Sukses

Profil Menkominfo Johnny G. Plate yang Ditetapkan Sebagai Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan BTS 4G

Profil Menkominfo Johnny G. Plate yang baru saja ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan BTS 4G BAKTI Kominfo.

Liputan6.com, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pengadaan BTS 4G BAKTI Kominfo.

Johnny G. Plate ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh Kejaksaan Agung (Kejagung). Mengenakan rompi pink dan tangan diborgol, Johnny G. Plate terlihat diarak masuk ke mobil tahanan oleh penyidik Kejagung, pada Rabu (17/5/2023).

Sekadar informasi, Johnny G. Plate adalah Menkominfo di Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Ia ditunjuk sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) oleh Presiden Jokowi pada Rabu, 23 Oktober 2019.

Sebelumnya, saat bertemu Presiden Jokowi, dia memang mengatakan akan mengemban tanggung jawab di bidang yang berkaitan dengan startup dan pengembangan digitalisasi.

"Berhubungan dengan startup dan pengembangan digitalisasi, dan regulasi yang berhubungan dengan perlindungan data pribadi," tuturnya pada awak media.

Isu mengenai startup dan perlidungan data pribadi menjadi tanggung jawab Kemkominfo. Johnnya sendiri merupakan politikus ketiga dari Partai Nasdem yang bergabung dalam Kabinet Indonesia Maju.

Sosok  Menkominfo Johnny G. Plate dikenal sebagai seorang politisi dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Di partai Nasdem, Johnny G. Plate menjabat sebagai Sekretaris Jenderal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebelum Jadi Anggota DPR, Johnny Berkecimpung di Bidang Bisnis

Selain itu, sebelumnya Menkominfo Johnny G. Plate juga menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Mengutip laman Kominfo.go.id, Johnny G. Plate menjabat sebagai Anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem pada 2018-2019.

Di DPR RI, Johnny G. Plate duduk di Komisi XI yang membidangi keuangan, perencanaan, pembangunan, dan perbankan.

Sebelum di Nasdem, pria berusia 63 tahun ini bergabung ke Partai Kesatuan Demokrasi Indonesia (PKDI).

Johnny G. Plate yang lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi Bisnis Manajemen, Unika Atmajaya Jakarta ini sebelum aktif di karier politik merupakan orang yang berkecimpung di bidang bisnis. Johnny memulai bisnisnya pada awal 1980-an, yang bergerak di bidang alat-alat perkebunan.

 

3 dari 3 halaman

Deretan Jabatan Komisaris dan Direktur yang Diemban Johnny G. Plate Sebelum Jadi Menkominfo

Karier bisnisnya pada 2005 ia menjabat sebagai Komisaris PT TJB Power Services. Pada tahun itu pula, Johnny G Plate juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Aryan Indonesia dan Komisaris di PT Airasia.

Pada 2007, pria kelahiran Ruteng, Nusa Tenggara Timur, 10 September 1956 ini menjabat sebagai Komisaris PT Mandosawo Putratama. Lalu pada 2008, ia menjadi Direktur Utama PT Gajendra Adhi Sakti.

Pada tahun yag sama, ia menjadi Group CEO di PT Bima Palma Nugraha dan di 2012, ia menjadi Direktur Utama PT Airasia Mitra Investama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.