Sukses

iPhone 15 Pro Bisa Main Game AAA Sekelas Death Stranding hingga Assassin's Creed: Mirage

Apple pamer kemampuan prosesor baru A17 Bionic di iPhone 15 Pro yang diklaim mampu main game AAA sekelas Death Stranding, Resident Evil 4 Remake, dan Assassin’s Creed: Mirage.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru saja mengumumkan kehadiran lini iPhone 15 series mereka dengan memperkenalkan empat varian, yaitu iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro Max, dan iPhone 15 Pro.

Jadi deretan lini ponsel terbaru Apple, perusahaan berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu gembar-gemborkan sejumlah peningkatan.

Salah satu yang paling membuat banyak fans setia Apple terkejut adalah kemampuan atau performa varian iPhone 15 Pro.

Dalam ajang Apple Event 2023 tersebut, perusahaan menyebutkan chipset A17 Pro Bionic baru mereka tampil dengan performa tinggi.

Tak tanggung-tanggung, Apple menyebutkan iPhone 15 Pro akan mampu menjalankan game-game kelas AAA, seperti Death Stranding, Resident Evil 4 Remake, dan Resident Evil Village pada akhir tahun ini.

Sementara itu, perusahaan rintisan Steve Jobs tersebut juga menjanjikan game baru Ubisoft berjudul Assassin's Creed: Mirage juga akan bisa dimainkan di iPhone 15 Pro.

Bila memang benar, maka ini akan menjadi tonggak sejarah bagi industri game mobile mengingat AC: Mirage akan menjadi seri Assassin's Creed versi PC/konsol rilis di HP Android atau iOS.

Ingat, game AC: Mirage, RE 4 Remake, hingga Death Stranding ini bukan versi cloud atau mobile, tapi benar-benar versi penuh alias sama seperti di PC atau konsol.

Akan seperti apa performa game-game tersebut saat dimainkan di iPhone 15 Pro? Kita harus tunggu hingga ponsel baru Apple dan game-game itu meluncur resmi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ini Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17 pada 18 September 2023

<p>iPhone 15 Pro. Credit: Apple</p>

iPhone 15, iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Pro Plus baru saja diumumkan secara resmi Apple pada Rabu, 13 September 2023, dini hari WIB.

Dalam acara bertajuk Apple Event 2023, perusahaan berbasis di Cupertino, Amerika Serikat itu juga mengumumkan kapan iOS 17 dirilis secara global.

Yup, pengguna iPhone di seluruh negara di dunia akan bisa download iOS 17 mulai 18 September 2023. Yup, pengguna tidak perlu waktu lama untuk dapat menggunakan OS baru milik Apple ini.

Walau iOS 17 ini akan terpasang langsung di iPhone 15, sejumlah ponsel lawas milik Apple yang ada di pasaran ini juga akan kebagian update OS tersebut.

Apakah iPhone lawas Anda bakal dukung iOS 17 ini? Cek daftarnya di bawah ini, sebagaimana dikutip dari laman Apple.com, Rabu (13/9/2023).

Daftar iPhone Kebagian iOS 17

  • iPhone 15
  • iPhone 15 Plus
  • iPhone 15 Pro
  • iPhone 15 Pro Max
  • iPhone 14
  • iPhone 14 Plus
  • iPhone 14 Pro
  • iPhone 14 Pro Max
  • iPhone 13
  • iPhone 13 mini
  • iPhone 13 Pro
  • iPhone 13 Pro Max
  • iPhone 12
  • iPhone 12 mini
  • iPhone 12 Pro
  • iPhone 12 Pro Max
  • iPhone 11
  • iPhone 11 Pro
  • iPhone 11 Pro Max
  • iPhone XS
  • iPhone XS Max
  • iPhone XR
  • iPhone SE (2nd generation atau terbaru)

Bagi iPhone X atau di bawahnya, sangat disayangkan Anda tidak akan bisa menikmati fitur-fitur yang Apple hadirkan di iOS 17 tersebut.

 

3 dari 5 halaman

iPhone 15 dan iPhone 15 Plus Diperkenalkan

iPhone 15 hadir dengan USB-C. Credit: Apple

Apple resmi meluncurkan smartphone terbaru mereka yaitu iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Kedua iPhone terbaru ini pun membawa beberapa fitur teranyar yang merupakan peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya.

Kini, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus membawa fitur Dynamic Island yang sebelumnya hanya ada di varian Pro dan Pro Max. Selain itu, layarnya menggunakan Super Retina XDR dengan OLED.

 iPhone 15 layarnya berukuran 6,1 inci, sementara iPhone 15 Plus mengusung layar yang lebih besar yaitu 6,7 inci.

Kecerahan HDR dari perangkat ini bisa mencapai 1.600 nits, sementara kecerahan puncak di luar ruangan dapat mencapai 2.000 nits, atau 2 kali lebih terang dibandingkan iPhone 14.

iPhone 15 memakai bodi belakang dengan cover alumunium aerospace-grade, dioptimalkan dengan proses pertukaran ion ganda khusus untuk material barunya, dan dipoles dengan partikel nano-kristal.

Sementara untuk bagian depan dari smartphone Apple ini dilindungi oleh Ceramic Shield.

iPhone 15 juga menghadirkan Main Camera 48MP dengan sensor quad-pixel dan 100% Focus Pixels yang dilengkapi 24MP default untuk foto beresolusi super tinggi, serta 2x opsi telefoto.

Pengguna dapat melakukan 2x perbesaran untuk foto dengan telefoto, untuk mengambil gambar yang diperbesar dua kali dengan kualitas optik.

Fitur fotografi lainnya di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus adalah mode portrait baru. Perangkat dapat secara otomatis mendeteksi saat ada seseorang di dalam frame, sehingga pengguna bisa beralih ke portrait mode dengan lebih mudah.

4 dari 5 halaman

Gunakan Chipset A16 Bionic

<p>iPhone 15. Credit: Apple</p>

Fitur portrait baru ini juga dapat digunakan saat mengambil foto hewan. Selain itu, terdapat juga kontrol fokus dan depth yang baru, memungkinkan pengguna mengalihkan fokus dari satu orang ke orang lain setelah foto diambil.

Night mode juga sudah ditingkatkan, dan HDR cerdas memungkinkan pengguna menangkap foto langit dan subyek secara bersamaan.

Untuk dapur pacu, iPhone 15 menggunakan chipset A16 Bionic yang sebelumnya disematkan di iPhone 14 Pro.

iPhone 15 baru juga hadir dengan Ultra Wideband yang diperbarui, karena mereka memiliki chip generasi kedua terbaru sama seperti di Watch Series 9.

Perangkat ini bisa terhubung dengan perangkat lain dengan chip tersebut sampai 3x jauhnya, memungkinkan pembaruan terhadap precision finding.

Kualitas audio untuk panggilan juga diperbarui, dengan model pembelajaran mesin yang lebih canggih untuk memprioritaskan suara pengguna. Voice Isolation pun dapat membuat suara terdengar keras dan jelas.

Apple juga menyebut Emergency SOS dan Find My via satelit bakal hadir di lebih banyak negara. 

5 dari 5 halaman

Hadir dengan USB-C

<p>iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Credit: Apple</p>

Salah satu yang paling ditunggu adalah bagaimana iPhone 15 kini hadir dengan USB-C.

Apple pun telah mengonfirmasi penggunaan port standar universal ini, di mana mereka juga mengungkapkan kabel USB-C yang sama untuk dipakai di Mac, iPad, iPhone, dan AirPods Pro Gen 2.

Selain itu, Apple juga memperkenalkan fitur pengisian daya untuk AirPods atau Apple Watch dari iPhone memakai konektor USB-C. Kedua model juga mendukung MagSafe dan charger Qi2 yang akan datang untuk pengisian nirkabel.

Baik iPhone 15 dan iPhone 15 Plus pun juga bakal hadir dengan membawa iOS 17.

Di Amerika Serikat, iPhone 15 dipasarkan dengan harga mulai dari USD 799 untuk 128 GB (Rp 12,2 juta) dan iPhone 15 Plus dijual dengan harga mulai dari USD 899 (Rp 13,8 juta) untuk 128 GB.

Adapun, iPhone 15 dan 15 Plus akan datang dengan opsi penyimpanan 128 GB, 256 GB, dan 512 GB, serta varian warna pink, kuning, hijau, biru, dan hitam.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini