Sukses

NVIDIA Perkenalkan Model AI Baru Neuralangelo, Bisa Membuat Objek 3D dari Video 2D

Neuralangelo mengadopsi teknologi Instant NeRF untuk dapat menangkap detail yang lebih halus dan akurat dari objek yang akan dibuat.

Liputan6.com, Jakarta - NVIDIA memperkenalkan model kecerdasan buatan terbarunya, bernama Neuralangelo. Uniknya, model AI ini mampu membuat replika objek 3D (tiga dimensi) berdasarkan video 2D (dua dimensi).

"Neuralangelo adalah model AI untuk merekonstruksi permukaan dengan ketelitian tinggi," tulis perusahaan dalam video perkenalan model barunya.

Adapun cara kerja Neuralangelo adalah dengan memilih beberapa frame dalam video 2D yang menampilkan objek dari beberapa sudut berbeda. 

Berdasarkan rangkaian frame tersebut, diperoleh gambaran yang jelas tentang kedalaman, ukuran, dan bentuk objek. 

Selanjutnya, model AI akan membuat representasi 3D kasar dari objek tersebut, sebelum mengoptimalkannya untuk meniru detail benda asli. 

Menurut NVIDIA, Neuralangelo mengadopsi teknologi Instant NeRF untuk dapat menangkap detail halus dan akurat dari objek yang akan dibuat. Detail tersebut mencakup tekstur, pola, dan variasi warna, seperti dikutip dari Engadget, Minggu (4/6/2023).

NVIDIA mengatakan, kemampuan model AI barunya dalam mengerjakan detail yang rumit telah melampaui metode sebelumnya. Alat ini pun diklaim mampu menyelesaikan proses pengerjaan dalam waktu dua jam. 

Canggihnya lagi, teknologi ini juga memungkinkan pengguna membuat kreasi 3D untuk proyek mereka berdasarkan video yang direkam dengan kamera smartphone.

Lebih lanjut, salah satu penulis deskripsi Neuralangelo, Ming-Yu Liu, mengatakan bahwa para developer dapat memasukkan objek yang detail, baik patung kecil atau bangunan besar, ke dalam lingkungan virtual untuk kebutuhan video game atau industri digital.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mampu Mereplikasi Pemandangan Besar dari Rekaman Drone

Dalam video perkenalannya, Neuralangelo disebut mampu mereplikasi pemandangan skala besar hanya dari rekaman drone. Hal ini akan memudahkan pengembang untuk mereplikasi lokasi nyata ke dalam game mereka. 

Nantinya, teknologi ini pun diharapkan dapat diimplementasikan di lebih banyak bidang, mulai dari pengembangan robot, realitas virtual, arsitektur, dan seni.

Merujuk jadwal yang telah ditentukan, unit penelitian NVIDIA akan menghadirkan Neuralangelo di acara Conference on Computer Vision and Pattern Recognition yang berlangsung pada tanggal 18 hingga 22 Juni mendatang di Vancouver, Kanada.

3 dari 4 halaman

AI Generatif Baru Nvidia Bikin Gamer Bisa Bicara dengan NPC Secara Lebih Natural

Di sisi lain, penerapan AI generatif oleh NVIDIA juga dilakukan pada sektor game. Baru-baru ini, NVIDIA memperkenalkan teknologi AI yang memungkinkan pemain game dapat berbicara lebih natural dengan non-playable character (NPC).

Dengan teknologi yang bernama Avatar Cloud Engine (ACE) ini, gamer juga disebut bakal bisa menerima respon yang sesuai saat berdialog dengan NPC.

Mengutip situs resmi Nvidia, Kamis (1/6/2023), Nvidia ACE for Games adalah layanan penyematan model AI khusus yang menghadirkan kecerdasan ke karakter NPC, melalui interaksi bahasa alami yang didukung AI.

Para pengembang pun akan bisa memanfaatkan ACE for Games, untuk membuat dan menerapkan model ucapan, percakapan, dan animasi yang disesuaikan AI, dalam perangkat lunak dan gim mereka.

4 dari 4 halaman

Gunakan Sejumlah Teknologi Nvidia

Teknologi AI generatif ini dipamerkan dalam keynote Computex 2023 beberapa waktu lalu, melalui demo bernama Kairos, di mana berisi karakter yang bisa dimainkan dapat bicara dengan seorang NPC bernama Jin.

Untuk demo ini, Nvidia menggandeng Convai, startup Nvidia Inception. Convai, yang berfokus pada pengembangan AI percakapan mutakhir untuk dunia game virtual, mengintegrasikan modul ACE ke dalam platform avatar real-time end-to-end.

Digunakan juga alat speech recognition dan speech-to-text yang disebut Riva, serta Omniverse Audio2Face Nvidia, "untuk secara instan membuat animasi wajah ekspresif dari karakter permainan agar sesuai dengan trek ucapan apa pun."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.