Sukses

Apple Resmi Rilis MacOS Sonoma, Cek 3 Fitur Baru yang Hadir

Apple resmi meluncurkan MacOS Sonoma yang kompatibel dengan tujuh komputer Mac, berikut ini deretan fitur baru yang hadir.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah Apple merilis iPhone terbarunya, perusahaan juga merilis sejumlah pembaruan software. Salah satunya ditujukan untuk perangkat Mac, yakni MacOS Sonoma. 

Software ini kompatibel dengan tujuh komputer Mac, yaitu iMac (2019 dan lebih baru), Mac Pro (2019 dan lebih baru), iMac Pro (2017), Mac Studio (2022 dan lebih baru), MacBook Air (2018 dan lebih baru), Mac Mini (2018 dan lebih baru), dan MacBook Pro (2018 dan lebih baru).

Untuk mengetahui deretan fitur baru yang hadir di MacOS Sonoma, simak daftarnya seperti dikutip dari laman ZD Net, Sabtu (30/9/2023). 

1. Widget desktop

Widget akhirnya tersedia di Mac. Bukan hanya widget, tapi widget interaktif yang baru pertama kali diperkenalkan Apple dengan iOS 17.

Widget selalu ada di Mac's Notifications Center, tetapi di MacOS terbaru ini, pengguna dapat memindahkannya ke desktop. 

Di sini, pengguna dapat menambahkan Smart Stack, menampilkan Reminders dan Calendar, melihat lokasi yang dibagikan oleh teman, serta menampilkan album Foto favorit.

Pada fitur ini, pengguna juga dapat memutar dan menjeda musik, podcast, dan buku audio, atau menandai Reminders telah selesai tanpa perlu masuk ke aplikasi.

Fitur ini disebut paling berguna bila digunakan bersama dengan iPhone melalui Continuity. Jadi, pengguna dapat merasakan pengalaman pemakaian yang lebih mulus antar perangkat Apple. 

Pengguna dapat pula menambahkan widget iPhone ke desktop Mac, tanpa perlu memasang aplikasi lebih dulu. Cukup dekatkan perangkat iPhone, dan pengguna siap beraksi.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Perbaikan Pesan

Mengirim iMessage di MacBook tidak selalu menyenangkan atau semulus di iPhone. Namun semua itu berubah, karena MacOS Sonoma menghadirkan peningkatan pada Search, balasan obrolan grup, koreksi otomatis, prediksi sebaris, dan Find My.

Pengguna kini dapat menggabungkan filter pencarian di Message untuk menemukan pesan yang dicari. Daripada hanya menelusuri satu keyword, pengguna dapat menelusuri frasa dan dari siapa pesan diterima.

Setelah pengguna membunyikan obrolan grup, pengguna dapat menggunakan panah catch-up untuk menemukan pesan pertama yang belum dibaca. Ini sangat memudahkan daripada pengguna harus menggulir dan membaca ulang pesan lama.

Selain itu, pengguna dapat menggeser ke kanan untuk membalas pesan seseorang secara langsung. Peningkatan pada koreksi otomatis pertama kali muncul di iOS 17, dan fitur yang sama juga diterapkan pada Mac. 

Dengan kata lain, pengguna tidak perlu terus-menerus mengetikkan kata yang sama dan menghapusnya berulang kali. Kata-kata yang dikoreksi otomatis digarisbawahi, dan pengguna dapat mengembalikannya dengan satu klik.  

3 dari 4 halaman

3. Perjalanan Safari yang lebih baik

Jika kamu menggunakan MacBook untuk bekerja dan bermain, kini kamu dapat membuat beberapa profil penjelajahan untuk memisahkan riwayat pencarian, cookie, tab favorit, ekstensi, dan Grup Tab.

Apabil kamu juga sering mengunjungi situs web yang sama, kamu kini juga dapat menambahkannya ke Dock untuk akses yang lebih mudah. Itu artinya, kamu tidak perlu membuka Safari dan menemukan apa yang kamu cari di banyak situs web tersimpan.

Jika kamu sering membayar tagihan, kamu dapat menambahkan situs web tersebut ke Dock juga. 

Tidak hanya tiga fitur di atas, Apple turut menambahkan lebih banyak fitur privasi seperti Locked Private Browsing, kontrol ekstensi yang ditingkatkan, password untuk ID Apple di web, dan pelacakan URL terbatas.

4 dari 4 halaman

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Upgrade ke MacOS Sonoma

Namun sebelum melakukan update, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pembaruan. Berikut ini ada beberapa di antaranya. 

1. Perbarui semua aplikasi

Untuk melakukannya, klik ikon Apple di bilah menu, lalu App Store, lalu klik Update.

2. Backup data 

Untuk melakukannya, klik System Settings > General > Time Machine. Kamu juga gunakan aplikasi pihak ketiga seperti Carbon Copy Cloner atau Backblaze.

3. Simpan password

Kamu memerlukan password iCloud dan Time Machine untuk memulihkan data yang sudah dicadangkan. 

4. Isi daya Mac

Pastikan baterai terisi penuh saat akan melakukan pembaruan sistem, atau colokkan perangkat langsung ke sumber daya. 

5. Pastikan memiliki koneksi internet yang baik

MacOS Sonoma berukuran sekitar 6,5 GB. Jadi, kamu memerlukan koneksi internet yang baik untuk mengunduh pembaruan ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini