Sukses

Terungkap, Ini Chipset yang Akan Dipakai Samsung Galaxy S23 FE

Berdasarkan bocoran terbaru, informasi mengenai chipset yang akan digunakan di Samsung Galaxy S23 FE terungkap setelah smartphone itu muncul di laman Geekbench.

Liputan6.com, Jakarta - Informasi mengenai spesifikasi Galaxy S23 FE pelan-pelan mulai terungkap. Kali ini, giliran informasi mengenai chipset smartphone tersebut yang disebut-sebut di internet.

Mengutip informasi dari GSM Arena, Senin (10/7/2023), informasi soal chipset yang digunakan Galaxy S23 FE ini diketahui dari laman Geekbench. Disebutkan, purwarupa smartphone itu masuk dalam daftar situs Geekbench.

Hadir dengan nomor model SM-S711B, berdasarkan informasi dari Geekbench, Galaxy S23 FE disebut akan menggunakan chipset Exynos 2200. Chipset tersebut dipadukan dengan RAM 8GB.

Dari informasi itu pula diketahui perangkat ini akan menjalankan Android 13. Kendati demikian, belum dapat dipastikan apakah Samsung hanya akan merilis Galaxy S23 FE dalam satu model chipset saja.

Seperti diketahui, seri Galaxy FE biasanya rilis dengan dua varian, yakni model dengan chipset Exynos dan model dengan chipset Snapdragon.

Samsung Galaxy S23 FE Bakal Pakai Exynos 2200

Namun dari laporan lain disebutkan Samsung Galaxy S23 FE akan sepenuhnya menggunakan chipset Exynos 2200.

Menurut sumber yang mengetahui hal ini, keputusan tersebut diambil untuk mengurangi stok Exynos 2200 yang disebut masih sangat banyak. Perlu diketahui, Exynos 2200 merupakan chipset yang dipakai Galaxy S22.

Sementara penerusnya yakni Galaxy S23, seluruhnya menggunakan chipset Snapdragon 8 Gen 2. Karenanya, masuk akal apabila Samsung sepenuhnya menggunakan chipset Exynos 2200 untuk Galaxy S23 FE.

Kendati demikian, kepastian informasi ini masih perlu menunggu pengumuman resmi dari Samsung. Galaxy S23 FE sendiri dikabarkan akan meluncur pada kuartal tiga atau empat tahun ini.

Sebelumnya, informasi soal HP Samsung ini juga sempat diketahui dari situs badan sertifikasi Tiongkok 3C. Dari informasi tersebut, Galaxy S23 FE dilaporkan memiliki kode nama SM-S7110.

Berdasarkan situs tersebut, smartphone ini akan mendukung fast charging 25W. Kemampuan ini sama seperti dengan laporan yang sudah diungkap sebelumnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bocoran Soal Spesifikasi Lain dari Samsung Galaxy S23 FE

Bocoran lain menyebut smartphone ini akan memiliki layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 120Hz. Untuk dapur pacu, smartphone ini akan dipersenjatai dengan chipset Exynos 2200 yang dipadukan RAM 6GB/8GB dengan ROM 128GB/256GB.

Lalu dari bocoran lainnya, perangkat ini disebut akan memiliki baterai berkapasitas 4.500mAh. Urusan fotografi, Galaxy S23 FE disebut akan memiliki lensa utama 50MP.

Sebelumnya, bocoran soal render smartphone ini juga diungkap oleh OnLeaks. Berdasarkan render tersebut, Galaxy S23 FE ternyata mirip dengan desain smartphone terbaru Samsung yakni Galaxy A54.

Dimensi smartphone ini juga disebut tidak jauh berbeda. Smartphone ini memiliki ukuran 158x76.3x8.2mm, dengan dengan desain layar punch-hole dan memiliki tiga kamera belakang.

3 dari 4 halaman

Informasi Soal Lini Samsung Galaxy FE yang Sempat Absen

Perlu diketahui, seri Samsung Galaxy FE yang terakhir kali diluncurkan adalah Galaxy S21 FE pada Januari 2022. Namun, perusahaan tidak merilis seri berikutnya S22 FE ke pengguna setianya.

Sementara untuk Galaxy S23 FE sendiri sempat dikabarkan bakal dirilis, tetapi beberapa saat kemudian sejumlah pembocor informasi dengan akurasi tinggi mengatakan Galaxy S23 FE tidak akan meluncur tahun ini.

Sayangnya, tidak dapat diketahui secara pasti apakah hal tersebut menandakan Samsung tidak akan melanjutkan seri FE selama-lamanya atau sebatas sementara saja.

Kabar terkini, SamMobile mengklaim Samsung Galaxy S23 FE bakal diluncurkan pada Q4 2023 atau dikisaran bulan Oktober dan Desember 2023.

Menurut situs berita tersebut, HP Android Galaxy S23 FE menggunakan kode model SM-S711x, sejalan dengan model flagship seri-S Samsung baru-baru ini.

Samsung sendiri memang disebut tengah berpikir dua kali untuk kembali merilis Galaxy S FE. Alasannya, ada informasi yang menyebut Galaxy S21 FE tidak diterima sebaik Galaxy S20 FE.

Penerimaan yang kurang baik itu disebut karena performanya yang dianggap kurang baik dan banderol harga yang lebih mahal dari pendahulunya. Hal itu pula yang membuat Samsung tidak merilis Galaxy S22 FE di tahun lalu.

4 dari 4 halaman

Bocoran Terbaru Spesifikasi Galaxy Z Fold 5 Versi Global, Pakai Snapdragon 8 Gen 2 dan Android 13

Di sisi lain, akhir bulan ini Samsung rencananya akan menggelar acara Galaxy Unpacked 2023 di Seoul, Korea Selatan, di mana perusahaan mengungkap kehadiran Galaxy Z Flip 5 dan Galaxy Z Fold 5.

Jelang acara besar tersebut, wajar bila berbagai informasi bocoran tentang ponsel baru Samsung ini mulai ramai beredar di internet. Salah satunya soal spesifikasi Galaxy Z Fold 5.

Terkini, informasi tentang spesifikasi HP Android layar lipat versi global milik Samsung itu sudah muncul di internet via Geekbench.

Mengutip GSM Arena, Selasa (4/7/2023), HP Samsung ini akan menggunakan prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 dipadukan dengan RAM 12GB.

Untuk sistem operasi, ponsel layar lipat Samsung ini akan beroperasi menggunakan OS Android 13 dan dibalut dengan One UI 5.1.

Sebelumnya, sempat beredar pula bocoran informasi tentang spesifikasi Galaxy Z Fold 5 di Geekbench. Akan tetapi, informasi itu adalah untuk model Amerika Utara.

Rencananya, seri penerus Galaxy Z Fold 4 ini akan diumumkan bersamaan dengan Galaxy Z Flip 5 pada ajang Galaxy Unpacked 2023.

Tak hanya smartphone, perusahaan juga disebut-sebut bakal memperkenalkan deretan produk lainnya, mulai dari seri Galaxy Tab S9 hingga Galaxy Watch 6.  

(Dam/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini