Sukses

HaluApp Jadi Marketplace Digital Khusus Wibu di Indonesia, dari Anime hingga Game

Saat ini, aplikasi HaluApp diklaim memiliki total nyaris 10.000 pembuat konten independen dan mendekati 100.000 userbase.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi komunitas wibu alias penggemar kebudayaan Jepang, tentu tak asing dengan marketplace digital berbasis website dan aplikasi bernama HaluApp.

HaluApp yang berada di bawah PT. Wibu Sukses Bersama merupakan platform digital yang dirancang sebagai destinasi online para kreator dan artis agar semakin dekat dengan penggemarnya.

Saat ini, aplikasi HaluApp diklaim memiliki total nyaris 10.000 pembuat konten independen dan mendekati 100.000 userbase.

Pendirinya adalah Marcell Tee, seorang anak muda kelahiran semarang yang besar di tengah keluarga pengusaha. Naluri bisnisnya sudah mengalir dalam darahnya sejak usia belia.

Namun, bukan cuma faktor genetika dari orangtua, ia mengaku punya chemistry dan bekal kuat yang mendorongnya memilih menjadi seorang digitalpreneur.

Ia mengaku punya mimpi besar yang kemudian membawanya ke bisnis aplikasi wibu yang tergolong masih sangat segmented di Indonesia.

Setelah menganalisis peluang besarnya, Marcell berani meninggalkan bisnis pertama yang sudah dirintisnya sejak masih kuliah di sektor ekspor impor.

"Saya ingin menjadi game changer di market ACG (anime, comic and game) yang besar. Saya melihat peluangnya sangat luar biasa di Indonesia," kata Marcell melalui keterangannya, Kamis (30/11/2023).

Menurut analisis Marcell, bisnis HaluApp sangat menjanjikan karena perkembangan pasar ACG di Indonesia sangat besar, terutama saat pandemi Covid-19 melanda.

"Menurut saya, yang paling penting lagi adalah meningkatnya partisipasi masyarakat Indonesia dalam konsumsi konten ACG," ucap Marcell.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantu Kreator Kantongi Income Tambahan

Tidak hanya soal peluang besar, Marcell juga punya misi suci di balik keputusannya terjun di bisnis aplikasi wibu ini.

"Saya ingin membantu banyak orang untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dengan menghasilkan income tambahan atau bahkan penghasilan utama dari HaluApp," ujarnya.

Para kreator yang terdaftar dan bergabung di HaluApp akan menerima pesanan atau komisi komersil dari follower dan brand untuk berbagai kategori layanan, mulai dari karya ilustrasi dan foto hingga pembuatan branded video.

"Jadi, HaluApp mempertemukan para kreator, mulai dari fotografer, livestreamer, ilustrator, official brands, communities, gamer, music idols, cosplayer, graphic designer, V-tuber, dan lain-lain, dengan penggemar atau konsumennya," Marcell menjelaskan.

Dalam pengembangan usahanya, ia mengaku tidak hanya menjadikan HaluApp sebagai marketplace, tapi juga sebagai jembatan para kreator ACG di Indonesia dengan brand ternama, baik lokal maupun internasional.

 

3 dari 4 halaman

Gelar Summit Tahunan

Sebelumnya, HaluApp menggelar annual summit bertema game dan anime yang digelar untuk para kreator dan mitra brand pada Oktober 2023.

Hadir dengan nama HaluWeen, summit ini menghadirkan sederet kreator selebritas dari sektor anime dan gaming di Gen Z.

Mereka adalah cosplayer Malaysia Hakken, Twitch livestreamer asal Australia KNITE, serta dua kreator model Ying Tze dan Prestonles.

Menurut salah satu founder HaluApp Yoshi Gondokusumo, HaluApp melihat pertumbuhan besar di sektor Gen Z dan ACG (Anime, Comics, dan Gaming) untuk para kreator dan brand.

Terlebih, sektor ini memiliki basis penggemar yang kreatif sekaligus tempat terbentuknya tren dan kebiasaan yang terbangun.

"Impact inilah yang dinilai menarik untuk brand. HaluWeen Summit menjadi wadah dari HaluApp untuk merayakan culture ini, menggabungkan para partners, serta menyokong pertumbuhan para kreator," tutur Gondokusumo.

Perlu diketahui, HaluApp yang aktif sejak Januari 2023 merupakan marketplace yang menghubungkan para kreator independen dan konsumen Gen Z untuk berdagang sekaligus berbelanja.

Adapun produk yang ditawarkan beragam, mulai dari barang termasuk layanan digital, terutama di bidang entertainment dan lifestyle retail.

Selain itu, platform ini juga bertujuan memberikan jalan bagi brand global dan lokal memperluas jangkauan sekaligus menjalin kemitraan dengan para kreator terpercaya di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Infografis Naruhito Kaisar Baru Jepang. (Liputan6.com/Triyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini