Sukses

AMD Umumkan Kehadiran Ryzen PRO 7040 Generasi Terbaru, Dukung Aktivitas Kebutuhan Bisnis

AMD telah mengumumkan Ryzen PRO 7040 generasi terbaru bersama dengan jajaran prosesor server EPYC generasi keempat.

Liputan6.com, Jakarta - AMD resmi mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7040 Series Mobile terbaru bersama dengan jajaran prosesor server EPYC generasi keempat. Menurut AMD, prosesor Ryzen Pro 7040 Series ini dirancang untuk memenuhi permintaan pekerjaan modern.

Tidak hanya itu, AMD juga mengumumkan prosesor Ryzen PRO 7000 Series untuk desktop. Prosesor ini didukung dengan grafis terintegrasi Zen 4 dan AMD RDNA 2 untuk pengguna desktop profesional."

"Bagi mereka yang menginginkan mobilitas, Ryzen PRO 7040 Series mendukung laptop komersial terbaru, memanfaatkan arsitektur AMD 'Zen 4' dan RDNA 3 untuk memberikan kinerja dan daya tahan baterai yang luar biasa kepada pelanggan," tutur Director of Commercial Sales AMD Asia Pacific Region Alexey Navolokin dalam keterangan resmi yang diterima, Minggu (24/9/2023).

Perlu diketahui, AMD Ryzen PRO 7040 dibangun dengan teknoloogi 4nm dan menampilkan hingga 8 core Zen 4. Prosesor ini memungkinkan tingkat kinerja dan efisiensi yang sangat baik untuk aplikasi bisnis.

Sebagai gambaran, Ryzen 7 PRO 7840U menawarkan peningkatan kinerja rata-rata 17 persen dibandingkan kompetitor dengan spesifikasi x86.

Bahkan, AMD mengklaim prosesor ini juga menawarkan kinerja CPU 18 persen lebih tinggi dan daya tahan baterai 15 persen lebih baik saat konferensi video, dibandingkan dengan prosesor Apple M2 Pro.

Selain itu, prosesor AMD ini juga dibekali dengan Ryzen AI sebagai mesin AI terintegrasi pertama di dunia pada prosesor x86. Mesin AI ini disebut merevoluasi laptop bisnis dengan mengaktifkan pengalaman AI premium.

Mesin ini juga menawarkan kolaborasi yang imersif pada platform seperti Microsoft Teams dan video conference lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kemampuan Ryzen PRO 7000 Series untuk Desktop

Sementara untuk varian desktop, prosesor ini menghadirkan hingga 12 core Zen4 efisiensi tinggi dengan peningkatan frekuensi hingga 5,4GHz. Prosesor ini didukung pula grafis terintegrasi berbasis arsitektur RDNA 2.

Dibangun di atas platform AMD Socket AM5, prosesor ini menawarkan dukungan untuk teknologi terbaru, seperti memori DDR5, memori PCIe, serta WiFi 6E Ultra Fast. Prosesor ini juga dilengkapi fitur pengelolaan dan keamanan tingkat enterprise.

Lalu, ada juga prosesor Ryzen PRO 7030 Series Mobile terbaru yang dibangun di atas arsitektur core 7nm Zen 3. Dilengkapi teknologi AMD PRO, prosesor ini disebut mampu memberikan keamanan berlapis dan solusi pengeloaan kelas-enterprise.

Kinerja prosesor ini disebut pula mendukung daya tahan baterai yang luar biasa untuk tuntutan lingkungan kerja hybrid saat ini. Saat ini, prosesor Ryzen PRO 7030 Series telah tersedia di perangkat HP dan Lenovo sejak Februari 2023.

3 dari 3 halaman

Asus Mini PC Pakai Chipset Intel dan AMD Generasi Baru Rilis di Indonesia, Ini Spesifikasinya

Sebelumnya, Asus meluncurkan dua Mini PC terbaru mereka di Indonesia, yang menggunakan chipset Intel dan AMD generasi teranyar pada Rabu (12/7/2023).

Dua Mini PC Asus ini terdiri dari PN53 dan PN64, yang memiliki ukuran mini ultra-ringkas, dengan prosesor generasi terbaru.

Untuk PN53 menggunakan AMD Ryzen 7000 dan 6000 seri H dan AMD Radeon i, dan PN64 telah dibekali prosesor Intel Coreâ„¢ Generasi ke-12 dan 13 serta Intel Iris Xe Graphics.

Garry Christian, Country Product Manager Mini PC Asus Indonesia mengatakan, lewat kedua produk ini, mereka ingin menjawab kebutuhan penggemar PC compact, yang ingin perangkat dengan banyak fitur, mumpuni, tapi tetap hemat ruang.

"Kedua Mini PC kami ini sangatlah versatile. Users dapat menggunakannya untuk berbagai macam pekerjaan, mulai dari pekerjaan ringan seperti mengetik dan hal-hal administratif lainnya hingga bermain game atau keperluan rendering video ringan," ujarnya.

Mengutip siaran pers, ExpertCenter PN53 menawarkan desain tiga penyimpanan, yang mengakomodasi berbagai kombinasi penyimpanan, termasuk dua SSD PCIe 4.0 M.2 dan memori DDR5 yang menyediakan waktu boot-up dan pemuatan aplikasi yang cepat.

Mini PC ini juga dilengkapi kemampuan pendinginan canggih, teknologi peredam bising bertenaga AI, dan mendukung hingga empat tampilan monitor dan satu display hingga 8K.

Sementara, untuk PN64 membawa desain arsitektur hybrid baru dengan core kinerja yang kuat dan efisien untuk multitasking yang lebih baik, pengalaman streaming, dan pengoptimalan beban kerja yang cerdas.

Perangkat ini juga memiliki sistem anti-panas yang telah dipasang bersama dengan sirip pendingin yang disetel secara unik untuk mencapai pembuangan panas yang lebih baik.

Sistem ini menjamin prosesor mempertahankan kinerja optimal Mini PC bahkan ketika menjalankan beban berat.

(Dam/Ysl)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini