Sukses

Fitur Rahasia iOS 17 Ini Bisa Bantu Cegah Rabun Jauh

iOS 17 ternyata memiliki fitur tersembunyi Screen Distance yang memperingatkan pengguna untuk menjaga jarak wajah dengan layar iPhone, ini dapat membantu mencegah miopia.

Liputan6.com, Jakarta - iOS 17 telah dirilis sejak bulan September 2023 lalu. Dan sebagian besar pengguna yang melakukan upgrade hanya berfokus pada fitur, seperti NameDrop, StandBy, dan pembaruan FaceTime. 

Padahal sistem iOS baru ini juga menghadirkan fitur yang sangat berguna dan tidak disadari kebanyakan orang. Fitur rahasia ini tersembunyi di pengaturan iOS, Screen Distance.

Apple telah mengembangkan fitur ini untuk mengurangi tekanan pada mata saat menggunakan smartphone, dikutip dari News18, Sabtu (14/10/2023). Apple memberikan fasilitas sederhana berupa peringatan kepada pengguna bahwa wajah mereka mungkin terlalu dekat dengan ponsel.

Dengan mengaktifkan fitur ini, iPhone secara berkala mendeteksi ketika pengguna memegang ponsel mereka kurang dari satu lengan dan terlalu dekat dengan layar. Lalu memunculkan peringatan di layar pengguna 'iPhone Mungkin Terlalu Dekat'. 

Peringatan tersebut lebih lanjut mengatakan bahwa 'Menjaga jarak iPhone Anda dapat melindungi penglihatan Anda.'

Peringatan tersebut segera hilang saat pengguna membuat jarak setidaknya satu lengan antara layar iPhone dan mata. Dan iPhone akan mengatakan bahwa perangkat sekarang berada pada jarak yang disarankan.

Untuk menggunakan fitur Screen Distance, pengguna harus memiliki iPhone dengan sistem kamera depan TrueDepth. Dengan ini, maka jarak pengguna dari layar dapat dideteksi.

Fitur Screen Distance diaktifkan beberapa kali—terutama saat browsing di malam hari ketika seseorang, tanpa disadari, menggunakan ponselnya cukup dekat dengan wajah. Ini akan sangat membantu mencegah terjadinya miopia atau rabun jauh bagi pengguna.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mengaktifkan Fitur Screen Distance

Untuk mengaktifkan fitur Screen Distance ini, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Upgrade ke iOS 17 dan pastikan memiliki kamera depan dengan sistem TrueDepth

Untuk mengaktifkan fitur Screen Distance, pengguna harus mengunduh iOS 17 terlebih dahulu di iPhone. Tidak hanya itu, pengguna juga harus memastikan sudah memiliki kamera depan dengan sistem kamera TrueDepth (model notch atau Dynamic Island).

2. Jika sudah menginstal iOS 17/iPadOS 17, buka Screen Time.

Dari layar beranda perangkat, atau App Library, temukan aplikasi Settings dan ketuk opsi Screen Time. Opsi ini dapat ditemukan di blok opsi kedua, di bawah Focus dan di atas General.

3. Selanjutnya cari fitur Screen Distance, ketuk dan aktifkan.

Setelah berada di menu Screen Distance, ketuk opsi Screen Distance yang terletak tepat di bawah App & Website Activity.

4. Aktifkan fitur

Layar terakhir memiliki satu tombol, yang memungkinkan pengguna mengaktifkan dan menonaktifkan fitur sesuai keinginan. Pastikan tombolnya berwarna hijau.

3 dari 4 halaman

Jumlah iPhone yang Pakai iOS 17 Dinilai Masih Rendah

Apple sudah sekitar tiga pekan meluncurkan sistem operasi iPhone terbarunya, iOS 17 untuk seluruh pengguna smartphone tersebut, tepatnya pada 18 September 2023.

Selain itu, Apple juga sudah meluncurkan tiga kali update buat iOS 17, untuk mengatasi beberapa permasalahan yang muncul pada perangkat lunak tersebut.

Meski begitu, sebuah data mengungkap masih rendahnya tingkat adopsi OS baru iPhone ini. Data dari Mixpanel menyebutkan, baru hampir 23 persen model iPhone yang telah menjalankan salah satu dari empat kali rilis pembaruan iOS 17.

Sebanyak 12,13 persen iPhone berjalan di iOS 17.0.2, sementara 6,84 persen telah mengunduh iOS 17.0.3, lalu 1,76 persen menggunakan iPhone dengan versi iOS 17.0.1, dan 2 persen yang tetap menggunakan iOS 17.

Mengutip Phone Arena, Senin (9/10/2023), angka-angka ini masih kurang dari sekitar 45 persen pengguna iPhone, yang telah memakai ponselnya dengan dua kali rilis terakhir iOS 16 yaitu 16.6.1 dan 16.7.

Tren ini sendiri dinilai lebih lambat jika dibandingkan dengan update iOS tahun lalu.

4 dari 4 halaman

Apple Rilis Update iOS 17 Buat Atasi Masalah Panas iPhone 15

Baru-baru ini, Apple merilis update software untuk iOS 17, yang mengatasi sejumlah masalah panas yang dialami pengguna jajaran iPhone 15, seperti yang diumumkan di laman Support-nya, dikutip Sabtu (7/10/2023).

Diketahui, jajaran iPhone 15 yang baru diluncurkan Apple beberapa waktu lalu, sempat dikeluhkan oleh pengguna yang menemukan ponsel mereka terlalu panas saat digunakan.

Kondisi panas itu dilaporkan terjadi saat penggunaan aplikasi tertentu seperti Instagram. Masalah lain yang dilaporkan adalah pemrosesan latar belakang setelah transfer dan bug di iOS 17.

"Pembaruan ini menyediakan perbaikan bug yang penting dan pembaruan keamanan, serta dan mengatasi masalah yang dapat menyebabkan iPhone menjadi lebih hangat dari yang diperkirakan," tulis Apple.

Dalam rincian pembaruan untuk patch ini, Apple mencantumkan dua perbaikan yang ditujukan pada iOS dan iPadOS.

Salah satunya adalah eksploitasi kernel untuk penyerang dengan akses lokal ke perangkat yang menurut Apple "mungkin telah dieksploitasi secara aktif terhadap versi iOS sebelum iOS 16.6."

Ada juga perbaikan untuk bug libvpx, yang menurut CISA, memungkinkan seseorang mengambil alih perangkat dari jarak jauh, yang juga telah ditambal baru-baru ini di aplikasi seperti Chrome dan Firefox.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.