Sukses

AI dan Keharmonisan Desain Jadi Fokus Utama LG di Indonesia pada 2023

Penerapan desain yang mengedepankan harmonisasi dengan ruang dan perluasan adopsi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) menjadi fokus LG Electronics Indonesia dalam meningkatkan kenyamanan pengguna.

Liputan6.com, Jakarta - Penerapan desain yang mengedepankan harmonisasi dengan ruang dan perluasan adopsi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) menjadi fokus LG Electronics Indonesia dalam meningkatkan kenyamanan pengguna.

“Dengan mendengarkan suara konsumen sebagai basis pengembangan produk, kehadiran mereka menjadi solusi pada penciptaan interaksi lebih baik dengan pengguna bagi peningkatan keseluruhan tata interior rumah,” kata Presiden of LG Electronics Indonesia, Lee Tae-Jin, melalui keterangan resminya, Senin (22/5/2023).

Dari sisi kebutuhan pusat hiburan di ruang keluarga, LG membawa varian baru OLED TV sebagai kasta tertinggi koleksi TV.

Terhitung genap 10 tahun sejak awal diperkenalkan, varian baru ini mewakili inovasi terkini dengan berbagai penyempurnaan pada kecerahan dan akurasi warna melalui reproduksi warna hitam sempurna dan rasio kontras tak terhingga.

Dinamai LG C3 OLED evo, kolaborasi inovasi visual dan audio membawa model terbaru OLED TV LG ini pada keseimbangan yang memberikan pengalaman sinematik dalam rumah.

Pusat pengembangannya ada pada prosesor berbasis AI terbaru LG yaitu Prosesor AI a9 Gen6 yang membawa dua bagian teknologi utama, AI Picture Pro bagi visual, dan AI Sound Pro khusus untuk peningkatan audio.

“Dukungan AI membuat LG C3 OLED evo mampu menghasilkan kualitas gambar dan suara istimewa,” klaim Lee Tae Jin.

Berbeda dengan TV yang memanfaatkan AI lebih pada segmen premium, inovasi LG pada mesin cuci justru dilakukan dengan lebih memperluasnya pada model top loading (mesin cuci bukaan atas), yang sebelumnya hanya dapat ditemukan pada varian front loading (mesin cuci bukaan depan).

Sematan teknologi AI pada mesin cuci top loading memberinya kemampuan lebih dalam pemeliharaan performa pakaian. Tak hanya menyandarkan kerja pencucian dengan pengenalan berat keseluruhan cucian, adopsi teknologi AI pada mesin cuci ini membuatnya mampu mendeteksi karakter material pakaian termasuk tingkat kelembutannya.

Berbekal keseluruhan data ini, mesin cuci top loading dengan AI akan menentukan siklus cuci paling optimal sehingga tak merusak dan mempertahankan performa bahan pakaian lebih lama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Teknologi AI di Mesin Cuci, Buat Apa?

Sejumlah perusahaan penyedia elektronik rumah tangga berlomba-lomba membenamkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di perangkatnya.

Saat ini, AI bahkan menjadi selling point utama yang ditawarkan. Salah satu raksasa teknologi yang saat ini fokus dengan AI adalah LG Electronics.

Mereka sendiri bukanlah pemain baru di industri kecerdasan buatan, sehingga AI yang diadopsi kian matang. LG meluncurkan sejumlah smart home appliances yang memungkinkan pengguna melakukan lebih banyak kendali.

Terbaru, LG Electronics Indonesia merilis mesin cuci dan pengering pakaian berbasis AI bernama LG WashTower di Indonesia.

“Dengan bentuk unik bertumpuk dan dukungan AI, kehadiran solusi pencucian pakaian ini menjadikannya yang pertama hadir di Indonesia dari jenisnya,” ujar President of LG Electronics Indonesia, Lee Tae-Jin, Jumat (8/4/2023) di Jakarta.

Terkait AI, teknologi utama pada LG WashTower adalah Artificial Intelligence Direct Drive (AI DD). Product Marketing Washing Machine for LG Electronics Indonesia, Lenka Peruba, menjelaskan dengan AI, mesin cuci bisa mengidentifikasi pola pencucian dan kebiasaan pengguna.

"Misalnya, mesin cuci bisa mengenali jenis pakaian yang masuk di dalam drum mesin cuci sehingga proses pencucian menjadi lebih optimal," ujar Lenka.

Ia memaparkan, AI DD juga memiliki kemampuan menyimpan dan memproses puluhan ribu data terkait optimasi pencucian dan memanfaatkan deep learning dengan berbagai sensor di dalamnya.

"Mesin cuci ini memiliki kemampuan identifikasi pola pencucian yang bisa menyesuaikan ragam material pakaian. Penyesuaian ini termasuk gerak drum pencucian, suhu air, dan waktu pencucian," ucapnya menambahkan.

3 dari 4 halaman

Beragam Fitur Canggih LG WashTower

Kesan canggih lainnya datang dengan kelengkapan panel kendali Center Control yang diletakkan tepat di antara keduanya (mesin cuci dan pengering pakaian).

Center Control ini menjadi kendali untuk menjalankan berbagai fungsi dari masing-masing perangkat secara keseluruhan. Baik kegiatan pencucian maupun proses pen-geringan pakaian, pengguna dapat dengan nyaman mengendalikannya hanya melalui satu panel yang terintegrasi.

Ada pula fitur Smart Pairing untuk keterjalinan kerja antara mesin cuci dan mesin pengering pakaian. Mengaktifkannya membuat mesin pengering akan otomatis membuat pilihan proses pengeringan paling tepat sesuai kebutuhan pencucian sebelumnya.

LG juga menyematkan fitur TurboWash 360 pada bagian mesin cucinya dan Prepare To Dry di dalam mesin pengering pakaian pada LG WashTower.

Mengaktifkan TurboWash 360 akan mempersingkat waktu pencucian pakaian berkat kolaborasi gerak drum dan beberapa saluran air yang menyemburkan air bertekanan tinggi untuk melepaskan noda melekat sekaligus membuat deterjen mampu menembus serat pakaian lebih baik.

Sementara untuk menyingkat waktu pengeringannya, mengaktifkan fitur Prepare to Dry akan memicu mesin pengering pakaian untuk meningkatkan suhu air dalam mesin lebih awal sehingga lebih cepat dalam keseluruhan proses pengeringan pakaian.

4 dari 4 halaman

Infografis Dugaan Banyak Crazy Rich di Pusaran Cuci Uang Investasi Bodong. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.