Sukses

Google Indonesia: Topik Pencarian Hari Kemerdekaan Naik 270 Persen dalam 10 Tahun Terakhir

Pencarian seputar Hari Kemerdekaan naik 270 persen dalam 10 tahun terakhir. Google Indonesia menyebut, pada Agustus 2022, kata "Istana" dan "Istana Merdeka" jadi yang paling banyak dicari di internet oleh orang Indonesia sepanjang Agustus tahun tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Google turut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78 dengan menampilkan Google Doodle di laman pencariannya hari ini, Kamis (17/8/2023).

Ilustrasi Google Doodle ini dibuat oleh ilustrator Diela Maharani yang dikenal dengan karya ilustrasinya yang penuh warna warni dan imajinatif.

Selain ikut merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan Google Doodle, Google Indonesia juga mengungkap bahwa minat pencarian di topik terkait Hari Kemerdekaan selalu mengalami peningkatan.

Bahkan, menurut Google Indonesia, minat pencarian pada topik Hari Kemerdekaan meningkat 270 persen dalam 10 tahun ke belakang.

Dari deretan topik paling dicari terkait Hari kemerdekaan, "Istana" dan "Istana Merdeka" merupakan dua pencarian breakout terkait dengan hari kemerdekaan antara 1 Agustus dan 31 Agustus 2022 di Indonesia.

Selain itu, minat pengguna internet Indonesia pada pencarian lomba pun meningkat setiap Agustus di Indonesia.

Tahun lalu, "Lomba nyunggi tampah" jadi istilah pencarian paling breakout di Indonesia pada Agustus 2022. Sementara minat pencarian pada "lomba kemerdekaan" meningkat lebih dari 150 persen.

Persiapan seputar upacara dan makanan yang dipersiapkan jelang 17 Agustus juga menjadi pencarian terpopuler.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tentang Google Doodle 17 Agustus 2023

Tahun ini Google Doodle terkait Hari Kemerdekaan Indonesia ke-78 hadir dengan warna warni dan menampilkan sejumlah perlombaan yang biasa dimainkan saat 17 Agustusan.

Dalam Google Doodle kali ini tema yang diangkat adalah semangat persatuan di Indonesia.

Tahun ini sekaligus mengawali persiapan untuk pemilihan umum mendatang, dalam membangun negara yang penuh keanekaragaman dalam selalu hidup berdampingan secara damai dan harmoni.

 

3 dari 3 halaman

Pesan Persatuan di Pembuatan Google Doodle

Pesan ini juga menjadi inspirasi dalam pembuatan Doodle, dengan harapan jadi pengingat yang kuat tentang pentingnya persatuan dalam negara untuk lebih kuat dan bersatu.

"Sebuah kebanggaan tentunya menjadi ilustrator yang dapat kesempatan pada perayaan Hari Kemerdekaan tahun ini. Doodle ini saya buat untuk dapat menginspirasi orang Indonesia untuk terus membawa semangat Bhinneka Tunggal Ika, kekuatan kita," kata Diela Maharani.

Lebih lanjut ia juga mengatakan, perbedaan yang ada bisa membuat orang Indonesia saling belajar dan bertukar ide.

"Kita dapat membangun bangsa yang lebih kuat dan lebih indah," kata Diela.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.