Sukses

Cek Deretan Gestur dan Shortcut HP Android, Bikin Pemakaian Lebih Mudah

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui deretan gestur dan shortcut untuk pemakaian HP Android yang lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Ponsel sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari kita, dan kita menggunakannya untuk berbagai tugas, seperti komunikasi, hiburan, dan produktivitas. 

Namun demikian, navigasi langsung melalui tampilan antarmuka smartphone Android bisa jadi menyita waktu. Terlebih, jika kamu tidak terbiasa dengan gestur dan shortcut.

Untuk itu, dalam artikel ini, Tekno Liputan6.com akan membahas cara menggunakan gestur dan shortcut di smartphone agar lebih efisien seperti dikutip dari Gizchina, Rabu (25/10/2023).

Gestur Android

HP Android memiliki sistem navigasi gestur yang memungkinkan pengguna menavigasi antarmuka ponsel dengan menggunakan gestur. Berikut ini beberapa trik tersembunyi untuk memanfaatkan gestur Android secara maksimal:

Overview Screen: Gestur Android membuat layar keseluruhan, memungkinkan kamu untuk melihat semua aplikasi yang baru saja digunakan dan bergerak cepat di antara aplikasi-aplikasi tersebut. 

Fitur ini pun akan sangat mudah dipakai pengguna Android, apabila memang sudah meluangkan waktu melatih dan menguasai gestur dasar ini. 

Multitasking Magic: Inilah trio gestur Android terbaik yang khusus diperuntukkan bagi para pemilik HP Samsung. Sebagai bagian dari serangkaian shortcut eksperimental di Android 13, Samsung telah menambahkan tiga gestur multitasking.

Snap Between Apps: Dengan versi Android yang cukup baru (Android 7.1 tahun 2016 dan yang lebih tinggi), kamu dapat langsung menuju ke beberapa fungsi yang paling berguna dari aplikasi, tanpa harus menggali lebih dalam. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Shortcut Android

HP Android juga memiliki pintasan tersembunyi yang dapat membantu kamu menghemat waktu dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien. Berikut adalah beberapa pintasan Android yang menghemat waktu:

Snap Between Apps: Sama seperti gestur, Snap Between Apps juga tergolong dalam pintasan yang jarang diketahui orang.

Cukup tekan dan tahan ikon aplikasi di layar beranda atau di laci aplikasi, dan jika aplikasi mendukung sistem Pintasan Aplikasi Android, kamu akan melihat daftar opsi yang muncul.

Quick Settings : Usap ke bawah dari bagian atas layar dengan dua jari untuk mengakses panel Quick Settings, tempat kamu dapat beralih ke Wi-Fi, Bluetooth, dan pengaturan lainnya.

Split Screen: Dengan mode split screen Android, kamu dapat menggunakan dua aplikasi secara bersamaan. 

Untuk mengaktifkannya, buka aplikasi pertama yang ingin kamu gunakan, lalu usap ke atas dari bagian bawah layar untuk mengakses layar Overview. Ketuk dan tahan aplikasi kedua yang ingin kamu gunakan, lalu seret ke bagian atas layar.

3 dari 4 halaman

Gestur dan Kontrol Gestur di Android 13

Gestur Android 13

Android 13 menawarkan banyak gestur untuk membuat pintasan dan membuat antarmuka pengguna menjadi lebih intuitif. Berikut ini adalah gestur Android 13 terbaik untuk mengetuk, mengusap, atau mencubit di HP Android kamu:

Beralih dengan Cepat dari Satu Aplikasi ke Aplikasi Lainnya: Usap ke atas dari bagian bawah layar dan tahan untuk mengakses layar keseluruhan. Usap ke kiri atau ke kanan untuk beralih antar aplikasi.

Beralih dengan Cepat dari Satu Tab Chrome ke Tab Lainnya: Usap ke kiri atau ke kanan pada bilah alamat untuk beralih di antara tab.

Menambahkan Tombol Pintasan di Bagian Belakang Smartphone kamu: Usap ke atas dari bagian bawah layar dan tahan untuk mengakses layar keseluruhan.

Ketuk tiga titik di sudut kanan atas, lalu ketuk "Urutan Tombol." Seret tombol "Kembali" ke bagian bawah layar.

Kontrol Gestur Android 13

Kontrol Gestur adalah cara lain untuk menavigasi antarmuka HP lebih efisien. Berikut adalah beberapa contoh kontrol Gestur:

Double-Tap to Wake : Ketuk dua kali pada layar untuk mengaktifkan ponsel kamu.

Swipe to Take a Screenshot: Usap tangan kamu pada layar untuk mengambil tangkapan layar.

Flip to Mute : Membalikkan ponsel kamu untuk membisukan panggilan masuk dan pemberitahuan.

4 dari 4 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.