Sukses

4 Cara Cek IMEI iPhone Ini Wajib Kamu Ketahui

IMEI adalah kombinasi 15 digit angka berbeda dan dapat ditemukan dengan mudah menempel di perangkat ponsel. Berikut ini adalah 4 cara cek IMEI iPhone yang wajib kamu ketahui.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengguna ponsel pasti sudah tidak asing lagi dengan International Mobile Equipment Identity atau sering disingkat IMEI.

Bagi Anda yang penasaran, IMEI adalah kombinasi 15 digit angka berbeda dan dapat ditemukan dengan mudah menempel di perangkat ponsel, entah itu di boks atau stiker di bodi smartphone.

Adapun IMEI sendiri adalah nomor identitas yang tercantum pada HP Android atau iPhone yang berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat tersebut.

Lainnya, IMEI ini juga berfungsi untuk mencegah bila smartphone dicuri. Jika ponsel bisa diidentifikasi, pencuri tidak bisa memakai kartu SIM apa pun di HP Android atau iPhone tersebut.

Ini karena nomor IMEI iPhone atau Android sudah terhubung secara langsung dengan nomor ponsel yang didaftarkan ke operator oleh pengguna. Ketika operator memblokir nomor IMEI iPhone yang dicuri, ponsel tak bisa dihubungkan dengan nomor lain.

Lalu bagaimana cara cek IMEI iPhone? Biasanya, Anda dapat menemukan ke-15 digit tersebut di boks penjualan. Akan tetapi, ada baiknya untuk memastikan nomor di boks sama dengan IMEI di iPhone.

Berikut ini cara cek IMEI iPhone:

1. Menu USSD

Salah satu cara paling mudah dan cepat adalah dengan menekan tombol *#06# di keypad telepon iPhone Anda.

2. Cek via Setting atau Pengaturan

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk mengecek IMEI iPhone adalah dengan buka menu Pengaturan (Setting) pilih Umum (General) dan ketuk Mengenai (About).

Cari nomor serinya, pengguna mungkin perlu menggulir ke bawah untuk menemukan IMEI/ MEID dan ICCID.

Untuk menempelkan informasi ini ke formulir pendaftaran atau dukungan Apple, sentuh dan tahan nomor yang akan disalin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Cek di SIM Card Tray

Cara cek IMEI iPhone melalui SIM Card Tray (Foto: Apple Support).

Jika kamu tidak bisa membuka menu Pengaturan, IMEI bisa ditemukan di SIM Card Tray iPhone kamu.

iPhone yang nomor IMEI-nya tercantum di SIM Card Tray adalah dari iPhone 6s Plus hingga iPhone 13 series.

Untuk iPhone 5 hingga iPhone 6, nomor IMEI bisa ditemukan di bodi belakang perangkat, tepatnya di bawah tulisan iPhone.

4. Cek IMEI iPhone dari PC

  • Buka situs resmi Apple ID melalui browser kamu
  • Masuk menggunakan Apple ID yang digunakan pada perangkat iPhone
  • Gulir ke bawah ke bagian Perangkat (Device). Untuk melihat nomor seri dan IMEI/ MEID, pilih perangkat.
  • Bila pengguna memiliki perangkat lain dengan iOS 10.3 atau versi lebih baru, di perangkat itu buka Pengaturan > (Nama Kamu). Gulir ke bawah untuk melihat perangkat yang masuk dengan Apple ID Kamu.

Untuk melihat nomor seri dan IMEI/MEID, ketuk nama perangkat.

3 dari 4 halaman

Peluncuran iPhone 15 Terancam Ditunda Gegara Stok Kamera 48MP Terbatas

Gambar render iPhone 15 Pro menunjukkan varian warna merah tua (9to5mac)

Apple dijadwalkan bakal meluncurkan lini iPhone 15 pada kisaran September 2023. Akan tetapi, rilis penerus iPhone 14 series itu kemungkinan bakal molor dari jadwal biasanya.

Hal ini gara-gara terjadi masalah dalam ketersediaan atau stok sensor kamera utama untuk iPhone 15. Diketahui, Apple disebutkan akan memasang lensa 48MP--dari iPhone 14 Pro dan Pro Max--ke dalam model iPhone 15 versi standar.

"Apple bakal menghadapi tantangan dalam pasokan komponen kamera tertentu, sehingga menyebabkan peluncuran ponsel tersebut ditunda," ucap analis Jeff Pu, sebagaimana dikutip dari Gizchina, Selasa (16/5/20230.

Pu juga menyatakan kurang optimis tentang perilisian iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Dia menjelaskan, "Apple dapat menghadapi tantangan dalam memasok sensor 48MP sesuai jadwal."

Diharapkan, kedua iPhone 15 tersebut bakal diluncurkan bersamaan dengan iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max pada September 2023 mendatang.

4 dari 4 halaman

iPhone 15 Tampil dengan Beberapa Peningkatan

Foto yang digadang-gadang merupakan konsep desain iPhone 15 Ultra (Foto: GSM Arena/ Twitter Jonas Daehnert @PhoneDesign).

Berdasarkan informasi yang beredar di internet, seri iPhone 15 akan hadir dengan peningkatan signifikan dalam komponen kameranya jika dibandingkan dengan iPhone 14.

Salah satu yang paling terlihat jelas adalah dengan model iPhone 15 Ultra. Seri ini disebut-sebut hadir dengan lensa telefoto periskopik, dengan kemampuan zoom optik hingga 10x.

Kabarnya, semua ponsel iPhone 15 mungkin memiliki zoom periskopik dengan kemampuan zoom hingga dua kali lipat. Apple juga melengkapi ponsel ini dengan sensor baru Sony.

Disebutkan, sensor baru buatan Sony ini bakal meningkatkan lensa kamera untuk menangkap lebih banyak cahaya saat malam hari yang menjadi masalah deretan iPhone saat ini.

(Ysl/Tin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini