Sukses

Unboxing dan Kesan Pertama Menggenggam Oppo Find N3: Premium, Cantik, dan Solid

Berikut ini pengalaman melakukan unboxing Oppo Find N3 yang tak lama lagi akan rilis di Indonesia, serta kesan pertama untuk tampilannya.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo Find N3, smartphone layar lipat terbaru dari Oppo, dipastikan akan hadir di Indonesia tak lama lagi.

Meski baru akan diluncurkan, namun Tekno Liputan6.com berkesempatan untuk melihat lebih dulu seperti apa tampilan, maupun isi kotak penjualan dari perangkat yang satu ini.

Hadir sebagai perangkat flagship kelas atas, Oppo Find N3 datang dengan kotak penjualan yang lumayan besar seperti Find N3 Flip, menambah kesan premium yang dia hadirkan.

Dalam paket penjualan, nantinya pengguna Find N3 akan menemukan unit smartphone-nya itu sendiri, bersama dengan beberapa aksesoris dan kelengkapan lainnya. 

Meski smartphone flagship, Oppo masih memberikan konsumen adaptor charger 67W SuperVOOC, lengkap dengan kabel USB Type-C dalam paket penjualan.

Selain itu, terdapat juga casing khusus HP layar lipat untuk Oppo Find N3, di mana hardcase ini punya tekstur kulit, dan terdiri dari dua bagian untuk melindungi tepian bagian depan dan bodi belakang.

Pengguna juga tak perlu khawatir kalau hardcase dipakai bakal menutupi warna asli dari perangkat, karena Oppo sudah memberikan casing dengan warna yang sama dengan warna smartphone.

Lainnya, terdapat SIM ejector, buku panduan, kartu garansi, dan kartu dengan QR code untuk layanan premium Oppo.

Untuk kesan pertama yang didapat saat menggenggam HP Oppo Find N3 adalah mewah, cantik, namun solid. Apalagi warna yang kami dapat adalah Champagne Gold atau varian warna emas.

Dalam genggaman, perangkat ini juga pas di tangan karena tidak terlalu tipis saat dilipat, namun juga tidak tebal-tebal amat. Lumayan mirip saat memegang HP bentuk batangan biasa.

Bagian penampang kameranya mirip dengan Oppo Find X6 Pro. Terdapat logo H untuk "Hasselblad", sebagai penegasan kerja sama yang dilakukan Oppo untuk mendukung sektor kamera perangkat ini.

Di bagian atas smartphone terdapat dua speaker, mikrofon, dan sensor inframerah, sementara di bagian bawah terdapat dua speaker juga, port USB-C, slot kartu SIM, dan mikrofon.

Di bagian kiri smartphone, ada tombol slider, di mana fungsinya adalah untuk mengubah mode suara perangkat dengan mudah; serta tombol volume dan power.

Beralih ke layar bagian dalam HP Oppo ini, di sini bekas lipatan yang biasa ada di smartphone semacam ini, nyaris tidak terlihat dan bahkan hanya terasa sedikit saat disentuh, atau hampir tidak berasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kamera Find N3 Punya Kemampuan dan Kualitas Flagship

Oppo Find N3 dipastikan bakal masuk ke Indonesia. Meski belum diungkap berapa harganya, namun Oppo sudah mulai memamerkan sederet kemampuan dari HP layar lipat terbaru Oppo Find N3 ini.

Salah satu keunggulan HP ini adalah pada kamera, di mana Find N3 membawa kamera dengan kualitas flagship.

Untuk kamera belakangnya, Oppo menghadirkan kamera utama 48MP, ultra-wide 48MP, serta telefoto 64MP, yang dapat mengambil foto baik siang atau malam, serta jauh atau dekat.

Sementara untuk selfie, terdapat kamera 32MP di bagian cover screen-nya, serta kamera 20MP di layar utamanya. Fitur kamera di Oppo Find N3 juga semakin mumpuni berkat dukungan dari Hasselblad.

Selain itu, Oppo juga menghadirkan tiga focal-length pada kameranya, yaitu 14mm, 24mm, dan 70mm.

Fotografer profesional Aries Lukman dalam temu media di Jakarta, Senin (7/11/2023), menyebut bahwa sejauh ini, kamera di Oppo Find N3 adalah yang terbaik untuk sekarang.

"Secara handle-nya sendiri, untuk Find N3, pertama kali pegang beda ya. Karena kita biasa memegang handphone itu tipis satu lapis doang, secara build kalau untuk memotret pakai handphone tidak stabil," kata Aries.

 

3 dari 4 halaman

Pengalaman Fotografer Profesional Pakai Find N3

"Dengan bentuk yang lebih tebal menurut saya jadi salah satu nilai tambah ketika kita motret. Karena dengan bentuk ini, kita memegangnya jadi lebih enak," Aries menambahkan. Namun menurutnya, perangkat ini tetap ringan secara bobot.

Dia juga mengatakan, pada praktiknya, ketika memotret dalam kondisi low-light, cara memegang smartphone pun menjadi penting.

Untuk foto di malam hari, Find N3 juga akan bisa mengatur Night Mode secara otomatis. Aries juga menyebut, salah satu yang menarik dari kamera Find N3 adalah kemampuan telefotonya, yang dapat memanfaatkan aperture cepat f/2.6, dengan OIS yang canggih.

Fitur kamera lain yang dapat pujian adalah telefotonya, di mana Aries mengatakan, telefoto di Find N3 masih bisa menghasilkan foto yang bagus, baik yang 3x maupun 6x.

"Waktu dilihat dari after processing-nya, efeknya bagus, hasilnya tajam, itu surprise banget buat saya," kata Aries.

4 dari 4 halaman

Spesifikasi Oppo Find N3

Spesifikasi Oppo Find N3, smartphone layar lipat pertama ini sudah menyematkan prosesor Snapdragon 8 Gen 2 di dalamnya.

Performa Oppo Find N3 ini juga didukung dengan LPDDR5X RAM 16GB, memori 512GB, dan baterai berkapasitas 4.805mAh dengan dukungan 67W SuperVOOC.

Daya tarik utama dari ponsel ini adalah soal kamera. Kerja sama dengan Hasselblad, Oppo melengkapi ponsel ini dengan kamera utama 48MP f/17, telefoto 64MP f/2.6 (3x optical zoom), dan ultrawide 48MP f/2.2

Untuk urusan selfie, HP Android ini ada dua kamera yang terletak di bagian layar depan dan dalam. Masing-masing berkemampuan 32MP dan 20MP untuk di cover screen dan layar dalam.

Tampil sebagai HP layar lipat teranyar milik Oppo, ponsel ini hadir dengan panel AMOLED 6,31 inci, refresh rate hingga 120Hz untuk layar di luarnya. Sementara untuk layar dalam HP Oppo Find N3 berukuran 7,82 inci saat dalam kondisi tersebut, mendukung dynamic refresh rate hingga 120Hz.

Saat ditutup, HP Oppo ini memiliki ketebalan 11,7mm dan 5,8mm ketika dibuka. Meski begitu, belum diketahui harga dari smartphone ini di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.