Sukses

Jaringan 5G di iPhone 15 Pro Diklaim Lebih Cepat Dibanding iPhone 14 Pro

iPhone 15 Pro dan Pro Max diklaim menghantarkan jaringan 5G lebih cepat dibandingkan di iPhone 14 Pro, kok bisa sih?

Liputan6.com, Jakarta - September menjadi bulan yang dinanti-nanti oleh fans Apple. Pasalnya, pada bulan September biasanya Apple merilis seri iPhone terbarunya, tahun ini iPhone 15.

Ada empat iPhone 15 yang rilis yakni versi standar iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Sejak iPhone 12, Apple memang sudah menggulirkan kemampuan 5G. Namun, pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max ini, Apple perkenalkan modem seluler baru yang menjanjikan kecepatan 5G di iPhone 15 Pro dan Pro Max bakal lebih cepat, ketimbang iPhone 14 Pro.

Mengutip Gizchina, Senin (18/9/2023), ada sejumlah alasan yang bikin jaringan 5G di iPhone 15 Pro dan Pro Max jadi lebih cepat.

Pertama, penggunaan modem Snapdragon X70 dari Qualcomm. Modem ini diintegrasikan ke iPhone terbaru.

Modem tersebut membawa sejumlah peningkatan, termasuk secara signifikan mengurangi konsumsi daya, meningkatkan kemampuan carrier aggregation 5G, dan meningkatkan konektivitas bahkan di tempat yang jauh dari menara BTS.

Salah satu peningkatan paling revolusioner adalah peningkatan performa jaringan 5G yang lebih cepat. Dalam perbandingan hasil tes kecepatan 5G di iPhone 15 Pro dan Pro Max dibandingkan dengan pendahulunya, terungkap kalau ada peningkatan jaringan 5G milik tiga operator AS pada iPhone 15 Pro dan Pro Max.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kecepatan Unduh Jaringan 5G Meningkat 24 Persen Pada iPhone 15 Pro

Di Amerika Serikat, saat iPhone 15 Pro memakai jaringan 5G dari operator Verizon terjadi peningkatan kecepatan unduh 24 persen. Lalu diikuti dengan T-Mobile yang meningkat 22 persen, dan AT&T dengan peningkatan 14,6 persen.

T-Mobile sendiri menghantarkan kecepatan 5G 300 Mbps atau konektivitas yang paling cepat di seluruh dunia.

Meski fokusnya pada kecepatan unduh, waktu ping dan kecepatan unggah relatif stabil. Hal ini memberi ruang bagi update di masa depan untuk menyasar aspek-aspek tersebut, juga memastikan peningkatan komprehensif dalam kinerja jaringan 5G.

Kesimpulannya, iPhone 15 Pro dan Pro Max menandai lompatan maju signifikan dalam teknologi 5G. Dengan modem yang dipakai di iPhone 15 Pro dan Pro Max, pengguna bisa menikmati kecepatan unduh sangat cepat.

 

3 dari 4 halaman

Tentang iPhone 15 yang Bawa RAM 8GB

Sementara itu, iPhone 15 series baru saja diumumkan oleh Apple dalam ajang khusus bertajuk "Wonderlust" pada Rabu, 13 September 2023, dini hari WIB.

Dalam acara tersebut, Apple memperkenalkan empat model iPhone baru terdiri dari iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Walau perusahaan berbasis di Cupertino, AS itu sudah mengungkap hampir semua hal tetang iPhone 15 series, masih ada informasi yang belum diketahui oleh banyak pengguna.

Salah satunya adalah RAM yang dipakai di iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Max.

Seperti biasa, Apple memang tidak pernah mengungkap detail tentang RAM yang dipakainya.

Banyak pihak yang penasaran apakah Apple menyematkan RAM lebih besar di iPhone baru mereka tersebut. Namun, laporan MacRumors mengungkap informasi tersebut.

Dilansir MacRumors, Kamis (14/9/2023), iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max dilengkapi dengan RAM 8GB, meningkat dari iPhone 14 Pro yang hanya menggunakan RAM 6GB.

Selain menggunakan chipset A17 Pro ini, kemampuan RAM yang tinggi tentunya semakin meningkatkan performa ponsel dan multitasking pun bebas lag.

Kabar ini diperkuat lewat laporan salah satu peneliti kode software @aaronp613, dengan menyebutkan varian Pro dan Pro Max dilengkapi RAM 8GB.

Sementara itu, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus hanya menggunakan RAM 6GB--sama seperti model iPhone 14 sebelumnya.

4 dari 4 halaman

iPhone 15 Pro Janjikan Bisa Mainkan Game Kelas AAA

Lebih lanjut, performa dalam ajang Apple Event 2023 tersebut, perusahaan menyebutkan chipset A17 Pro Bionic baru mereka tampil dengan performa tinggi.

Tak tanggung-tanggung, Apple menyebutkan iPhone 15 Pro akan mampu menjalankan game-game kelas AAA, seperti Death Stranding, Resident Evil 4 Remake, dan Resident Evil Village pada akhir tahun ini.

Sementara itu, perusahaan rintisan Steve Jobs tersebut juga menjanjikan game baru Ubisoft berjudul Assassin's Creed: Mirage juga akan bisa dimainkan di iPhone 15 Pro.

Bila memang benar, maka ini akan menjadi tonggak sejarah bagi industri game mobile mengingat AC: Mirage akan menjadi seri Assassin's Creed versi PC/konsol rilis di HP Android atau iOS.

Ingat, game AC: Mirage, RE 4 Remake, hingga Death Stranding ini bukan versi cloud atau mobile, tapi benar-benar versi penuh alias sama seperti di PC atau konsol.

Akan seperti apa performa game-game tersebut saat dimainkan di iPhone 15 Pro? Kita harus tunggu hingga ponsel baru Apple dan game-game itu meluncur resmi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.