Sukses

Cara Aktifkan Fitur Check In pada iPhone dengan iOS 17

Dengan fitur Check In, para pengguna iPhone yang telah ter-upgrade ke iOS 17 dapat berbagi lokasi kepada teman, keluarga, atau rekan, sehingga mereka dapat memastikan kapan kamu akan datang dan aman selama dalam perjalanan.

Liputan6.com, Jakarta - Saat kamu bepergian ke lokasi tertentu atau ingin mengunjungi teman atau keluarga, memberikan kabar dan berbagi lokasi kepada mereka merupakan hal penting untuk dilakukan.

Kamu juga bisa memberi tahu teman, anggota keluarga, atau rekan kerja mengenai estimasi waktu kapan kamu sampai tujuan. Melakukan hal-hal semacam ini akan lebih mudah berkat fitur Check In pada iPhone dengan iOS 17.

Dengan menggunakan Apple Messages, kamu bisa membagikan perkiraan tempat atau waktu kedatangan kepada orang lain. Dan saat kamu sampai tujuan, orang lain secara otomatis akan menerima pemberitahuan yang mengonfirmasi bahwa kamu telah tiba.

Jika kamu mengalami keterlambatan melebihi waktu Check In yang diharapkan, kamu akan diberi peringatan dan pilihan untuk memperpanjang waktu kedatangan. 

Dan jika kamu tidak merespons, Check In akan mengingatkan orang lain bahwa kamu belum tiba. Tidak hanya itu, fitur ini juga akan membagikan lokasi, rute, dan informasi lainnya.

Dengan begitu, mereka dapat mencoba menghubungi kamu dan memastikan kalau kamu aman selama dalam perjalanan.

Untuk menggunakan fitur Check In, tentunya kamu perlu mengaktifkannya terlebih dahulu. Kamu tidak perlu bingung bagaimana caranya. Liputan6.com telah merangkum dari ZD Net, Kamis (5/10/2023), langkah-langkah yang bisa kamu ikuti untuk menggunakan Check In.

Perlu diingat, fitur ini hanya ada pada perangkat Apple yang didukung iOS 17. Jadi, pastikan terlebih dahulu perangkat kamu telah ditingkatkan ke iOS 17.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara menggunakan Check In di iOS 17

1. Aktifkan berbagi lokasi

Setelah memastikan perangkat kamu telah ditingkatkan ke iOS 17, selanjutnya kamu harus mengaktifkan berbagi lokasi di perangkat kamu. Untuk ini, buka Settings > pilih Privacy & Security > ketuk Location Services. 

Kemudian, gesek ke bagian bawah layar, pilih System Services, dan aktifkan Share My Location.

2. Pilih berapa banyak data yang akan dibagikan

Kamu juga harus menentukan data mana yang ingin dibagikan dengan orang lain. Caranya, buka Settings dan pilih Messages. Kemudian, geser ke bawah ke bagian Check In dan ketuk Data

Pada bagian ini, kamu perlu memilih satu di antara dua pilihan:

  • Limited, yang membagikan lokasi terbaru dan detail tentang baterai serta sinyal jaringan.
  • Full, yang membagikan semua data, termasuk menambahkan rute yang kamu ambil dan lokasi iPhone terakhir kali dibuka kuncinya. 

 

 

3 dari 4 halaman

Atur Siapa yang Akan Dibagi Lokasi dan Tentukan Waktu Tiba

3. Pilih orang yang akan menerima pesan kamu

Setelah menyiapkan opsi Check In, buka aplikasi Messages dan pilih orang tepercaya yang ingin kamu bagikan lokasi. Hanya kontak yang memiliki riwayat dengan kamu yang akan memenuhi syarat. 

Ketuk ikon + di kiri bawah untuk menampilkan aplikasi iMessage. Geser layar ke bawah untuk melihat semua aplikasi. Jika orang tersebut memenuhi syarat, kamu akan melihat aplikasi untuk Check In di daftar. 

Jika aplikasi Check In muncul, segera klik. Pesan teks kemudian akan dibuat. Kamu juga bisa mengetuk tombol Edit di teks untuk mengubah pengaturan yang berbeda.

4. Atur Check In saat kamu tiba

Selanjutnya, kamu perlu memilih dua pilihan untuk mengatur waktu kedatangan, yaitu When I arrive dan After a timer.

Untuk mengatur waktu kapan kamu tiba secara fisik di lokasi, ketuk When I arrive. Di bawah peta yang ditampilkan, ketuk tombol Change. Di bidang Search, mulailah mengetik alamat tujuan lalu ketuk dari daftar.

 

4 dari 4 halaman

Kamu Juga Bisa Membatalkan Check In

5. Pilih moda transportasi dan atur interval waktu tertentu

Selanjutnya, pilih jenis transportasi yang akan kamu gunakan. Jika kamu berencana untuk berhenti atau berhenti sejenak di sepanjang perjalanan, ketuk tautan Add Time dan pilih 15 menit, 30 menit, atau 1 jam. Lalu ketuk Done.

Jika kamu ingin menyetel waktu kedatangan, ketuk After a timer. Di layar pengatur waktu, geser ke atas atau ke bawah untuk mengubah jumlah jam dan menit waktu kedatangan. Setelah selesai, ketuk Done. 

Kemudian, kembali ke layar Message dan ketuk panah biru untuk mengirim.

6. Batalkan Check In

Untuk membatalkan Check In, buka pesan dan ketuk tombol Details. Di layar berikutnya, ketuk tombol Cancel Check In. Konfirmasikan tindakan dengan mengetuk Cancel Check In.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini