Sukses

iOS 17 Rilis dengan Pembaruan Fitur, Cek Perubahan yang Hadir untuk Para Pengguna

Apple telah resmi merilis iOS 17 untuk iPhone, simak deretan pembaruan yang dihadirkan untuk para pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Apple telah esmi merilis iOS 17 untuk para pengguna iPhone. iOS terbaru yang menampilkan banyak perubahan kecil dan besar. 

iOS baru ini disebut telah mencapai titik stabilitas dan kematangan yang dicari oleh pengguna iPhone. Nah untuk mengetahui pembaruan yang hadir di iOS 17, simak informasinya berikut ini, seperti dikutip dari Tech Crunch, Selasa (19/9/2023). 

1. Perubahan Tingkat Rendah

Pada level sistem operasi, dua perubahan yang paling terlihat adalah mode StandBy dan widget interaktif baru.

Dengan mode StandBy, pengguna dapat memanfaatkan ponselnya saat tidak digunakan. Jika pengguna memiliki dock MagSafe, mereka dapat meletakkan ponsel dalam posisi lanskap, kemudian memanfaatkan iPhone layaknya papan informasi digital. 

Ada tiga cara berbeda menggunakan mode Standby. Pengguna dapat menggunakannya dengan dua widget interaktif secara berdampingan.

Adapun widget yang ditampilkan akan sama seperti yang ada di layar Home. Selain itu, pengguna iOS baru ini juga dapat mengatur widget tergantung pada informasi yang dibutuhkan. 

Dua mode lainnya adalah jam full screen dan mode foto. Mode foto berguna untuk menelusuri perpustakaan foto atau album tertentu, serta mampu berjalan optimal dengan HomePod yang memiliki layar internal. 

Sementara untuk mode jam full screen, ada lima gaya berbeda yang dapat dipilih. iPhone berpotensi menggantikan jam alarm radio FM yang sudah lama. Selain itu, layar iPhone nantinya juga bisa beradaptasi dengan cahaya redup.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perubahan di iOS 17 Permudah Pengguna

Pada layar Home, pengguna juga mendapatkan tambahan pembaruan baru yang cukup besar, yakni widget interaktif. Selama beberapa tahun terakhir, widget telah menawarkan perubahan besar bagi pengguna iPhone. 

Terlebih, widget tersebut dapat dimanfaatkan pengembang untuk membuat fitur dengan beberapa bentuk interaksi dasar.

Di sisi lain, Apple juga telah memperbarui beberapa widget-nya, seperti, widget Home baru. Aplikasi konten Apple juga telah diperbarui untuk menambahkan beberapa interaktivitas, seperti Musik, Buku, dan Podcast.

Adapun perubahan lainnya ada pada keyboard. Aplikasi ini telah dirombak total dengan koreksi otomatis yang ditingkatkan menggunakan model penerjemah bahasa untuk bahasa Inggris, Spanyol, dan Prancis. 

Kata-kata yang dikoreksi otomatis akan digarisbawahi, sehingga pengguna dapat mengetahui kesalahannya.

Selain itu, fitur dictation atau dikte juga menerima peningkatan. Kini pengguna dapat mendiktekan beberapa kata, mengetik beberapa kata, mendiktekan sisa kalimat tanpa beralih antara dikte dan mengetik.

3 dari 4 halaman

Perubahan Tingkat Tinggi pada iOS 17

Versi baru iOS biasanya selalu membawa pembaruan pada iPhone. Banyak pembaruan berfokus pada menghadirkan fitur-fitur yang lebih berkualitas.

Sebagai contoh, aplikasi Messages telah menerima peningkatan besar-besaran. Dalam obrolan panjang, pengguna kini dapat menggeser pesan individual untuk membalas secara langsung.

Ada pula beberapa perubahan signifikan, seperti fitur pencarian yang telah dirombak total. Kini, pengguna bisa lebih mudah mengetikkan nama seseorang, lalu memilih namanya untuk mencari kata kunci dalam percakapan tertentu.

Pesan audio juga telah ditingkatkan. Pengguna dapat menjeda rekaman dan melanjutkannya lagi. Tidak hanya itu, pengguna juga tidak harus tetap berada di dalam aplikasi untuk mendengarkan pesan masuk. 

Selain itu, pesan audio kini secara otomatis ditranskripsikan di perangkat pengguna.  

4 dari 4 halaman

Berbagai Pembaruan Hadir Dalam iOS 17

Fitur baru yang menarik lainnya adalah Check In. Ini adalah aplikasi mini di Messages yang membantu pengguna mengirim lokasi terkininya kepada teman atau keluarga.

Banyak orang cenderung lupa mengirim pesan teks singkat. Jadi, dengan adanya fitur ini, iPhone akan secara otomatis mengirimkan pesan saat pengguna mencapai tujuan.

Dari sisi komunikasi, FaceTime menerima dua perubahan besar. Pertama, kini pengguna dapat meninggalkan pesan video ketika seseorang tidak mengangkatnya. Kedua, pengguna dapat menggunakan FaceTime di Apple TV dengan ponsel bertindak sebagai webcam dan mikrofon.

Selanjutnya, ini pembaruan yang berguna untuk pengguna Apple Maps. Apple kini akhirnya menambahkan dukungan untuk peta offline.

Tidak hanya pembaruan-pembaruan di atas, iOS 17 juga melakukan pembaruan pada fitur-fitur berikut.

1. Memulai AirDrop dengan mendekatkan dua perangkat. Ini juga berfungsi dengan poster kontak (Apple menyebutnya NameDrop).

2. FindMy memungkinkan pengguna berbagi AirTag dengan orang lain dalam keluarga.

3. Safari memungkinkan pengguna membuat profil berbeda, termasuk untuk tab, riwayat, dan cookie terpisah.

4. Saat menggunakan Apple Music di mobil dengan CarPlay, penumpang lain dapat bergabung dalam sesi tersebut dan mengontrol musik tanpa perlu berlangganan.

5. Perutean EV telah ditingkatkan di Apple Maps.

6. Ada banyak peningkatan kemampuan AirPods.

7. Fitur pencarian utama telah didesain ulang. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini