Sukses

Uji Performa Gaming Samsung Galaxy S23 FE: Main Mobile Legends hingga Genshin Impact Lancar Jaya

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui pengalaman bermain game dengan Samsung Galaxy S23 FE yang baru meluncur di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Galaxy S23 FE telah resmi meluncur untuk pasar Indonesia. Sesuai namanya, perangkat ini merupakan versi terjangkau dari lini Galaxy S23.

Meski hadir dengan harga lebih terjangkau, Samsung Galaxy S23 FE disebut masih menjanjikan performa yang mumpuni. Hal ini tidak lepas dari kehadiran chipset Exynos 2200 yang sebelumnya dipakai di lini Galaxy S22.

Berbekal chipset tersebut, di atas kertas, smartphone ini mampu diandalkan untuk beragam kebutuhan penggunanya. Tak terkecuali, mereka yang terbiasa memainkan game di smartphone.

Untuk mengetahui performa Galaxy S23 FE, Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk menjajalnya langsung. Kami memakai smartphone ini untuk memainkan beberapa game mobile populer, seperti Mobile Legends: Bang Bang, PUBG Mobile, hingga Genshin Impact.

<p>Pengalaman bermain game di Samsung Galaxy S23 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Secara keseluruhan, perangkat ini harus diakui bisa melibat semua game tersebut tanpa masalah berarti. Sebagai contoh, ketika memainkan Mobile Legends: Bang Bang, kami tidak merasakan kendala berarti.

Kami bisa memaksimalkan pengalaman gaming di Galaxy S23 FE dengan mengoptimalkan pengaturan grafis di game ini. Selama mencoba game ini dengan pengaturan grafis Ultra, performa game masih terasa mulus dan nyaman dimainkan.

Lalu, ketika diajak untuk memainkan game PUBG Mobile, kami bisa menyetelnya hingga pengaturan grafis HDR dan frame rate Ultra. Hasilnya, game masih bisa dimainkan dengan baik.

Sementara ketika dipakai untuk memainkan Genshin Impact, kami merasa performa yang diberikan terbilang baik. Meski setelan awal dengan grafis rendah, ketika diajak untuk memainkan ke grafis lebih tinggi, performa game ini masih bisa dimainkan dengan lancar.

<p>Pengalaman bermain game di Samsung Galaxy S23 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Untuk mendukung pengalaman bermain, Samsung juga menyertakan aplikasi Gaming Hub. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa mengakses fitur Game Booster untuk meningkatkan pengalaman bermain.

Dengan fitur ini, pengguna Samsung S23 FE bisa mengatur beberapa hal seperti mengatur mode optimasi game hingga mengatur notifikasi yang masuk saat bermain game. Jadi, pengguna tidak terganggu notifikasi yang masuk.

<p>Pengalaman bermain game di Samsung Galaxy S23 FE. (Liputan6.com/Agustinus M. Damar)</p>

Usai mengulas performanya untuk bermain game, secara keseluruhan, kami merasa Samsung S23 FE sangat bisa diandalkan. Berbekal chipset yang dibenamkan dan fitur yang disertakan, pengalaman bermain di HP Samsung ini terasa lancar jaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Samsung Galaxy S23 FE Resmi Dirilis, Cek Spesifikasi dan Harganya di Indonesia

Untuk diketahui, Samsung Galaxy S23 FE resmi diumumkan setelah satu tahun absen dari pasaran. Sesuai bocoran, HP Android ini hadir dengan beberapa peningkatan.

Galaxy S23 FE tetap setia pada desain ikonik S series dengan floating kamera baru, dan mengantongi sertifikasi IP68. Ini berarti, ponsel Samsung ini sudah tahanan air dan debu.

“Di Samsung, kami berkomitmen membawa inovasi kelas dunia kepada semua orang melalui pengalaman mobile epic, sesuai dengan gaya hidup mereka," kata ungkap TM Roh, President and Head of Mobile eXperience Business, Samsung Electronics dalam keterangannya, Rabu (4/10/2023).

Sayangnya, masih belum diketahui varian Samsung Galaxy S23 FE di Indonesia ini menggunakan prosesor Snapdragon 8 Gen 1 atau Exynos 2200. Tapi seri Galaxy S FE dua tahun lalu, kemungkinan pengguna di Indonesia akan menemukan chipset Exynos.

Untuk mendukung performa, Galaxy S FE yang meluncur tahun ini hadir dengan konfigurasi RAM 8GB dengan dua pilihan memori mulai dari 128GB dan 256GB.

Berapa harga Galaxy S23 FE? Untuk varian Galaxy S23 FE 128GB dibanderol Rp 8.999.000 dan Rp 9.999.000 (256GB). HP Android ini tersedia dalam berbagai pilihan warna, termasuk Mint, Cream, Graphite, dan Purple.

3 dari 4 halaman

Kamera Galaxy S23 FE

Masuk ke fotografi, HP Android Galaxy S23 FE menggunakan lensa kamera 50MP setelah sebelumnya hanya 12MP, dan lensa telefoto 8MP (zoom 3x). Anehnya, Samsung justru menurunkan kemampuan lensa selfie-nya.

Disebutkan, HP Samsung menyematkan sensor 10MP. Padahan setelah dua generasi Galaxy S FE ini menggunakan kamera 32MP.

HP Samsung Galaxy S23 FE tampil dengan layar datar Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,4 inci, mendukung resolusi FHD+, dan refresh rate 60-120Hz. 

Selain itu, teknologi pendingin Vapor Chamber pada S23 FE didesain memiliki dimensi 4 kali lebih besar dibanding pendahulunya, sehingga lebih optimal saat mengatur suhu device.

Galaxy S23 FE juga hadir dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh, yang mendapatkan dukungan pengisian daya cepat, dan diklaim dapat terisi hingga 50 persen dalam waktu 30 menit.

(Dam)

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini