhatsApp diposting langsung sebagai Story di Instagram.

Integrasi semacam ini dapat membedakan WhatsApp dari pesaingnya dan memudahkan pengguna untuk membagikan pembaruan secara otomatis di berbagai platform. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa perbedaan antara apa yang dibagikan di WhatsApp dan Instagram mungkin membuat fitur ini tidak terlalu berguna bagi beberapa pengguna.

Sebagai aplikasi pesan instan terpopuler di dunia, WhatsApp terkadang terlambat dalam mengadopsi fitur-fitur baru yang telah diusung oleh pesaingnya. Sebut saja fitur Channel yang terinspirasi dari Telegram. 

Namun, sebagai anak perusahaan Meta, WhatsApp memiliki potensi untuk memanfaatkan integrasi dengan aplikasi lain di bawah naungan perusahaan tersebut. Demikian sebagaimana dikutip dari Android Police, Rabu (6/12/2023).

4 dari 4 halaman

WhatsApp Ubah Ikon Kamera dan Pensil, Kini Lebih Gampang Upload Status

Di samping itu, untuk mempermudah pengguna membuat status, WABetaInfo mencatat WhatsApp sedang menguji desain ulang lain di mana ikon pensil dan kamera dapat dipindahkan ke dalam menu tiga titik di sudut kanan atas.

Desain baru ini dimaksudkan untuk membuat pengguna lebih mudah mengakses tombol-tombol penting, terutama bagi mereka yang sering mengunggah Status WA. 

Meskipun perubahan ini dapat memberikan kenyamanan bagi sebagian pengguna, WhatsApp juga sedang mencoba alternatif cara akses untuk tombol foto dan teks/suara dalam pembaruan Status WA.

Saat ini, Floating Action Button (FAB) di bagian bawah layar terkadang sulit diakses dan terasa tidak nyaman. 

Untuk itu, menempatkan tombol di tempat lain, seperti di sebelah header Status, dapat menghindari masalah tersebut. Sekarang, dua ikon baru muncul tepat di sebelah header Status WhatsApp, menggantikan FAB yang sebelumnya digunakan. 

Dikutip dari Android Police, Senin (18/12/2023), hadirnya Channels yang disatukan dengan bilah status bisa menyebabkan benturan dengan fitur ini, terutama dalam hal desain antarmuka.

Oleh sebab itu, dalam versi beta terbaru untuk Android, WhatsApp juga memperkenalkan desain ulang yang bertujuan membuat penggunaan fitur Channels lebih efisien. 

Perlu diketahui, perubahan ini masih dalam tahap beta dan belum diketahui kapan akan digulirkan ke aplikasi WhatsApp versi stabil. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.