Sukses

Hebat! YouTuber Windah Basudara Galang Dana Rp 270 Juta dari Main Popcat, Salah Satunya untuk Kurnia Meiga

YouTuber Windah Basudara berhasil menggalang dana sebesar Rp 270 juta untuk membantu mantan kiper Timnas Indonesia Kurnia Meiga dan korban banjir lahar dingin Gunung Semeru di Lumajang. Aksi ini dilakukan dengan memanfaatkan game Popcat yang sedang viral.

Liputan6.com, Jakarta - YouTuber Windah Basudara kembali menjadi pembicaraan warganet, setelah dirinya melakukan live streaming tribute untuk mantan kiper timnas Indonesia, Kurnia Meiga.

Tak hanya itu, Windah Basudara juga menggalang donasi untuk korban banjir lahar dingin Gunung Semeru di Lumajang.

Bertajuk POPCAT MENUJU 10 BESAR UNTUK INDONESIA! TRIBUTE UNTUK KURNIA MEIGA DAN CHARITY UNTUK SESAMA, live streaming ini sukses mengumpulkan dana hingga Rp 269.348.610.

Windah sendiri secara pribadi menggenapkan donasi tersebut ke Rp 270 juta, dan membaginya rata ke empat campaign, seperti Bang Kurnia Mega, Bantu Pejuang Cilik HIV, Lumajang, dan Reyhan.

Windah sendiri menargetkan Indonesia bisa masuk ke-10 besar di papan skor (leaderboard), maka akan menambahkan Rp 50 juta--dari uang sendiri--ke total penggalangan dana bermain game Popcat.

"Targetnya Rp 100 juta, satu lembaga Rp 50 juta. Itu target gua, cuma nggak bilang aja. Tapi kalau lebih, bagus," kata Windah.

Sayangnya, Indonesia tidak masuk 10 besar. Walau begitu, YouTuber ini tetap memenuhi janji tersebut dengan menambahkan Rp 50 juta.

"Tribute dan Charity PopCat tanggal 11 Juli done! Walau kita belum masuk 10 besar di PopCat. Tapi kita akam kembali di tanggal 17 Agustus dengan lebih kuat dan kalau bisa 5 besar!" tulis Windah di akun Instagram-nya.

Ia juga mengungkapkan rasa terima kasih kepada kiper timnas Indonesia yang telah menjadi "wajah" campaign-nya.

"Sekali lagi terima kasih kiper legendaris Indonesia bang @egahermansyah yang bisa dibilang sudah menjadi "wajah" dalam campaign ini. We will never forget you Legend!" ucap YouTuber Windah Basudara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kurnia Meiga Ingin Kembali ke Lapangan Hijau

<p>Kurnia Meiga saat menghadiri acara bantuan usaha Magu-Magu Chicken kepada dirinya bertempat di Menara Danareksa, Jakarta Pusat (05/07/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)</p>

Mantan kiper Timnas Indonesia Kurnia Meiga mengakui dirinya masih ingin kembali beraksi di lapangan hijau apabila ada keajaiban yang memungkinkan dia untuk pulih dari penyakitnya saat ini.

Seperti diketahui, Kurnia Meiga terpaksa menepi dari lapangan hijau sejak 2017 akibat adanya gangguan pada mata kanannya. Ia mengaku kondisi penglihatan di bagian tersebut saat ini hanya mencapai 5 persen.

Berbagai upaya pengobatan, baik medis maupun alternatif telah ditempuh untuk memulihkan kondisi mantan penjaga gawang yang pernah berkarier di Arema FC itu.

Akibat hal ini, kondisi finansial Meiga terkuras, hingga dia harus menjual medali juara yang pernah didapatkannya bersama Singo Edan dan Timnas Indonesia.

Beruntung sejumlah pihak, termasuk Ketua Umum PSSI Erick Thohir tergerak memberi uluran tangan demi menolong Kurnia Meiga dan keluarga. Ia diberi bantuan serta pertolongan medis yang diperlukan.

Dalam konferensi pers penyaluran bantuan bagi Kurnia Meiga, mantan pesepak bola berusia 33 tahun itu berterima kasih atas kepedulian Erick Thohir serta federasi sepak bola Tanah Air. Ia pun mengungkap keinginannya untuk kembali bermain apabila mendapat keajaiban sembuh dari penyakitnya.

3 dari 4 halaman

Erick Thohir Bantu Kurnia Meiga Jadi Pengusaha

Kurnia Meiga, Timnas Indonesia. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

"Saya (mengucapkan) terima kasih banyak untuk Pak Erick Thohir sebagai Ketum PSSI yang telah banyak membantu saya untuk kesehatan, merenovasi rumah, dan franchise-nya," tutur Meiga saat ditemui awak media di Menara Danareksa, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

"Ya untuk saat in, sambil didampingi Pak Erick Thohir untuk kesehatan, saya juga mungkin ada alternatif-alternatif. Kita tidak tahu mukjizat Allah. Kalau Allah kasih kesembuhan untuk bisa melihat lagi, saya akan aktif kembalidi sepak bola," tambah dia.

Seperti diketahui, tak hanya memberi dukungan dari segi medis kepada Kurnia Meiga. Ketua Umum PSSI Erick Thohir juga memberi bantuan lain guna menyokong kondisi finansial eks pemain Arema FC.

Sosok yang merangkap sebagai Menteri BUMN itu menyediakan paket usaha berupa waralaba ayam goreng bagi Meiga dan keluarga, yang dapat mulai beroperasi pada akhir bulan ini dan dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan.

"Karena waktu itu saya ketemu Meiga dan Azizah (Azhiera, istri Meiga), saya sejak awal ingin menawarkan (supaya mereka) bisa berusaha menjadi entrepreneurship, pengusaha, tetapi kan pasti perlu belajar," tutur Erick dalam konferensi pers di Menara Danareksa, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

4 dari 4 halaman

Kurnia Meiga Bukan Satu-satunya Pemain yang Ditolong

<p>PSSI melalui Ketua Umumnya, Erick Thohir (tengah) memberikan bantuan kepada Kurnia Meiga berupa bantuan usaha Magu-Magu Chicken bertempat di Menara Danareksa, Jakarta Pusat (05/07/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)</p>

Adapun Kurnia Meiga nantinya tak bakal menjadi satu-satunya pemain dan atau mantan pemain Timnas Indonesia yang diperhatikan oleh PSSI.

Federasi sepak bola Indonesia, melalui yayasannya, telah berkomitmen untuk memberi pelayanan kesehatan serta mempersiapkan karier pascapensiun bagi penggawa Timnas Indonesia.

"Waktu itu, kita sudah bicara. Fungsi yayasan itu ada dua. Pertama, memasitkan para pahlawan olahraga sepak bola mendapat pelayanan kesehatan yang baik. Nah, itulah mengapa kita sedang terus berdiskusi dengan BPJS," papar Erick di Menara Danareksa, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

"Yang kedua, karier pasca bermain bola atau pun saat bermain bola. Mereka kita coba bantu (dengan) melatih persiapan kalau pensiun."

"Nah ini juga kita mulai lakukan kerja sama yang belum bisa saya umumkan sekarang, supaya jangan sampai keitka sesudah bermain bola, mayoritas (altet) terutama bekas tim nasional ini bangkrut," tandas Erick dalam konferensi pers penyaluran bantuan bagi Kurnia Meiga. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini