Sukses

WhatsApp Ubah Ikon Kamera dan Pensil, Kini Lebih Gampang Upload Status

WhatsApp menguji desain ulang dengan penempatan ikon pensil dan kamera ke dalam menu tiga titik di sudut kanan atas, serta mencoba alternatif akses untuk tombol foto dan teks/suara dalam pembaruan Status.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp terus mengembangkan fungsionalitas baru untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Salah satu perkembangan terbaru adalah pengenalan Channels, yang sekarang disatukan dengan pembaruan Status dalam tab Pembaruan khusus. 

Untuk mempermudah pengguna membuat status, WABetaInfo mencatat WhatsApp sedang menguji desain ulang lain di mana ikon pensil dan kamera dapat dipindahkan ke dalam menu tiga titik di sudut kanan atas.

Desain baru ini dimaksudkan untuk membuat pengguna lebih mudah mengakses tombol-tombol penting, terutama bagi mereka yang sering mengunggah Status WA. 

Meskipun perubahan ini dapat memberikan kenyamanan bagi sebagian pengguna, WhatsApp juga sedang mencoba alternatif cara akses untuk tombol foto dan teks/suara dalam pembaruan Status WA.

Saat ini, Floating Action Button (FAB) di bagian bawah layar terkadang sulit diakses dan terasa tidak nyaman. 

Untuk itu, menempatkan tombol di tempat lain, seperti di sebelah header Status, dapat menghindari masalah tersebut. Sekarang, dua ikon baru muncul tepat di sebelah header Status WhatsApp, menggantikan FAB yang sebelumnya digunakan. 

Dikutip dari Android Police, Senin (18/12/2023), hadirnya Channels yang disatukan dengan bilah status bisa menyebabkan benturan dengan fitur ini, terutama dalam hal desain antarmuka.

Oleh sebab itu, dalam versi beta terbaru untuk Android, WhatsApp juga memperkenalkan desain ulang yang bertujuan membuat penggunaan fitur Channels lebih efisien. 

Perlu diketahui, perubahan ini masih dalam tahap beta dan belum diketahui kapan akan digulirkan ke aplikasi WhatsApp versi stabil. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Luncurkan Fitur Pin Message

Di sisi lain, platform messaging Meta ini baru saja mengumumkan fitur baru di dalam aplikasinya yaitu kemampuan menyematkan pesan atau pin message.

Dengan pesan yang disematkan, pengguna aplikasi WhatsApp akan bisa lebih mudah menyoroti chat penting dalam sebuah obrolan grup atau individu.

Tak cuma teks, pengguna pun akan bisa menyematkan jenis pesan lainnya seperti polling, gambar, emoji, dan lain-lain, yang semuanya tetap terenkripsi secara end-to-end.

"Ini membantu menghemat waktu pengguna untuk menemukan pesan yang relevan dengan lebih mudah," tulis platform Meta itu melalui keterangan tertulisnya, Rabu (13/12/2023).

Cara Pin Pesan WhatsApp

Berikut ini cara melakukan pin message atau menyematkan pesan di WhatsApp:

  • Untuk 'Sematkan' pesan, Anda dapat menekan lama pada pesan, dan pilih 'Sematkan' dari menu konteks.
  • Banner akan muncul untuk memilih durasi pesan yang disematkan, yang bisa dipilih antara 24 jam, 7 hari, dan 30 hari. 7 Hari adalah pilihan default.
  • Dalam chat grup, admin memiliki opsi untuk memilih apakah semua anggota atau hanya admin yang dapat menyematkan pesan.

Ini merupakan fitur baru WhatsApp yang rilis setelah sebelumnya mereka merilis beberapa kemampuan baru di platform tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp juga mengumumkan fitur baru mereka yaitur View Once atau Sekali Lihat untuk pesan suara.

Fitur View Once WhatsApp sendiri sudah diperkenalkan untuk foto dan video pada tahun 2021. Namun fitur privasi tersebut kini diperluas untuk pesan suara.

3 dari 4 halaman

WhatsApp Luncurkan Fitur View Once

Dengan fitur ini, pesan suara yang dikirimkan oleh pengguna, nantinya hanya akan bisa dibuka satu kali, untuk kemudian langsung menghilang setelah didengarkan.

"Baik untuk memberi tahu detail kartu kredit Anda kepada teman, atau saat Anda merencanakan sebuah kejutan, Anda sekarang dapat berbagi informasi sensitif melalui pesan suara tanpa perlu khawatir," tulis WhatsApp dalam pengumumannya.

Selain itu, mengutip siaran persnya, Minggu (10/12/2023), platform messenger milik Meta ini mengatakan bahwa pesan suara Sekali Lihat juga akan ditandai dengan ikon "satu kali" dan hanya dapat diputar satu kali.

"Seperti halnya semua pesan pribadi Anda, WhatsApp selalu melindungi pesan suara dengan enkripsi end-to-end, dan fitur Sekali Lihat hanyalah contoh lain dari inovasi privasi kami yang terus berlanjut."

Fitur baru WhatsApp ini akan dirilis secara global dalam beberapa hari mendatang.

4 dari 4 halaman

Cara Bikin Pesan Suara View Once di WhatsApp

Berikut ini cara untuk membuat pesan suara agar hanya bisa dilihat satu kali di WhatsApp, seperti dikutip dari situs resminya:

  • Buka chat individual atau grup.
  • Gesek ke atas untuk mengunci rekaman.
  • Ketuk dan tahan untuk merekam.
  • Ketuk view once dengan ikon angka "1" dalam lingkaran. Saat ikon ini berubah warna menjadi hijau, Anda berada dalam mode sekali lihat.
  • Ketuk Send.

Jika penerima mengaktifkan laporan dibaca, Anda akan melihat label Dibuka di chat saat mereka telah membuka media atau pesan suara sekali lihat Anda.

Membuka media atau pesan suara sekali lihat di WhatsApp

  • Ketuk pesan sekali lihat.
  • Lihat foto, video, atau dengarkan pesan suara.
  • Gesek atau ketuk back untuk keluar dari penampil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini