Sukses

TikTok Bakal Hadirkan Aplikasi Chatting Mandiri, Terungkap dari Daftar Lowongan Kerja

TikTok dilaporkan tengah mempersiapkan aplikasi chatting terpisah atau mandiri, berdasarkan informasi dari lowongan kerja yang ditawarkan perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta - TikTok dikabarkan akan melakukan terobosan besar. Dilansir The Verge, ByteDance sebagai perusahaan induk TikTok dilaporkan sedang merekrut beberapa posisi untuk tim bernama TikTok Social yang ditugaskan mengubah aplikasi itu menjadi layanan chatting.

Dikutip Axios, Kamis (7/9/2023), TikTok sedang mencari insinyur dan manajer produk untuk bekerja dalam tim baru. Nantinya, tim tersebut akan berfungsi membangun fitur interaksi sosial baru. 

Adapun informasi tersebut ditujukan untuk para insinyur Android dan iOS yang berbasis di San Jose, California, Amerika Serikat. Disebutkan, tim itu akan membangun platform yang memungkinkan pengguna bertemu dan berinteraksi dengan teman-teman di kehidupan nyata secara lebih mulus di TikTok. 

Selain itu, platform media sosial ini disebut juga bisa mendorong para pengguna untuk berbagi kehidupan mereka dan tetap terhubung, terlepas dari lokasi mereka berada. 

Untuk manajer produk "TikTok Social" yang berbasis di San Jose, perusahaan mengatakan mereka ingin memperluas batasan TikTok dengan membangun hubungan sosial yang lebih pengguna antar pengguna. 

Sementara untuk kepala divisi backend, posisi ini disebut akan berperan dalam melakukan kolaborasi dengan tim di berbagai negara dan wilayah untuk memberikan solusi sosial TikTok yang berbeda, seperti pengiriman pesan.

Meskipun saat ini TikTok telah lama menawarkan pesan langsung, fungsinya masih terbatas. Karenanya, salah satu upaya membantu pengguna terhubung dengan orang lain di dunia nyata adalah dengan meningkatkan fitur chatting di platform ini.

Kendati demikian, masih belum dijelaskan secara spesifik soal rencana ini. Namun, berdasarkan informasi dari lowongan yang diumumkan, tim software backend dari TikTok Social ini akan bertugas mengawasi fitur User Profile, Story, Inbox, Messaging, Follow, Like, Comment, hingga Tag.

Dari informasi tersebut, muncul dugaan kalau TikTok akan membuat aplikasi chatting sendiri. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

TikTok Mencoba Meniru Platform Lain

Sebagai informasi, di saat platform-platform lain sedang mencoba meluncurkan platform video vertikal semacam TikTok, seperti Instagram Reels atau YouTobe Shorts, perusahaan ternyata memiliki rencana menarik lain untuk platformnya. 

Beberapa kemungkinan yang dilakukan perusahaan, seperti TikTok akan menjadi platform yang mendukung unggahan kisah yang sudah lewat, atau fokus pada obrolan grup seperti aplikasi WhatsApp.

Selain itu, ada analisa yang menyebut ada kemungkinan TikTok merambah banyak hal sekaligus. Bahkan sempat dikabarkan, mereka sedang menguji aplikasi musik, serta layanan belanja online.

TikTok juga dikabarkan akan menambahkan postingan berbasis teks seperti pada Instagram Stories. Dengan fitur ini, pengguna dapat menambahkan warna latar belakang, mengedit tampilan teks, dan menambahkan musik serta stiker ke postingan.

3 dari 4 halaman

TikTok Memungkinkan Pengguna Mengatur Siapa Saja yang Bisa Mengirim DM Kepada Mereka

Sebelumnya, seperti dilansir TechCrunch, Rabu (6/9/2023), pada awal tahun ini, TikTok memperluas pengaturan pesan langsung atau DM untuk memberi pilihan kepada pengguna, siapa saja yang bisa mengirim pesan kepada mereka.

Pilihan tersebut meliputi: Semua Orang, Teman yang Disarankan, Pengikut Bersama, Orang yang Anda Kirimi Pesan, atau Tidak Sama Sekali.

Sebelumnya, hanya orang-orang yang diidentifikasi sebagai teman atau direkomendasikan oleh pengguna yang dapat saling mengirim DM di platform.

Dengan memilih opsi Teman yang Disarankan, ini berarti teman yang direkomendasikan, termasuk teman Facebook dan kontak telepon yang disinkronkan dapat mengirim pesan.

Jika kamu ingin mengubah pengaturan pesan langsung, ketuk ikon Profil di bagian bawah layar. Kemudian, ketuk tombol Menu di bagian atas dan pilih "Pengaturan dan Privasi", lalu ketuk Privasi.

Di sana kamu perlu memilih Pesan Langsung dan kemudian atur siapa saja yang kamu izinkan untuk mengirim DM ke kamu.

4 dari 4 halaman

TikTok Media Sosial Terpopuler

Dilansir Premium Beauty News, Rabu (6/9/2023), pada April lalu, Meltwater and We Are Social menerbitkan laporan terkait TikTok yang menjadi jejaring sosial tempat pengguna menghabiskan watu paling banyak.

Pengguna menghabiskan rata-rata 31 jam 32 menit per bulan pada kuartal keempat tahun 2022 di aplikasi TikTok. Angka ini berhasil menyalip YouTube yang bebelumnya menempati posisi pertama dengan rata-rata 23 jam 4 menit per bulan pada Q2 2022.

Meskipun rata-rata waktu yang dihabiskan untuk YouTube juga meningkat, hasil laporan menunjukkan bahwa pengguna jejaring sosial milik ByteDance mengalami peningkatan rata-rata waktu yang dihabiskan di aplikasi lebih cepat dibanding kuartal sebelumnya.

Terlepas dari kemajuan signifikan TikTok, YouTube masih tetap berada di depan platform TikTok dalam penggunaan sehari-hari oleh pengguna Android.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini