Sukses

Mau Turunkan iOS 17 ke iOS 16 Tanpa Kehilangan Data? Simak Caranya di Sini

Jika kamu telah mencoba iOS 17 Beta dan merasa kurang nyaman, kamu pasti ingin kembali ke iOS 16. Tapi, menurunkan versi OS akan sangat berbahaya apabila kamu belum mencadangkan datamu. Berikut kami jelaskan cara menurunkan iOS 17 ke iOS 16 tanpa kehilangan data.

Liputan6.com, Jakarta - Diumumkan selama WWDC 2023, iOS 17 menarik perhatian banyak pengguna iOS. Pembaruan ini dilengkapi dengan beberapa peningkatan dan tambahan yang menarik pada firmware.

Karena itu, banyak pengguna iOS memutuskan untuk segera bergabung dengan versi beta untuk fitur-fitur baru iOS 17, tetapi perangkat lunak ini belum siap digunakan.

Seperti biasa, versi iOS baru selalu memiliki beberapa bug dan masalah, misalnya, bar Kekuatan sinyal bisa menghilang, Face ID tak berfungsi, aplikasi crash, iPhone tak dapat terhubung ke Internet setelah pembaruan ke iOS 17, dan banyak lagi.

Dalam artikel ini, Tekno Liputan6.com mengutip dari GizChina, Selasa (5/9/2023), akan memberikan langkah-langkah menurunkan iOS 17 ke iOS 16

Salah satu langkah paling penting sebelum menurunkan versi iOS di iPhone, iPad, atau Mac kamu adalah mencadangkan semua data kamu. Mencadangkan perangkat kamu memastikan bahwa bahkan jika terjadi masalah selama proses penurunan versi.

Selain menggunakan iCloud dan iTunes, sangat disarankan untuk menggunakan alat seperti UltFone iOS Data Manager untuk membuat cadangan data dari isi perangkat kamu dengan sekali klik.

Kedua, kamu harus memverifikasi bahwa perangkat kamu kompatibel dengan versi iOS yang dituju. Kunjungi situs web resmi Apple atau dokumentasi dukungan untuk memastikan apakah perangkat kamu memenuhi syarat untuk iOS 16.

Jika perangkat kamu terdaftar sebagai kompatibel, kamu bisa melanjutkan. Jika tidak, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk tak menurunkan atau mencari alternatif.

Jika masalah di atas telah aman, maka kamu dapat melanjutkan untuk menurunkan dari iOS 17 ke iOS 16 tanpa kehilangan data.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menurunkan Versi iOS Tanpa Kehilangan Data

Metode Terbaik Menurunkan Versi iOS 

UltFone Downgrade Tool, alternatif terbaik untuk menurunkan ke iOS yang stabil. Alat ini akan secara otomatis mendeteksi firmware iOS yang tepat yang sesuai dengan iPhone kamu ketika menurunkan ke versi iOS 16 yang lebih lama. Dari sana, hanya perlu beberapa klik untuk menurunkan dari iOS 17 ke iOS 16.

Proses ini tak akan menyebabkan kehilangan data atau bug pembaruan lainnya. Dibandingkan dengan iTunes atau Finder, alat ini lebih mudah digunakan, lebih efisien, dan lebih aman. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan Instal UltFone Downgrade Tool dan hubungkan iPhone/iPad kamu ke sana. Klik "iOS Upgrade/Downgrade" untuk memulai.
  2. Pilih opsi "Turunkan versi" dan kemudian pilih tombol di bawahnya.
  3. Tunggu hingga perangkat lunak mengunduh file firmware terbaru dan mulai proses penghapusan.
  4. Dalam beberapa menit, perangkat kamu akan berhasil diturunkan. Klik "Selesai".

Cara Lain Tanpa Menggunakan Komputer

Metode kedua adalah untuk mereka yang ingin menurunkan dari iOS 17 tanpa menggunakan komputer. Cara Ini bisa dilakukan, tetapi tak 100 persen berfungsi. melalui metode ini, memungkinkan kamu untuk kembali dari iOS 17 ke iOS 16 melalui Pengaturan di iPhone kamu.

  1. Buka Pengaturan di iPhone kamu.
  2. Scroll ke bawah dan ketuk Umum Cari VPN & Manajemen Perangkat dan Ketuk itu.
  3. Ketuk pada Profil Perangkat Lunak Beta iOS 17.
  4. Pilih Hapus Profil dan Konfirmasi Pilihan.
  5. Restart Perangkat kamu.

Itu cara untuk mengembalikan pembaruan di iPhone tanpa komputer. kamu perlu memastikan perangkat kamu memiliki daya baterai yang cukup untuk melakukan penurunan versi tanpa masalah yang mungkin terjadi.

3 dari 4 halaman

Cara Lainnya

Menggunakan iTunes

iTunes juga memungkinkan pengguna iPhone untuk kembali ke iOS 16. Namun, ini bisa menjadi proses yang rumit bagi mereka yang tak memiliki pengetahuan atau pengalaman yang cukup dengan aplikasi tersebut. Ini akan memerlukan kamu untuk mengunduh file IPSW secara manual. Proses ini juga bisa memakan waktu.

Berikut caranya:

  1. Unduh dan Instal versi iTunes Terbaru sebelum kamu memulai proses untuk mengembalikan iOS 17 ke iOS 16.
  2. Masukkan secara manual iPhone kamu ke Mode Pemulihan. Di sini kamu perlu sangat hati-hati, karena metode untuk mem-boot perangkat ke mode pemulihan berbeda untuk setiap model telepon.
  3. Selanjutnya, buka Halaman Unduhan IPSW Apple dari Browser kamu.
  4. Dari sana, Unduh Firmware iOS 16 ke iPhone kamu di komputer kamu. Ada risiko dalam proses ini, dan kamu perlu memastikan kamu memilih file IPSW yang tepat untuk model kamu.
  5. Sekarang Buka iTunes dan Hubungkan iPhone kamu ke sana.
  6. Tekan dan Tahan "Shift" pada Papan Ketik dan klik "Pulihkan iPhone". Terus Tahan Tombol Shift Hingga Jendela Baru Muncul.
  7. Di sini, Telusuri firmware yang sudah kamu unduh dan klik Buka.
  8. Klik "Pulihkan" dan iTunes akan segera mulai mengembalikan iPhone kamu ke versi iOS yang tersedia.
  9. Setelah itu, mulailah mengatur iPhone kamu sebagai perangkat baru.
  10. Pilih "Jangan mentransfer aplikasi dan data" dan perangkat kamu akan siap.

Cara reesmi ini cukup rumit dan memakan waktu, berikut kami berikan alternatif lain.

 

4 dari 4 halaman

Finder

Gunakan Finder

Sementara metode tradisional menggunakan iTunes untuk penurunan versi sudah dikenal, Apple telah beralih menggunakan Finder pada macOS Catalina dan versi yang lebih baru untuk manajemen perangkat.

Jika kamu tak terbiasa menggunakan iTunes untuk kembali ke iOS 16 dari iOS 17 dan menemukan langkah-langkahnya rumit, kamu dapat mempertimbangkan menggunakan Finder.

Sekarang, mari kita ikuti langkah-langkahnya secara bertahap untuk menurunkan dari iOS 17 ke iOS 16 menggunakan Finder.

Perhatikan bahwa ini akan memakan beberapa waktu karena iPhone kamu akan direset dan dikembalikan ke pengaturan pabrik.

  1. Persiapkan Perangkat dan Mac kamu. Pastikan bahwa Mac kamu menjalankan macOS Catalina atau yang lebih baru.
  2. Sambungkan perangkat iOS kamu ke Mac kamu menggunakan kabel USB. Percayakan komputer kamu pada perangkat iOS kamu jika diminta.
  3. Buka Finder dan akses perangkat kamu untuk menginstal ulang iOS 16. Di bilah sisi kiri, di bawah "Lokasi," kamu akan menemukan perangkat yang terhubung. Klik padanya untuk mengakses antarmuka manajemen perangkat. 
  4. Cadangkan data iOS kamu. Klik tombol "Cadangkan Sekarang" untuk membuat cadangan data perangkat kamu saat ini.
  5. Di antarmuka manajemen perangkat, klik tombol "Pulihkan iPhone" sambil menahan tombol Option (Alt) pada keyboard kamu.

Setelah mengetahui beberapa cara di atas, waktunya anda mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini