Sukses

Vivo Resmi Luncurkan OriginOS 4, Intip Fitur-Fitur Barunya

Vivo meluncurkan OriginOS 4 untuk perangkat-perangkat mereka yang beredar di Cina, apa saja fitur barunya?

Liputan6.com, Jakarta - Vivo melalui sebuah konferensi pengembang, memperkenalkan sistem operasi terbaru mereka, OriginOS 4 yang berbasis Android 14.

Meski begitu, seperti biasa, OS ini hanya digunakan untuk perangkat-perangkat Vivo yang ada di Cina, sedangkan pengguna di negara lain akan masih memakai Funtouch.

OriginOS 4 datang dengan fungsi kartu grafis virtual, yang secara signifikan mengurangi waktu tunggu saat membuka dan menutup aplikasi, dengan kecepatan respons meningkat 36 persen. Selain itu, ada juga peningkatan sebesar 70 persen pada stabilitas display frame rate.

Mengutip Gizchina, Jumat (3/11/2023), kartu grafis virtual juga datang dengan ray tracing, frame insertion, dan super-resolution. Dengan ini, grafik di perangkat akan terlihat lebih realistis, meningkatkan kualitas visual, termasuk tekstur kulit hingga pantulan.

Untuk lebih meningkatkan efisiensi sistem, dilakukan juga rekonstruksi kecil untuk mengurangi proses di latar belakang sebesar 20 persen di OriginOS 4.

Dengan begitu, sistem ini akan mengurangi konsumsi daya, serta memperpanjang waktu siaga hingga 15 persen. Origin OS 4 diklaim dapat membuat perangkat bisa standby sampai 14 hari tanpa perlu charging.

OS Android ini juga hadir dengan ruang komputasi terpisah, khusus untuk pemutaran musik, memastikan pengguna bisa mendengarkan lagu tanpa menguras sumber daya sistem utama.

Efisiensi memori juga ditingkatkan dengan Memory Fusion 4.0, memaksimalkan penggunaan memori, untuk meningkatkan operasional startup aplikasi dan background.

Untuk penggunaan, OriginOS 4 juga membawan desain yang lebih ramah pengguna. Terdapat beberapa opsi kustomisasi seperti desain ulang pada 2.000 ikon untuk peningkatan kenyamanan, font unik dengan Vivo Sans, serta interaksi UI yang lebih menarik dan personal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejumlah HP yang Bakal Dapat OriginOS 4

OriginOS 4 juga datang dengan fitur-fitur pendukung lain seperti Asisten Rapat dengan transkripsi suara-ke-teks secara real-time, Super Power Saving Mode, hingga konektivitas dengan mobil.

Selain itu terdapat beberapa fitur lainnya seperti Terjemahan Offline dengan kecerdasan buatan atau AI, hingga untuk fitur pendukung kesehatan keluarga.

Vivo pun akan meluncurkan OriginOS 4 secara bawaan di Vivo X100 dan iQOO 12 yang akan rilis di Cina tak lama lagi.

OS ini juga akan diluncurkan ke sejumlah smartphone yang beredar di Tiongkok seperti Vivo X Fold2, X Flip, X90 Series, serta iQOO 11 Pro, 11S, dan 11 pada akhir Desember 2023.

Sementara, pada akhir Januari 2024, OriginOS 4 juga akan dirilis ke Vivo X Fold Plus, X Fold, X Note, iQOO 10, iQOO Pro, iQOO Neo8, dan iQOO Neo8 Pro di Cina.

3 dari 4 halaman

Vivo Luncurkan Funtouch OS 14

Vivo juga baru saja meluncurkan sistem operasi terbarunya Funtouch OS 14, yang berbasis Android 14. Beberapa smartphone mereka pun dipastikan akan dapat pembaruan ini.

Vivo mengatakan fokus di Funtouch OS 14 adalah pada peningkatan manajemen memori, kemampuan multitasking, personalisasi, privasi dan keamanan, serta menawarkan alat editing video baru.

Mengutip laman resminya, Minggu (8/10/2023), fitur yang diperkenalkan di Funtouch OS 14 adalah Smooth Envision, yang bertujuan untuk memperlancar pengalaman penggunaan OS.

Di sini, sistem operasi baru berbasis Android 14 ini mengurangi jumlah proses yang persisten dan mengoptimalkan penggunaan RAM.

Selain itu, terdapat App Retainer baru untuk memastikan aplikasi yang masuk white list dan belum ditutup secara manual, selalu dapat kembali ke antarmuka terakhir. Jadi, pengguna bisa dengan mudah melanjutkan pekerjaannya yang tertinggal sebelum beralih ke aktivitas lainnya.

Di model tertentu, Funtouch OS 14 menghadirkan Motion Blur, peningkatan dengan algoritme canggih untuk menyimulasikan motion blur, saat membuka dan menutup aplikasi di layar beranda.

Peningkatan lain disematkan pada small window. Pengguna pun dapat mengaktifkan hingga 12 small window di latar belakang, serta terdapat dukungan untuk side-swipe.

4 dari 4 halaman

Fitur-Fitur di Funtouch OS 14

Pengguna perangkat Vivo atau iQOO yang dapat OS ini nantinya juga dapat dengan mudah beralih di antara mode jendela kecil, dengan satu ketukan.

Untuk personalisasi, pengguna Funtouch OS 14 dapat menyesuaikan gaya jam di layar kunci, dengan opsi untuk memilih dari tiga gaya tata letak jam dan delapan gaya font.

Funtouch OS 14 juga hadir dengan kemampuan pengeditan video baru. Pengguna sekarang bisa mengekspor video dalam kualitas aslinya, di mana ini mendukung ekspor lossless.

Pengaturan kualitas video yang dapat disesuaikan, termasuk resolusi hingga 4K pada 60FPS. Selain itu, 25 filter telah ditambahkan untuk memudahkan pengeditan video.

Funtouch OS 14 juga memungkinkan pengguna menyesuaikan kecepatan pemutaran video, pemutaran berulang, menikmati pemutaran layar penuh, atau mengambil tangkapan layar.

Di sektor keamanan, Funtouch OS 14 memiliki fitur Smart Mirroring baru, yang memungkinkan pengguna bisa membagikan layar tanpa khawatir notifikasi akan muncul dan mengungkapkan informasi pribadi.

(Dio/Dam)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.