Sukses

Anthony Sinisuka Ginting Satu-satunya Wakil Indonesia di Semifinal Singapore Open 2023, Warganet: Alhamdulillah Kita Punya Ginting

 

Liputan6.com, Jakarta - Anthony Sinisuka Ginting jadi satu-satunya wakil Indonesia yang melaju ke semifinal turnamen badminton BWF super series Singapore Open 2023. Ia melaju ke babak semifinal usai mengalahkan tunggal putra Tiongkok Li Shi Feng, kemarin Jumat (9/6/2023).

Ginting melaju ke semifinal Singapore Open 2023 setelah mengalahkan Li Shi Feng dalam laga 62 menit, dengan skor 21-13, 16-21, dan 21-12.

Kemenangannya atas Li Shi Feng ini membuat  Anthony Sinisuka Ginting satu-satunya wakil Indonesia di semifinal Singapore Open 2023.

Wakil Indonesia lainnya yang sebelumnya berkesempatan melaju ke semifinal Singapore Open 2023 adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Namun, perjuangan mereka harus terhenti di babak perempat final setelah takluk dari wakil Malaysia Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan dalam rubber game 18-21, 21-16, dan 22-20.

Anthony Sinisuka Ginting yang menjadi satu-satunya wakil Indonesia di Singapore Open 2023 pun menuai perhatian pecinta badminton dan warganet Tanah Air. Pasalnya, dari sekian banyak wakil Indonesia yang berlaga di Singapore Open 2023, hanya Ginting yang melaju ke semifinal.

Pertandingan semifinal Singapore Open 2023 pun bakal digelar hari ini, Sabtu (10/6/2023) dan Ginting akan berlaga melawan tunggal Thailand, Kunlavut Vitidsarn.

Sementara, semifinal tunggal putra lain di Singapore Open 2023 akan mempertemukan wakil Jepang Kodai Naraoka dan Anders Antonsen dari Denmark.

Nantinya masing-masing pemenang semifinal akan bertemu di babak final yang digelar di Singapore Indoor Stadium, Minggu 11 Juni 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Respon Warganet Saat Ginting Satu-satunya Wakil Indonesia di Semifinal Singapore Open 2023

Dukungan dan sukacita warganet dan pecinta badminton di Indonesia setelah kemenangan Anthony Sinisuka Ginting atas Li Shi Feng terus mengalir. Pasalnya, kemenangan ini mengantarkan Ginting jadi satu-satunya wakil Indonesia di semifinal Singapore Open 2023. 

Nama Ginting sempat menjadi trending topic Twitter. Apalagi, warganet dan para pecinta bulutangkis turut mengelu-elukan permainan Ginting. Ada pula di antara mereka yang menyebut Ginting adalah pemuda harapan bangsa, di antara para pemain lain yang telah tumbang di Singapore Open 2023.  

"The one & only, pemuda harapan nusa bangsa di Singapore Open 2023, Ginting!!" kicau pemilik akun @Doe***.

"The Real kita punya Ginting," kicau @rys, turut membanggakan Ginting.

"Terima kasih Ting yang sudah menghibur jiwa-jiwa yang sedang frustasi ini. Untung set ketiga kembali waras dan bola-bola nettingnya lagi enak banget. Bismillah, sehat-sehat Ginting," kata @aza***.

"Ginting the last man standing," kicau @per*** sembari mengunggah cuplikan video kemenangan Ginting di Twitter.

Warganet lain mengunggah cuitan kocak dan menyebut wakil Indonesia di Semifinal Singapore Open 2023 bukan hanya Ginting. "Alhamdulillah ada juga 2 wakil Indonesia di semifinal besok. Ginting & Karim Family Foundation (sponsor utama)," kata akun @5ud***.

3 dari 4 halaman

Semoga Jadi Sang Juara Bertahan

Sadar bahwa Ginting berhasil melaju hingga semifinal, seorang warganet bersyukur karena hari Sabtu, 10 Juni 2023 masih ada tontonan turnamen bulutangkis.

"Alhamdulillah sabtu masih ada tontonan. Semoga sampe minggu (final) ya Ting," kicau @zoe***.

Pecinta badminton lain dengan akun @Han*** berharap Ginting bisa menang semifinal dan melaju ke final serta jadi juara untuk mempertahankan gelar.

"Sang juara bertahan menjadi satu-satunya wakil Indonesia di semifinal Singapore Open Super 750. Semoga Ginting mampu lolos ke final untuk mempertahankan gelar. Semangat!" katanya.

Cetak Sejarah

Sementara itu, ada fakta unik mengenai kemenangan Anthony Sinisuka Ginting di babak perempat final Singapore Open 2023. 

Berdasarkan cuitan komentator badminton BWF sekaligus mantan pemain badminton Inggris, Gill Clark, Anthony Sinisuka Ginting telah mencetak sekeping sejarah, mengingat Ginting merupakan juara di Singapore Open 2022.

"Juara bertahan Anthony Sinisuka Ginting berupaya membuat sekeping sejarah hari ini di Singapore Open 2023. Jika ia menang semifinal, dia akan jadi tunggal putra pertama di dunia yang mencapai tiga kali final di Singapore Open," kicau Gill Clark.

 

 

4 dari 4 halaman

Dukungan Warganet untuk Ginting di Semifinal Singapore Open 2023

Warganet juga terus menyemangati pebulu tangkis kelahiran 20 Oktober 1996 ini agar bisa memenangkan pertandingan semifinal dan mendapatkan satu tiket ke final Singapore Open 2023.

"Ting, selamat banyak-banyak. Sampai hari Minggu (final) dan juara ya," kicau pengguna dengan akun @ind*** lengkap dengan tagar KitaPunyaGinting.

"Semoga bisa nonton sampai hari Minggu. Semangat Ginting," kata @cof***.

"Sangat diharapkan Ginting sampe final pake jersey navy," kicau @syu***.

Akun pecinta bulutangkis @badminton_talk pun mengucapkan "Terima kasih Ginting!" karena telah berhasil melaju ke final Singapore Open 2023.

Sementara itu, dalam wawancara usai pertandingan perempat final melawan Li Shi Feng, Ginting menyebut dirinya seperti main di Jakarta lantaran banyak pecinta bulutangkis di Singapura yang mendukungnya.

"Saya seperti main di Jakarta. Banyak orang yang datang mendukung saya, Singapura adalah salah satu kota favorit saya di tour," kata Ginting, sebagaimana dikutip dari Twitter @ainurrohman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.