Sukses

Samsung Luncurkan One UI 6 untuk Seri Galaxy S21

Samsung merilis pembaruan stabil One UI 6 berbasis Android 14 untuk Galaxy S21, S21+, dan S21 Ultra.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung Galaxy S21 kini mendapatkan pembaruan One UI 6 berbasis Android 14 yang stabil, mengikuti jejak seri di atasnya, dan juga Galaxy A54 yang belum lama menerima update serupa. 

Sebelumnya, perangkat dalam seri Galaxy S21 telah mengalami beberapa bulan uji coba pembaruan beta One UI 6.0, dan kini versi stabilnya telah secara resmi dirilis.

Pembaruan Android 14 One UI 6 yang stabil untuk Galaxy S21, Galaxy S21+, dan Galaxy S21 Ultra telah diperkenalkan dengan versi firmware G99xBXXU9FWK2. 

Awalnya, pembaruan ini dapat diakses di beberapa negara Eropa, dimulai dari Swiss, dan diharapkan segera meluas ke wilayah lain. 

Karena ukurannya yang mencapai 2,2 GB, kami menyarankan pengguna untuk menggunakan WiFi ketika ingin memperbarui perangkat lunak mereka.

Mengutip SAMMobile, Rabu (29/11/2023), pengguna Galaxy S21 di Eropa dapat mengakses pembaruan Android 14 dengan mudah melalui Pengaturan, lalu menuju "Pembaruan perangkat lunak" dan mengklik opsi "Unduh dan instal". 

Jika kamu ingin melakukan pembaruan secara manual, file firmware akan segera tersedia di basis data firmware, meskipun mungkin perlu menunggu sejenak sebelum pembaruan tersedia untuk di-flash.

Penting untuk diperhatikan bahwa pembaruan ini membawa berbagai peningkatan dan perbaikan yang dapat meningkatkan kinerja serta fungsi perangkat Galaxy S21 secara keseluruhan. 

Dengan langkah ini, Samsung terus berkomitmen untuk memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna perangkatnya melalui pembaruan sistem yang terkini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Gulirkan Update One UI 6 untuk Galaxy A54

Sebelumnya, setelah merilis update One UI 6.0 ke Galaxy S23 dan Galaxy S22, baru-baru ini Samsung menerapkannya ke Galaxy A54 untuk wilayah Amerika Serikat.

Update ini tiba sebulan lebih awal dari jadwal perilisan One UI 6 yang diungkap sebelumnya, seperti yang dilaporkan Gizmochina, Kamis (23/11/2023).

Seperti diketahui, update ini menghadirkan perubahan dan fitur baru menarik yang tentunya akan meningkatkan pengalaman pengguna.

Update One UI 6.0 yang berbasis Android 14 ini sekaligus menghadirkan patch keamanan Oktober 2023 untuk meningkatkan keamanan sistem.

Untuk memeriksa pembaruan ini, pengguna bisa melakukannya secara manual dengan cara: masuk ke Pengaturan > pilih Pembaruan Perangkat Lunak > Periksa Pembaruan dan Instal Perangkat Lunak.

Setelah tersedia untuk pengguna di AS, update One UI 6 ini diperkirakan juga akan diluncurkan di wilayah lain dalam beberapa hari mendatang.

Sebagai informasi, sesuai timeline resmi, Samsung Galaxy S23, Galaxy Z Flip 5, Galaxy Z Fold 5, Galaxy Tab S9, Galaxy Tab S9+, dan Galaxy Tab S9 Ultra akan menerima update One UI 6 versi stabil bulan ini. 

Sementara itu, Galaxy A34 5G, Galaxy A54 5G, Galaxy S21 Series, Galaxy S22 Series, Galaxy Z Flip 3 Series, dan Galaxy Tab S8 Series diketahui baru akan mendapatkannya paling lambat bulan depan. 

Sekadar diketahui, Samsung Galaxy A54 diluncurkan awal 2023. Dengan spesifikasi layar Super AMOLED 6,4 inci, refresh rate 120Hz, HDR10+, dan kecerahan hingga 1000 nits, serta didukung Corning Gorilla Glass 5. 

 
3 dari 4 halaman

Daftar HP Samsung yang Kebagian One UI 6 di Akhir 2023

Sebelumnya, pengelola forum Komunitas Samsung secara resmi mengumumkan kehadiran update software One UI 6. Kabar gembira datang karena pembaruan berbasis Android 14 ini akan segera meluncur ke berbagai model HP Samsung di akhir tahun ini.

Tidak hanya model flagship terbaru, tapi HP Samsung model flagship dari tahun sebelumnya serta model entry-level dan mid-range turut masuk dalam daftar pembaruan ini.

Gelombang awal update dimulai pada Minggu ke-43 2023, dengan seri Galaxy S23 menjadi perangkat pertama yang mendapatkannya. Sejak 30 Oktober 2023, pengguna Galaxy S23, Galaxy S23+, dan Galaxy S23 Ultra dapat menikmati pengalaman baru yang ditawarkan oleh One UI 6 berbasis Android 14 ini.  

Setelah lini Galaxy S23, Samsung juga akan menggulirkan update ke deretan perangkat lainnya. Apa saja perangkat yang akan mendapatkan One UI 6? Simak informasi lengkapnya berikut ini dari Samsung.  

4 dari 4 halaman

Lewat One UI 6, Samsung Boyong Alat Edit Foto Enhancer-X ke Deretan HP Ini

Selain itu, setelah berbulan-bulan dikembangkan dalam versi beta, Samsung One UI 6 akhirnya resmi diluncurkan. One UI 6 adalah antarmuka khusus Samsung yang berjalan di atas sistem operasi Android.

UI baru ini menyajikan berbagai fitur baru yang menonjol, terutama dalam hal fitur kamera yang diperkaya dengan kecerdasan buatan (AI).

Salah satu sorotan dari pembaruan ini adalah aplikasi Samsung Galaxy Enhance-X. Aplikasi ini dapat dianggap sebagai pisau serbaguna untuk alat gambar, membawa pengalaman fotografi kamu ke tingkat berikutnya. 

Saat mengambil foto bintang, Galaxy Enhance-X menggunakan kecerdasan buatan untuk mengenali rasi bintang dan galaksi yang terdapat dalam foto kamu. Untuk meningkatkan kejernihan foto, aplikasi ini bahkan dapat menghilangkan keburaman yang disebabkan oleh sidik jari pada lensa.

Fitur lainnya yang menarik adalah kemampuan Enhance-X untuk mengubah video biasa menjadi video slow motion. Dengan membuat frame tambahan, aplikasi ini mampu menciptakan tampilan lambat sekaligus halus. 

Terakhir, Enhance-X menggunakan kecerdasan buatan untuk memilih foto dan klip video terbaik yang dapat dibagikan kepada teman-teman kamu.

Mengutip PCMag, Sabtu (11/11/2023), aplikasi ini akan tersedia untuk sejumlah model ponsel Samsung, termasuk Galaxy S20 ke atas, seri Note 20, A53, A54, serta semua ponsel Galaxy Z Flip dan Z Fold. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini