Sukses

Samsung Rilis Aplikasi Edit Foto Berbasis AI ke lini Galaxy Premium, Buat Gambar Makin Apik dengan Sekali Tap

Samsung resmi mengumumkan kehadiran aplikasi Galaxy Enhance-X untuk lini perangkat Galaxy Premium yang memudahkan pengguna mengedit foto.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung mengumumkan kehadiran aplikasi edit foto Galaxy Enhance-X ke lini smartphone premium lainnya. Sebelumnya, aplikasi ini hadir dalam versi beta untuk lini Galaxy S23.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (26/6/2023), aplikasi edit foto ini memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi hingga remaster berbagai foto, khususnya untuk mengedit bayangan yang tidak diinginkan, distorsi lensa, atau pencahayaan tidak seimbang yang dapat merusak hasil foto.

Dengan dukungan kecerdasan buatan atau AI, Galaxy Enhance-X memudahkan pengguna untuk bisa mengedit foto sesuai keperluannya dengan lebih mudah, cukup satu kali tap. Pengguna juga bisa mendapatkan fleksibilitas dalam mengedit foto yang diinginkan karena aplikasi ini dibekali sejumlah fungsi yang spesifik.

Salah satunya ada pula fitur Magic yang secara otomatis mengoreksi noise, hingga detail kurang hidup pada gambar untuk meningkatkan kualitas gambar secara signifikan.

Galaxy Enhance-X juga menyediakan tools lain untuk melakukan kustomisasi gambar, seperti fungsi HDR yang mampu menganalisis highlight, shading, kecerahan, dan kontras pada gambar untuk memperluas dynamic range agar foto terlihat lebih cerah tanpa mengurangi detail. dan kualitas.

Selain itu, ada fungsi Upscale yang mampu meningkatkan resolusi gambar berukuran di bawah 1MP hingga empat kali lipat untuk detail yang lebih tajam. Fungsi ini membantu mengoptimalkan kualitas gambar dari media sosial atau aplikasi pesan instan yang biasanya akan dikompres lebih dulu.

Untuk mengedit area tertentu dengan presisi, Samsung juga membekali Galaxy Enhance-X dengan fitur-fitur seperti Fix Moiré dan Remove Shadows. Dengan Fix Moiré, pengguna bisa memperhalus pola distorsi yang kerap muncul saat memotret layar laptop, TV, atau monitor.

Sementara Remove Shadows berfungsi mengisolasi dan menghapus bayangan yang mengganggu di dalam foto untuk hasil gambar yang lebih cerah. Fitur ini sangat berguna karena bayangan selalu bisa masuk ke foto mana pun, bahkan yang diambil di kondisi indoor dengan pencahayaan yang baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Galaxy Enhance-X Mampu Restorasi Foto Lama Tampak Lebih Jernih

Yang menarik, kemampuan aplikasi Galaxy Enhance-X tidak hanya berguna untuk foto yang baru diambil pengguna. Aplikasi ini juga memiliki fungsi Old Photo untuk merestorasi foto lama memanfaatkan AI, sehingga membuatnya tampak lebih jernih.

Aplikasi ini resmi meluncur untuk sejumlah smartphone premium Samsung seperti Galaxy S22 Series, Galaxy S21 Series, Galaxy S20 Series, Galaxy Note20 Series, Galaxy Z Fold4, Galaxy Z Flip4, Galaxy Z Flip3, Galaxy Z Fold2, Galaxy Z Flip 5G, dan Galaxy Galaxy Z Flip LTE.

Ke depannya, aplikasi ini juga akan hadir untuk perangkat Galaxy A Series, Galaxy M Series, dan Galaxy Tablet dalam beberapa waktu mendatang. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Galaxy Store.

3 dari 3 halaman

Samsung Galaxy S23 FE Rilis September 2023 dengan Exynos 2200: Bocoran Harga dan Spesifikasi Lengkap

Di sisi lain, beberapa bulan lalu beredar kabar Samsung akan meluncur di pasaran pada Q4 2023, atau kisaran bulan Oktober dan Desember 2023.

Informasi ini diungkap oleh SamMobile. Terkini, situs tersebut menyebutkan Samsung Galaxy S23 FE akan meluncur lebih awal.

Mengutip SamMobile via GSMArena, Sabtu (17/6/2023), HP Samsung versi murah dari Galaxy S23 itu akan tersedia secara terbatas di negara tertentu pada Q3 (antara Juli-September 2023).

Setelah itu, Samsung baru akan meluncurkan seri Galaxy S23 FE ke negara lainnya pada Q4 2023 dan Q1 2023.

Lalu bagaimana dengan spesifikasi Galaxy S23 FE ini? SamMobile mengklaim, HP Android ini akan menggunakan prosesor Exynos 2200 dengan GPU AMD Xclipse 920.

Berbeda dari Galaxy S21 FE yang menyediakan opsi prosesor Snapdragon atau Exynos--tergantung pasar, Galaxy S23 FE hanya tampil dengan Exynos 2200 di semua wilayah.

Lainnya, HP Samsung terbaru ini akan dilengkapi dengan kamera utama 50MP, baterai 4.500mAh dengan pengisian daya 25W, RAM 6GB/8GB, dan memori 128GB/256GB.

Dalam hal harga, seri Galaxy S23 dibanderol mulai dari USD 799 jual sekitar Rp 12 juta. Agar lini FE ini lebih menarik dari model lainnya, besar kemungkinan Samsung akan menjual ponsel ini dengan harga lebih terjangkau.

Diprediksi, harga Galaxy S23 FE mulai dijual mulai dari USD 599 atau Rp 9 jutaan. Perlu diketahui, harga ini masih sebatas prediksi.

(Dam/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.