Sukses

Erajaya Digital Gelar Turnamen Esports Mobile Legends, Total Hadiah Rp 200 Juta

Erafone Mobile Legends National Tournament 2023 digelar di delapan kota, dengan total hadiah senilai hingga Rp 200 juta

Liputan6.com, Jakarta - Erajaya Digital bekerja sama dengan Moonton Games menggelar turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB), Erafone Mobile Legends National Tournament 2023.

Digelar di delapan kota di Indonesia, para tim peserta yang mengikuti pertandingan esports ini memperebutkan berbagai hadiah dengan total nilai Rp 200 juta.

Mengutip siaran persnya, Senin (21/5/2023), Erafone Mobile Legends National Tournament 2023 sudah digelar sejak tanggal 14 Mei yang lalu, dengan Regional Stage di Malang.

Di sana, empat tim yang menjadi juara pertama hingga empat, berhak lolos ke babak selanjutnya. Mereka adalah Kylo, Multiverse.co.id, Multiverse MP, dan Acid Blue.

Tahap Regional Stage masih akan berlanjut ke tujuh kota lainnya yaitu Denpasar, Makassar, Balikpapan, Banten, Bandung, Palembang dan Medan dari bulan Mei sampai September.

Tim Mobile Legends yang juara di Regional Stage, kemudian akan berlaga di Final Stage pada Oktober 2023.

Adapun, total hadiah yang diperebutkan dalam turnamen nasional ini mencapai Rp 200 juta, yang terdiri dari uang tunai dan smartphone untuk setiap pemenang.

Penggemar esports MLBB juga dapat menyaksikan turnamen ini di kanal YouTube Erafone, serta berkesempatan memenangkan giveaway beberapa skin permanen, skin fragments dan in-game items lainnya dengan total nilai lebih dari 100.000 diamonds.

"Peminatan bermain online game terus bertumbuh pesat, dan seperti dilaporkan oleh We Are Social 2023, 90 persen responden bermain game menggunakan smartphone atau perangkat mobile lain," kata Joy Wahyudi, CEO Erajaya Digital dalam siaran pers.

Joy mengatakan, lewat turnamen ini, Erajaya Digital juga ingin turut andil dalam pertumbuhan industri esports Tanah Air.

"Terlebih baru-baru ini Indonesia meraih prestasi sebagai juara umum cabang cabang esports pada ajang SEA Games 2023 Kamboja," kata Joy menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Indonesia Juara Umum Esports SEA Games 2023

Sebelumnya Indonesia sukses meraih posisi tertinggi dalam cabang olahraga esports SEA Games ke-32 di Kamboja.

Penentuan juara umum esports ini berlangsung dramatis, karena ada negara lain berpeluang menjadi juara umum selain Indonesia, yaitu Kamboja dan Filipina.

Akan tetapi, kepastian Indonesia sebagai juara umum SEA Games 2023 baru diraih saat pertandingan atlet PUBG Mobile kategori Solo selesai. Pada pertandingan ini, Alan Kumaseh sukses meraih medali perak untuk Merah Putih.

Ini bukan pertama kalinya Alan "Satar" Raynold Kumaseh menyumbangkan medali perak dari cabor esports PUBG Mobile. Sebelumnya pada individual event SEA Games 2021, Alan juga menyumbangkan sebuah medali perak.

Dengan medali tersebut, Indonesia berhasil mengumpulkan 3 emas dari nomor Valorant, MLBB Women, dan PUBG Mobile kategori Team, serta 2 perak dari nomor CrossFire dan PUBGM Solo.

3 dari 3 halaman

Prestasi Membanggakan di SEA Games 2023

Sementara itu, tuan rumah Kamboja berada di posisi kedua dengan total raihan medali 3 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Filipina harus puas di tempat ketiga dengan raihan 2 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Sekjen PB ESI, Frengky Ong, mengatakan, "Prestasi ini sangat membanggakan. Di tengah persaingan semakin ketat di Asia Tenggara, Indonesia sekali lagi masih membuktikan sebagai negara terkuat di kawasan."

Prestasi sebagai juara umum di turnamen antar bangsa dapat diwujudkan secara berurutan setelah pada Kejuaraan Dunia Esports IESF di Bali Desember 2022 lalu, di mana Indonesia juga sukses menjadi juara umum.

Sekjen PB ESI juga menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para atlet telah berjuang sekuat tenaga, mengorbankan waktu dan kepentingan pribadi guna fokus mempersembahkan kemampuan terbaik untuk Indonesia di SEA Games ke-32 Kamboja 2023 ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.