Sukses

Xiaomi 14 Series Bakal Meluncur dengan Snapdragon 8 Gen 3 dan Tiga Kamera 50MP

Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro akan segera diluncurkan dengan spesifikasi yang mengesankan, seperti layar OLED 1,5K, Snapdragon 8 Gen 3, dan kamera 50MP.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi disebut-sebut akan mengungkap HP Android flagship teranyarnya, yakni Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro.

Berdasarkan kabar yang beredar di internet, Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro akan debut pada 27 Oktober 2023 mendatang.

Jelang acara peluncuran yang tinggal sembilan hari lagi, wajar bila bocoran informasi Xiaomi 14 series ini beredar di internet.

Salah satu kabar tersebut terkait spesifikasi Xiaomi 14. Akun X bernama Avin menyebutkan, HP Xiaomi akan menggunakan layar 6.44 inci Huaxing C8 OLED, dan mendukung resolusi 1,5K, dan refresh rate 120Hz.

Sedangkan untuk performa, HP Android terkini milik Xiaomi ini akan dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 3.

Informasi ini sejalan dengan rumor sebelumnya, di mana Xiaomi akan menjadi salah satu vendor HP Android menggunakan chipset baru milik Qualcomm tersebut.

Diketahui, Qualcomm berencana untuk memperkenalkan Snapdragon 8 Gen 3 dalam acara tahunan mereka pada akhir bulan Oktober 2023 ini.

Baterai berkapasitas 4,600mAh di ponsel ini juga sudah mendukung pengisian daya 90W via kabel, 50W nirkabel, dan 10W untuk nirkabel terbalik.

Soal kamera, HP Xiaomi baru ini akan hadir dengan pengaturan tiga kamera berkemampuan 50MP OmniVision OV50H, 50MP ultrawide, dan 50MP telefoto.

Perlu diingat, ini masih hanya sebatas bocoran di situs media sosial dan bukan datang dari leaker kenamaan seperti Ice Universe atau Digital Chat Station.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Skema Desain Xiaomi 14

<p>Bocoran desain Xiaomi 14 (Digital Chat Station via GSM Arena)</p>

Bocoran spesifikasi Xiaomi 14, perangkat ini kabarnya akan membawa baterai 4.860mAh dengan pengisian kabel cepat 90W dan pengisian nirkabel 50W.

Sementara untuk spesifikasi Xiaomi 14 Pro, bakal mengusung baterai berkapasitas 5.000 mAh yang sedikit lebih besar, dengan pengisian kabel 120W dan nirkabel 50W.

Untuk desain, Digital Chat Station juga menyebut bahwa Xiaomi 14 akan menghadirkan layar datar dengan bezel tipis, serta punch-hole yang mirip dengan pendahulunya. Hal ini seperti terlihat dalam ilustrasi skema perangkat, dibagikan oleh tipster tersebut.

Di belakangnya juga akan ada kamera dalam bingkai persegi yang mirip dengan Xiaomi 13, tetapi dengan bagian yang lebih besar untuk sensor kamera utama dan telefoto.

Lebih lanjut, bagian lainnya diperkirakan untuk sensor kamera ultrawide, serta LED flash. Meski begitu, mengingat hal ini baru perkiraan dan bocoran, desain akhir dari Xiaomi 14 mungkin akan berbeda.

3 dari 4 halaman

Xiaomi 13 Ultra Resmi Melenggang dengan Kamera Leica

Xiaomi rilis global Xiaomi 13 T yang hadir dengan dukungan Leica (Liputan6.com/ Yuslianson)

Sebelumnya, Xiaomi resmi meluncurkan Xiaomi 13 Ultra sebagai smartphone terbarunya. Sesuai namanya, smartphone ini hadir dengan spesifikasi mumpuni yang didukung dengan kemampuan fotografi dari Leica.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Rabu (19/4/2023), smartphone ini dipastikan akan tersedia untuk pasar global. Mengingat Xiaomi 13 Ultra ini merupakan hasil kolaborasi dengan Leica, sektor kamera menjadi andalan.

Xiaomi 13 Ultra hadir dengan empat kamera belakang yang terdiri dari lensa utama 50MP dengan sensor IMX989. Sementara tiga lensa lain memiliki resolusi 50MP dengan sensor IMX858 yang memiliki fungsi berbeda, seperti telephoto dan ultrawide.

Keempat lensa tersebut diletakkan pada dudukan di bawah kubah kaca yang disebut sebagi lensa Leica Vario-Summicron. Kebutuhan selfie HP Xiaomi ini diserahkan pada kamera depan beresolusi 32MP.

Selain hardware, kolaborasi Xiaomi dan Leica juga dibenamkan dalam bentuk software, seperti mode warna kamera yakni Leica Vibrant dan Leica Authentic. Lalu, ada mode Fast Shot yang ditujukan untuk kebutuhan street photography.

4 dari 4 halaman

Android 14 Mulai Meluncur di Xiaomi

Tampilan Xiaomi 13 Ultra yang baru saja diperkenalkan. (Dok: Xiaomi)

Google baru saja meluncurkan Android 14 untuk perangkat-perangkat Pixel mereka, di mana perangkat dari merek lain akan menyusul nantinya.

Xiaomi rupanya jadi salah satu produsen pertama yang mulai meluncurkan MIUI berbasis Android 14 di tiga ponselnya yaitu Xiaomi 13, Xiaomi 13 Pro, dan Xiaomi 12T.

Uji coba beta sudah dimulai beberapa pekan lalu, namun menurut Xiaomiui, pembaruan stabil secara over-the-air (OTA) ini sudah tersedia di tiga model itu.

Mengutip Android Authority, Senin (9/10/2023), pembaruan Android 14 akan tiba di beberapa model HP Xiaomi ini secara global, yang meliputi:

Xiaomi 13

  • IUI-V14.0.5.0.UMCMIXM
  • MIUI-V14.0.5.0.UMCEUXM

Xiaomi 13 Pro

  • MIUI-V14.0.5.0.UMBMIXM
  • MIUI-V14.0.5.0.UMBEUXM

Xiaomi 12

  • TMIUI-V14.0.6.0.ULQMIXM
  • MIUI-V14.0.5.0.ULQEUXM

Dikutip dari 9to5google, update ini hadir dengan skin MIUI yang biasanya, dan hadir secara peluncuran beta terbatas beberapa waktu lalu. Meski sudah versi stabil, Xiaomi menyatakan masih akan terus mengembangkan OS tersebut.

Menurut Xiaomiui, perusahaan sudah memberikan informasi ke pengguna bahwa update software ini juga masih akan terus diuji agar produk akhirnya lebih baik.

Jadi, bukan tidak mungkin pengguna perangkat-perangkat yang sudah kebagian MIUI terbaru duluan, masih akan melihat bug atau beberapa masalah lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.