Sukses

Xiaomi Resmi Umumkan Mix Fold 3, HP Layar Lipat dengan Kamera Leica

Dalam event yang digelar di Tiongkok, CEO Xiaomi Lei Jun resmi memperkenalkan Mix Fold 3 sebagai smartphone layar lipat terbarunya.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi resmi memperkenalkan smartphone layar lipat terbarunya dalam event di Tiongkok. Diberi nama Xiaomi Mix Fold 3, smartphone ini diperkenalkan langsung oleh CEO Xiaomi Lei Jun.

Seperti yang sudah dilaporkan sebelumnya, Xiaomi Mix Fold 3 merupakan smartphone hasil kolaborasi bersama Leica. Karenanya, departemen kamera menjadi salah satu andalan dari perangkat ini.

Mengutip informasi dari Phone Arena, Selasa (15/8/2023), smartphone ini hadir dengan empat kamera yang terdiri dari lensa utama 50MP, lensa telephoto 10MP, lensa periscope telephoto, dan lensa super wide-angle 12MP dengan dukungan sejumlah fitur seperti OIS.

Smartphone ini tersedia dalam dua pilihan warna yakni star gold dan moon shadow black. Bodi perangkat ini memiliki tekstur mirip kulit dan diklaim bebas sidik jari.

Mix Fold 3 menggunakan teknologi zero-hinge yang diklaim Xiaomi menjadi yang terbaik di industri saat ini. Xiaomi menjanjikan daya tahan hingga 500.000 kali lipat.

Perangkat ini menggunakan panel layar UTG terkini, sehingga jejak lipatan layar tidak terlihat saat perangkat dalam keadaan dibuka. Saat dilipat, Mix Fold 3 memiliki layar berukuran 6,56 inci yang dilindungi lapisan Gorilla Glass.

Saat dibuka, ukuran layar smartphone ini 8,03 inci. Mendukung hingga kecerahan 2600 nits, layar smartphone ini mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Smartphone baru Xiaomi ini dipersenjatai chipset Snapdragon 8 Gen 2, memori UFS 4.0, serta RAM LPDDR5X. Sebagai pendukung performanya, ada baterai berkapasitas 4.800mAh yang disokong fitur fast charging 67W dengan kabel dan 50W secara nirkabel.

Perangkat ini tersedia dalam tiga pilihan memori yang terdiri dari RAM 12GB/ROM 256GB, RAM 16GB/ROM 512GB, dan RAM 16GB/ROM 1TB. Harga Mix Fold 3 dimulai dari 8.999 yuan atau sekitar Rp 18 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Xiaomi Bocorkan Tentang MIUI 15, Bakal Bawa Peningkatan Privasi dan Performa

Di sisi lain, Xiaomi menggelar sebuah event di Tiongkok untuk mengumumkan MIUI 15. Selama ini informasi tentang MIUI 15 ditutup rapat-rapat oleh perusahaan, namun software Xiaomi yang telah dinantikan para Mi Fans ini akhirnya diungkap.

Perusahaan memang belum mengumumkan secara resmi fitur-fitur di MIUI 15. Namun, Xiaomi memastikan software ini bakal digulirkan segera ke deretan perangkat pengguna.

Mengutip Gizchina, Kamis (10/8/2023), Xiaomi mengungkap logo MIUI 15. Kali ini, logo MIUI hadir dalam warna pink terang dengan warna putih untuk angka 5-nya.

Ada secercah kepastian saat Xiaomi mengungkap bahwa Redmi K60 Ultra bakal jadi salah satu perangkat awal yang akan menerima MIUI 15. Debut perangkat yang bernama Xiaomi 13T Pro di Eropa ini juga ditunggu kepastiannya.

Perombakan visual dari ikon software ini juga jadi sorotan. Pasalnya, perubahan tampilan yang dibawa MIUI 15 ini siap untuk menyegarkan antarmuka pengguna, memberikan estetika yang segar dan modern.

Selain antisipasi untuk perubahan tampilan, MIUI 15 juga digadang-gadang akan mengusung peningkatan dan fitur baru MIUI 15.

3 dari 4 halaman

Bocoran Fitur yang Digadang ada di MIUI 15

Analis belum lama ini mengungkap sejumlah insight mengenai MIUI 15, salah satunya adalah MIUI 15 akan menggabungkan fungsionalitas penguat volume.

Fitur ini diantisipasi dengan kehadiran toggle atau pengaturan sakelar yang ditambahkan di dalam menu Setting. Jadi, pengguna MIUI 15 akan memiliki kemampuan untuk memperkuat output audio sekitar 200 persen.

Inovasi ini dirancang untuk meningkatkan tingkat output audio sekaligus memastikan kesehatan telinga pengguna, dan integritas speaker smartphone. Selain itu, clipboard akan mengalami peningkatan signifikan.

Dengan begitu, pengguna akan lebih mudah menyalin dan menempel (copas) tidak hanya teks tetapi juga gambar dan berbagai file baru.

Update ini bakal memperkaya pengalaman berbagi, memfasilitasi pertukaran konten media yang lebih seamless dengan pengguna lainnya. Fungsi ini mirip dengan apa yang telah tersedia di smartphone Samsung dan Pixel.

MIUI 15 juga kabarnya menghadirkan peningkatan performa, privasi, dan keamanan. Penyesuaian dari MIUI juga akan ada di lanskap desain, dengan diperkenalkannya widget dan tema-tema baru. 

4 dari 4 halaman

Dampak MIUI 15 Buat Penggunaan Sehari-hari

MIUI 15 akan menghadirkan dampak signifikan bagi pengalaman harian pengguna. Apa saja?

  • Peningkatan performa: MIUI 15 akan dioptimasi dengan performa yang lebih baik, itu artinya pengguna akan merasakan waktu loading aplikasi lebih cepat, animasi lebih smooth dan bebas lag.
  • Peningkatan privasi: MIUI 15 akan membawa peningkatan fitur privasi, yang membuat pengguna punya kontrol lebih atas data mereka. Misalnya, pengguna akan bisa melihat aplikasi mana yang telah mengakses data mereka. Pengguna juga akan bisa menyudahi akses ke aplikasi yang tidak dipercaya.
  • Fitur-fitur baru: MIUI 15 memperkenalkan sejumlah fitur, mulai dari peningkatan volume, peningkatan clipboard, serta widget dan tema baru. Fitur baru ini akan memudahkan pengguna mengakses smartphone mereka dan bikin tampilan ponsel lebih menarik.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.