Sukses

Pengguna Threads Kini Bisa Hapus Akun Tanpa Perlu Kehilangan Instagram

Threads meluncurkan kemampuan untuk menghapus akun, tanpa harus melenyapkan akun Instagram.

Liputan6.com, Jakarta - Threads akhirnya merilis salah satu fitur yang cukup banyak diminta oleh pengguna di awal kemunculannya, yaitu kemampuan untuk hapus akun tanpa harus melenyapkan akun Instagram.

Pembaruan ini diungkap langsung oleh bos Instagram, Adam Mosseri, melalui pengumuman di akun Threads-nya @mosseri.

Dikutip Rabu (15/11/2023), di sana Mosseri mengatakan, dua update Threads ini berdasarkan masukan dari komunitas pengguna media sosial itu.

"Pertama: kami meluncurkan cara bagi Anda untuk menghapus profil Threads Anda secara terpisah dari akun Instagram Anda," kata Mosseri.

Di situ, dijelaskan bahwa untuk menghapus akun Threads, pengguna bisa masuk ke Settings (Pengaturan), kemudian pilih Account (Akun), lalu Delete or Deactivate Profile, dan pilih delete atau hapus.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan Adam Mosseri, nantinya akan ada penjelasan lebih lanjut.

Di situ dijelaskan Adam Mosseri, Deactivate berarti hanya menonaktifkan profil Threads untuk sementara. Jadi, profil, konten, likes, dan followers tidak akan terlihat sampai pengguna mengaktifkannya lagi.

Namun dengan opsi Delete, pengguna akan menghapus secara permanen akunnya. Yang berarti, profil, konten, likes, dan followers, bakal tersembunyi sebelum terhapus permanen dalam 30 hari.

Di sana juga dijelaskan bahwa akun Instagram tidak akan terhapus atau nonaktif.

Mosseri juga mengumumkan pembaruan kedua, di mana pengguna bisa menghentikan unggahan di Threads-nya muncul di Facebook atau Instagram.

"Baru-baru ini kami memperkenalkan fitur yang memudahkan orang melihat unggahan Threads langsung di Facebook dan Instagram, untuk membantu memperluas audiens dan memperluas jangkauan Anda."

"Kami mendengar masukan bahwa Anda menginginkan kontrol lebih besar atas pengalaman tersebut, jadi kami meluncurkan cara untuk memilih tidak ikut ditampilkan di luar Thread di Pengaturan → Privasi," tulis Head of Instagram itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Threads Hadirkan Polling dan GIF

Sebelumnya, Threads baru saja menggulirkan dua fitur baru, yakni polling dan GIF yang dapat digunakan seluruh pengguna. Kedua fitur ini adalah langkah baru diambil oleh CEO Meta Mark Zuckerberg, untuk menghidupkan kembali platform ini menyaingi X alias Twitter.

Mark Zuckerberg menyampaikan kegembiraannya dalam postingan di Threads, menambahkan sentuhan humor dengan membagikan GIF penyiar UFC Bruce Buffer mencerminkan perasaannya tentang peluncuran fitur baru tersebut. 

Sementara itu, fitur polling hadir dalam versi seluler dan memungkinkan pengguna memilih opsi secara real-time, serupa dengan di Instagram Stories. Pengguna akan menerima pemberitahuan saat polling berakhir.

Threads pun beberapa waktu lalu meluncurkan banyak fitur baru dengan memberikan layanan versi aplikasi berbasis web, tombol edit, pengalihan profil, likes, umpan kronologis, dan lebih banyak lagi.

Dkutip dari Gizmodo, Minggu (29/10/2023), semua perubahan ini datang setelah Zuckerberg memproyeksikan Threads akan mencapai satu miliar pengguna. 

"Saya sudah lama berpikir harus ada aplikasi percakapan publik dengan satu miliar orang lebih positif. Dan saya pikir jika kami terus melakukan ini selama beberapa tahun lagi, maka saya pikir kami memiliki peluang bagus untuk mencapai visi kami di sana," katanya.

3 dari 5 halaman

Mark Zuckerberg Ungkap Jumlah Pengguna Bulanan Threads

Belum lama ini, Mark Zuckerberg juga mengungkap informasi terkait jumlah pengguna harian platform media sosial Threads buatannya.

Sebelumnya, Threads disebut-sebut mulai ditinggalkan oleh penggunanya sejak diumumkan pada Juli 2023. Ternyata, layanan pesaing media sosial milik Elon Musk itu masih diminati pengguna.

Mengutip The Verge, Kamis (26/10/2023), Mark Zuckerberg dalam laporan pendapatan kuartalnya menyebutkan pengguna bulanan Threads hampir menyentuk 100 juta.

"Kita sudah hadir selama tiga bulan, dan saya bangga dengan pencapaian saat ini," kata Mark Zuckerberg saat dalam salah satu sesi.

Pendiri Facebook ini juga mengatakan, "kita saat ini berada ditahap untuk lebih fokus untuk mengembangkan lebih jauh komunitas. Dari yang kita tahu, pengguna banyak suka dengan Threads."

4 dari 5 halaman

Meta Lihat Peluang Bersaing dengan Twitter

Seperti yang dijelaskan oleh bos Instagram saat peluncuran Threads, Meta melihat peluang untuk bersaing secara serius dengan platform terkenal, seperti Twitter.

Terlebih lagi, Elon Musk sudah mengungkap rencana besar untuk masa depan X sebagai aplikasi super atau super apps.

Informasi, Meta meluncurkan platform media sosial pesaing X Twitter ini pada Juli tahun ini. Meski awalnya tampil "kosong", perusahaan dengan cepat menambahkan beberapa fitur.

Adapun beberapa fitur tersebut, seperti Threads versi web, kemampuan untuk mencari posting-an, dan edit unggahan.

Selain itu, Threads juga dilaporkan sedang bersiap untuk menghadirkan fitur Trending Topics. Fitur ini disebut merupakan langkah Threads bersaing dengan X alias Twitter.

5 dari 5 halaman

Infografis Kenaikan Jumlah Pengguna Media Sosial di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.