Sukses

Viral Video Emirates Airbus A380 Mendarat di Bali, Warganet Sibuk Bandingkan Ukurannya dengan Pesawat Lain

Liputan6.com, Jakarta - Pesawat angkut penumpang terbesar di dunia milik Emirates jenis Airbus A380-800, mendarat perdana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Kamis 1 Juni 2023.

Pesawat ini mampu mengangkut 615 penumpang, memiliki tangga di dalam pesawat, hingga sejumlah fasilitas. Misalnya shower spa bagi mereka yang duduk di penerbangan kelas utama.

Pada armada Emirates Airbus A380 juga terdapat lounge yang jadi tempat bagi para penumpang menikmati minuman dan makanan ringan, selagi berbagi cerita di meja, bar, dan bersantai di sofa. Terdapat pula fasilitas hiburan dan wifi di pesawat jenis ini.

Di mana, fasilitas-fasilitas tersebut biasanya tidak ditemukan pada tipe pesawat lainnya, mengingat ukuran bodinya yang jauh lebih kecil.

Saat Emirates A380 ini mendarat di bandara Ngurah Rai Bali, video-video pendaratan pesawat penumpang terbesar di dunia ini beredar di dunia maya. Salah satunya saat warganet fokus memperbandingkan ukuran Airbus A30 milik Emirates dengan pesawat penumpang lainnya.

"Lihat betapa kecilnya pesawat lain di samping Airbus A380-800," kicau pengguna dengan akun Twitter @Muhakbar_p sembari menyematkan video yang memperlihatkan perbandingan ukuran pesawat lain dibandingkan pesawat Emirates tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini

2 dari 4 halaman

Kayak Bapak dan Anak dengan Pesawat yang Lebih Kecil

Warganet lain menuliskan, "Pesawat lokal ga ada separuhnya Airbus A380 punyanya Emirates." Ia juga menambahkan dengan emoji terkejut.

Ada pula warganet lain yang menceritakan kisahnya yang sudah pernah naik pesawat jenis Airbus A380-800 ini. "Sudah pernah naik pesawat ini, Airbus A300-800 dari Dubai ke Madina, emang bener-bener mantep gede, lantai 2 ada jacuzzi-nya," kicau @ras***.

Warganet lain malah menyebut, dibandingkan pesawat lain yang lebih kecil misalnya Boeing 737, tampilannya seperti bapak dengan anaknya.

"Gede juga ya Airbus A380, itu kaya bapak sama anak," kicau @dwi***.

Warganet lain juga menyebut Emirates Airbus A380-800 sangat besar. Ia bertanya-tanya apakah pesawat jenis ini bisa mendarat di Bandara Radin Inten II di Lampung.

 

3 dari 4 halaman

Pesawat Penumpang Terbesar di Dunia Mendarat di Bali

Sekadar, pesawat A380 milik Emirates yang merupakan pesawat terbesar di dunia mendarat perdana di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali pada Kamis, 1 Juni 2023. Pesawat tersebut membawa penumpang 615 wisatawan dari berbagai negara.

Gubernur Bali I Wayan Koster menuturkan, penerbangan bersejarah ini karena baru pertama kali dan menandakan Bali khususnya dan Indonesia umumnya tetap menjadi tujuan wisatawan mancanegara untuk berlibur.

‚ÄúSaya berharap maskapai lain juga mengangkut wisatawan dengan pesawat berbadan lebar,‚ÄĚ ujar dia, dikutip dari¬†Antara, Jumat (2/6/2023).

Selain itu, Pemerintah Daerah Bali juga berterima kasih kepada manajemen Emirates yang telah memakai pesawat berbadan lebar itu ke Bali untuk mengangkut penumpang dan berbagai maskapai berkelas internasional. Emirates selama ini sudah mengangkut wisatawan dari Dubai, Uni Emirat Arab ke Bali.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Penerbangan Emirates di Indonesia

Dikutip dari keterangan tertulis, Emirates Country Manager untuk Indonesia, Mohammad Al Attar menuturkan, penerbangan pesawat A380 ke Denpasar akan memberikan kontribusi signifikan dalam melayani peningkatan permintaan pelanggan.

‚ÄúKami senang dapat mencapai tonggak sejarah ini yang akan memperkuat operasi kami di Indonesia, serta rencana komersial di masa depan untuk pasar Indonesia,‚ÄĚ ujar dia Al Attar.

Adapun Emirates pertama kali meluncurkan layanan harian nonstop dari Dubai ke Bali pada 2015, menambahkan frekuensi penerbangan komersil ke Jakarta yang sudah dimulai sejak 1992.

Emirates saat ini melayani rute ke Indonesia dengan 28 penerbangan mingguan ke Bali dan Jakarta. Selain itu, meningkatkan konektivitas ke 29 kota domestik lainnya melalui dua kesepakatan kerja sama dengan Garuda Indonesia dan Batik Air.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini