Sukses

Realme C67 Bakal Rilis di Indonesia, Cek Bocoran Spesifikasinya

Realme telah memastikan Realme C67 akan menjadi smartphone terbaru di Indonesia yang hadir dengan sejumlah peningkatan signifikan.

Liputan6.com, Jakarta - Realme mengumumkan akan meluncurkan smartphone terbaru mereka di Indonesia menjelang akhir 2023. Kali ini, giliran Realme C Series yang akan mendapatkan pembaruan model.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (12/12/2023), smartphone yang dimaksud adalah Realme C67. Smartphone ini disebut akan hadir dengan sejumlah peningkatan besar-besaran yang pernah ada di Realme C Series.

Salah satu peningkatan signifikan dilakukan di sektor kamera. Realme mengungkapkan akan menghadirkan kamera utama beresolusi 108MP serta fitur 3x in-sensor zoom di perangkat ini.

Realme mengklaim, Realme C67 akan memiliki kamera dengan resolusi tertinggi di segmennya. Bahkan, kamera ini umumnya ditemukan pada smartphone di kelas harga lebih tinggi.

Sementara dari sisi performa, HP Realme ini dipersenjatai chipset Snapdragon 685. Inovasi lain yang dihadirkan di Realme C67 adalah sunny oasis design yang memberikan warna baru pada desain smartphone di segmennya.

Realme juga mengklaim perangkat ini memiliki bezel tertipis di kelasnya, karena dihilangkannya braket plastik di sekitar layar. Dengan cara ini, bagian hitam di sekeliling layar bisa diminimalisir.

Realme membekali smartphone ini dengan memori internal 256GB dan dipadukan RAM 8GB yang masih bisa diperluas dengan fitur Dynamic RAM. Meski sudah diungkap, informasi detail mengenai HP Realme ini belum banyak diketahui.

Kendati demikian, Realme C67 dijadwalkan akan meluncur di Indonesia pada 19 Desember 2023. Peluncuran smartphone ini akan ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube Realme Indonesia pukul 14.00 WIB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengiriman HP Realme di Pasar Global pada 2023

Sebelumnya, setelah berhasil menjual 100 juta unit pada 2021, Realme mengumumkan pencapaian pengiriman 200 juta unit HP secara global sepanjang 2023.

Pencapaian baru ini secara resmi membuat Realme bergabung dengan '200 Million Club' di kancah internasional.

Melalui keterangan tertulisnya, dikutip Selasa (28/11/2023), hanya butuh waktu 37 bulan bagi Realme--sejak hadir di pasar pada 2018--untuk mengumpulkan 100 juta pengguna di seluruh dunia dan mendapatkan pengakuan luas di pasar global.

Khusus di Indonesia, pada tahun ini Realme berhasil meluncurkan jajaran smartphone Champion C Series (Realme C55, Realme C53, dan Realme C51), juga Realme 11 Series (Realme 11 Pro+ 5G, Realme 11 Pro 5G, dan Realme 11).

Pada 2023, Realme terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan, dengan mendirikan Realme Global Institute of Leap-forward Technology yang berfokus pada teknologi terobosan di empat bidang utama: fotografi, layar, gaming, dan pengisian daya.

Strategi ini juga akan mulai diterapkan dalam waktu dekat ke semua lini produk smartphone Realme meliputi GT, Number, hingga C series. 

3 dari 5 halaman

Lebih Dekat ke Tujuan Berikutnya di Fotografi

Seperti yang diungkapkan oleh Founder dan CEO Realme, Sky Li, dalam surat terbuka pada ulang tahun kelima Realme, perusahaan akan lebih dekat ke tujuan berikutnya, terutama dalam bidang fotografi.

"Dalam perjalanannya menuju pencapaian baru, Realme tetap berkomitmen pada visi awalnya untuk terus membuat standar yang lebih tinggi, mendengarkan dan tumbuh bersama para pengguna di seluruh dunia, dan menciptakan lebih banyak pencapaian bersama-sama,” ujarnya.

Berkolaborasi dengan lebih dari 33 mitra teknologi internasional terkemuka, perusahaan berkomitmen untuk terus mengembangkan teknologi mutakhir--salah satunya pada produk HP Realme--dengan turut memperkuat tim riset dan pengembangan lewat 400% peningkatan personel pada 2024.4 dari 4 halaman

4 dari 5 halaman

Tren Pasar Smartphone Indonesia

Senior Analyst Counterpoint, Febriman Abdillah di sisi lain baru saja membagikan insight terbaru terkait tren pasar smartphone di Indonesia selama kuartal ketiga (Q3) 2023.

Ia menyebut tren perilisan model smartphone baru meningkat hingga 10% secara tahunan (Year-over-Year/YoY), dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu, terutama pada segmen harga kurang dari Rp 3 jutaan, seperti Infinix GT10 Pro, Redmi 12, maupun iTel P40.

"Samsung merajai pasar smartphone Indonesia dengan jumlah pengapalan mencapai 20%, meski ada penurunan 1% dibandingkan tahun lalu," ungkap Febriman di acara Indonesia Gadget Award 2023, Selasa (14/11/2023) malam.

Ia menambahkan, Samsung berhasil meraih peringkat pertama berkat dukungan dari smartphone dengan segmen harga kurang dari Rp 3 jutaan maupun rentang harga Rp 3-6 jutaan.

Sementara Oppo yang masuk di posisi kedua, turun 12 persen dibanding tahun lalu karena berkurangnya pengiriman untuk segmen ponsel Rp 3 jutaan. Namun, Oppo tumbuh lebih baik di kisaran harga di atasnya berkat Reno8, Reno8 T, Reno10, dan A78.

Yang tidak kalah menarik, Xiaomi berhasil menjadi brand smartphone yang behasil naik ke urutan ketiga, menorehkan nilai kenaikan tertinggi hingga 30% YoY pada Q3 2023.

Sementara Realme dan Infinix sama-sama mendapatkan pangsa pasar 10 persen. Sebagian besar penjualan Realme ada di kelas entry-level di bawah Rp 3 juta seperti C30s, C53, dan C55.

Infinix berhasil melejit dengan kenaikan pengapalan 17 persen secara tahunan, terutama lewat Note 30, Hot 30, dan Smart 7.

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.