Sukses

Pengguna WhatsApp Kini Bisa Transfer Riwayat Chatting ke HP Lain via QR Code

WhatsApp mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna memindahkan riwayat percakapan ke perangkat lain lewat QR code.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp mengumumkan fitur baru untuk memudahkan pengguna memindahkan atau mentransfer riwayat chatting mereka ke perangkat lain. Lewat cara ini, proses pemindahan riwayat percakapan bisa dilakukan lebih privat.

Adapun mengutip informasi dari GSM Arena, Minggu (2/7/2023), fitur pemindahan tersebut ini memanfaatkan kode QR. Jadi, pengguna WhatsApp tinggal memindai QR code di perangkat lama untuk kemudian menyalinnya di perangkat baru.

Proses pemindahan tersebut nantinya akan dilakukan melalui Wi-Fi Direct. "Jika kamu ingin memindahkan obrolan WhatsApp di ponsel baru, kini kamu dapat melakukannya tanpa perlu obrol tersebut meninggalkan perangkatmu," tulis CEO Meta Mark Zuckerberg dalam unggahannya di Facebook.

Meta sebagai induk perusahan WhatsApp juga memastikan riwayat obrolan hanya dibagikan di dua perangkat yang terhubung. Proses pemindahan pun disebut akan sepenuhnya dilindungi dengan sistem enkripsi.

Meski terkesan sederhana, fitur ini jelas membantu pengguna yang ingin memindahkan riwayat obrolan mereka ke perangkat lain dengan lebih mudah. Terlebih, jika riwayat obrolan tersebut cukup besar dan sulit apabila diunggah lebih dulu ke penyimpanan di cloud.

Hanya perlu diingat, fitur ini baru tersedia untuk pengguna WhatsApp versi beta. WhatsApp pun menyebut fitur ini hanya bisa dilakukan di perangkat dengan sistem operasi yang sama, seperti Android ke Android atau iOS ke iOS.

Untuk melakukannya, pengguna tinggal memilih menu Settings yang ada di aplikasi WhatsApp. Setelahnya, pilih Chats, kemudian pilih Transfer Chat untuk mulai melakukan pemindahan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Hubungkan Bisnis Kecil dengan Lebih Banyak Pelanggan Lewat Fitur Baru

Di sisi lain, WhatsApp telah mengumumkan kemampuan baru yang memungkinkan lebih dari 200 juta pengguna WhatsApp Business untuk membuat iklan Facebook dan Instagram tanpa akun Facebook.

WhatsApp juga menghadirkan cara baru bagi bisnis untuk terhubung dengan pelanggan secara lebih efisien.

Buat Iklan yang Mengarahkan ke WhatsApp Tanpa Akun Facebook

Mulai saat ini, berbagai bisnis kecil di seluruh dunia yang menjalankan seluruh operasinya di WhatsApp akan dapat membuat, membeli, dan menayangkan iklan Facebook atau Instagram secara langsung di dalam aplikasi WhatsApp Business.

Artinya, pemilik bisnis yang memakai WhatsApp Business tidak perlu memiliki akun Facebook untuk bisa mengiklankan produknya di Facebook dan Instagram. Adapun yang dibutuhkan bisnis untuk memulai hanyalah alamat email dan bentuk pembayaran.

Ketika seseorang mengeklik iklan, iklan tersebut akan membuka chat di WhatsApp sehingga mereka dapat mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian.

Iklan ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mendorong calon pelanggan mengirim pesan kepada mereka di WhatsApp.

Cara ini akan membuka peluang baru bagi bisnis kecil yang hanya menggunakan WhatsApp dan membutuhkan cara yang lebih sederhana untuk mulai beriklan.

3 dari 4 halaman

Jangkau Lebih Banyak Pelanggan dengan Cepat

Ketika bisnis kecil menemukan pelanggan baru, mereka harus memiliki alat yang dapat membantunya terhubung dengan pelanggan secara cepat dan mudah dalam skala besar.

"Mulai saat ini, kami akan mulai melakukan uji coba fitur baru dalam aplikasi WhatsApp Business, di mana bisnis kecil akan memiliki opsi untuk mengirim pesan yang dipersonalisasi kepada pelanggan mereka—seperti pengingat janji temu, ucapan selamat ulang tahun, atau bahkan informasi tentang diskon musim liburan—dengan cara yang lebih cepat dan efisien," kata pihak WhatsApp.

Ketimbang pemilik bisnis harus mengirimkan pesan yang sama secara manual ke beberapa pelanggan, fitur baru ini akan memberikan kemampuan kepada bisnis untuk mengirimkan pesan pribadi berisi nama pelanggan dan tombol ajakan bertindak yang dapat disesuaikan ke daftar pelanggan tertentu.

Misalnya, pelanggan yang memiliki label khusus (misalnya, "pelanggan VIP" atau "pelanggan baru"), menjadwalkan hari dan waktu pengiriman pesan, dan kemudian melihat efektivitasnya. 

4 dari 4 halaman

WhatsApp Bisnis Rawarkan Jenis Pesan Opsional

WhatsApp akan menawarkan jenis pesan opsional tingkat lanjut ini secara berbayar di aplikasi WhatsApp Business. Detail selengkapnya akan kami bagikan dalam waktu dekat.

Kehadiran fitur dan kemampuan baru di WhatsApp ini merupakan dukungan WhatsApp terhadap bisnis kecil yang jadi detak jantung komunitas lokal.

Diungkapkan oleh Country Director Meta Indonesia, Pieter Lydian, usaha kecil di Indonesia telah menjadi pelopor dalam mengadopsi perangkat digital, guna membawa bisnis mereka ke dalam jaringan.

"Fitur-fitur baru ini akan memberi mereka akses ke alat yang secara tradisional hanya tersedia untuk bisnis besar dan membantu mereka melakukan hal yang paling penting—terhubung dengan pelanggan dan tumbuh,” kata Pieter.

(Dam/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini