Sukses

Makin Serius, Netflix Uji Coba Layanan Streaming Game di Smart TV dan Desktop

Totalitas mendalami pasar game, Netflix diketahui tengah menguji coba layanan streaming game di berbagai perangkat, termasuk Smart TV dan desktop.

Liputan6.com, Jakarta - Netflix dilaporkan mulai menguji coba layanan streaming game di TV dan desktop. Hal ini dilakukan untuk memperluas katalog game andalan mereka yang sebelumnya hanya ada di perangkat iOS dan Android.

"Tujuan kami adalah selalu menyediakan game untuk semua orang, dan kami bekerja keras memenuhi kebutuhan para anggota di mana pun mereka berada dengan layanan yang mudah diakses, tanpa hambatan, dan ada di mana-mana," tulis Mike Verdu, Wakil Presiden Netflix Games, seperti dikutip dari Engadget, Rabu (16/8/2023).

Hal ini sekaligus menandai langkah pertama Netflix dalam menghadirkan layanan game di lebih banyak perangkat. Namun untuk tahap uji coba ini, baru ada dua game yang mendukung yakni Molehew's Mining Adventure dan Oxenfree.

Saat ini, Netflix baru membuka akses beta ke sejumlah pengguna di Britania Raya dan Kanada.

Fitur ini juga baru mendukung beberapa perangkat seperti Amazon Fire TV, Chromecast dengan Google TV, TV LG, perangkat dan TV NVIDIA Shield TV, perangkat dan TV Roku, Samsung Smart TV, Walmart ONN, dan perangkat Roku.

Kendati demikian, perusahaan memastikan akan menambah daftar perangkat yang akan kompatibel dengan layanan streaming game ini. Dalam beberapa minggu ke depan, game tersebut juga bisa dimainkan di situs web Netflix menggunakan browser desktop yang kompatibel.

Netflix juga telah merilis aplikasi kontroler di perangkat Android dan iOS untuk mendukung layanan streaming game ini di TV. Sementara bagi pengguna PC dan Mac, game tersebut dapat dimainkan dengan mouse dan keyboard.

Adapun pengujian ini merupakan langkah Netflix untuk mengevaluasi penggunaan layanan streaming game sekaligus kontroler besutan mereka. Hanya untuk saat ini, informasi mengenai judul game lain yang akan mendukung belum dapat dipastikan. 

Di sisi lain, Netflix juga terus menambah daftar game mobile mereka guna mendalami pasar game dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sudah Punya 55 Judul, Netflix Berencana Tambah 40 Judul Game Mobile Lagi di 2023

Setelah memiliki 55 judul game mobile di perpustakaannya, Netflix berencana menambahkan sekitar 40 game lagi di sepanjang 2023. Sekadar diketahui, baru-baru ini, perusahaan ini telah menambahkan Valiant Hearts: Coming Home dan Highwater Dystopia dalam katalog gamenya.

Namun dari informasi terkini, masih banyak judul game mobile dari Netflix yang akan hadir dalam waktu dekat. Mengutip informasi yang dilansir Engadget, Selasa (21/2/2023), terdapat sejumlah game mobile yang telah diketahui akan masuk dalam daftar Netflix Games tahun ini.

Sebelumnya, Netflix sudah mengungkapkan sejumlah judul baru yang akan segera dapat dinikmati 230 juta pelanggannya. Beberapa di antaranya yaitu Terra Nil dan Paper Trail. Selain itu, Netflix juga telah memiliki kesepakatan dengan Ubisoft untuk tiga permainan eksklusif.

Pada 18 April mendatang, Netflix turut mengungkap akan menghadirkan game Mighty Quest: Rogue Palace yang rilis dengan sejumlah peningkatan formula. Mulai dari cerita yang lebih dalam serta gameplay yang disempurnakan.

Sementara menjelang akhir tahun ini, perusahaan juga akan merilis penerus dari game Too Hot to Handle: Love is Game yang diangkat dari serial reality show paling hit di platform streaming tersebut. Untuk diketahui, game itu menjadi salah satu judul yang paling banyak dimainkan hingga saat ini.

Tidak hanya itu, Monument Valley dan Monument Valley 2 juga akan hadir di Netflix Games tanpa biaya tambahan untuk para pelanggan pada tahun 2024. 

3 dari 4 halaman

Game yang Diangkat dari Acara Netflix Jadi Primadona

Di samping judul-judul permainan di atas, terdapat beberapa game lainnya yang tidak diumumkan, tapi dikabarkan akan turut meramaikan Netflix Games.

Pengembang Vainglory, yakni Super Evil Megacorp, dilaporkan sedang mengembangkan judul eksklusif untuk Netflix Games. Game ini dibuat berdasarkan keahlian studio tersebut dalam membuat game pertarungan berbasis tim. 

Vice President of External Games Netflix, Leanne Loombe menuturkan, game tersebut merupakan pertaruhan besar sekaligus langkah Netflix sebagai perusahaan transmedia. 

Loombe juga menambahkan, sejak Netflix mulai menawarkan game pada tahun 2021, ditemukan sebagian besar pemain tertarik pada permainan yang memiliki tiga faktor, yaitu judul yang mudah dikenali, mendorong pemain untuk memainkannya sehari-hari, serta game yang diangkat dari acara atau film, misalnya game Stranger Things: 1984.

4 dari 4 halaman

Game Sonic Prime Dash Tersedia di iOS dan Android, Gratis untuk Para Pelanggan Netflix

Netflix baru saja merilis game terbaru bertajuk Sonic Prime Dash. Sesuai namanya, game ini mengangkat karakter ikonik Sega yakni Sonic the Hedgehog.

Mengutip informasi dari CNET, Jumat (21/7/2023), game ini rilis bersamaan dengan musim kedua serial animasi karakter Sonic yaitu Sonic Prime. Game mobile ini tersedia untuk perangkat Android dan iOS secara gratis bagi mereka pelanggan Netflix.

Untuk diketahui, Sonic Prime Dash mirip dengan pendahulunya Sonic Dash yang rilis pada 2013. Game mobile ini masih menawarkan konsep permainan endless running, mirip dengan game Temple Run yang sempat begitu populer beberapa tahun lalu.

Mekanik dalam game Sonic Prime Dash juga tidak berbeda dari game pendahulunya. Pemain hanya perlu meloncat atau menghindari berbagai rintangan serta musuh yang muncul di hadapannya.

Selain itu, sama seperti game Sonic lainnya, perlu mengumpulkan deretan cincin yang muncul dalam game. Perbedaan utama game ini adalah penampilan desain baru dari beberapa karakter yang terinspirasi dari serialnya, seperti Tails dan Amy Rose versi cyborg.

Nantinya, semakin jauh pemain berlari, mereka bisa mengumpulkan item untuk memulihkan pulau dalam game, sekaligus membuka level baru. Untuk tahap awal, karakter yang bisa dimainkan adalah Sonic, Tails Nine, Rusty Rose, dan Boscage Maze Sonic.

Lalu seiring permainan berjalan ditambah item yang sudah dikumpulkan, karakter lain di Sonic Prime Dash bisa terbuka. Beberapa di antaranya adalah Classic Sonic, Metal Sonic, Big, Espio, dan Rouge. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.