Sukses

BRIN Beri Penghargaan ke 12 Periset Berprestasi di Ulang Tahun yang Kedua, Siapa Saja?

Memasuki usianya yang kedua, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan penghargaan kepada 12 periset berprestasi. Berikut ini daftarnya...

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki usianya yang kedua, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan penghargaan kepada 12 periset berprestasi.

Selain itu, BRIN juga memberikan penghargaan kepada periset yang memiliki Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dengan capaian nilai royalti tertinggi pada 2022.

Plt. Deputi Bidang SDM Iptek BRIN, Edy Giri Rachman Putra, mengatakan Penghargaan Periset BRIN Tahun 2023 merupakan penghargaan yang diberikan kepada para periset dengan capaian output tertinggi.

Antara lain meliputi Hasil Kerja Minimal (HKM), Keluaran Kinerja Minimal (KKM), dan rekam jejak risetnya yang berada di masing-masing Pusat Riset.

“Capaian output tertinggi dihitung dengan akumulasi luaran selama setahun pada 2022,” Edy menjelaskan, melalui keterangan resminya, Sabtu (6/5/2023).

Edy menambahkan, Penghargaan Periset BRIN diselenggarakan setiap tahun sebagai rangkaian HUT BRIN.

“BRIN merasa perlu memberikan penghargaan tertinggi secara berkelanjutan kepada periset di lingkungan BRIN yang memiliki rekam jejak riset yang baik, dan mampu berkontribusi untuk menghasilkan inovasi yang berdampak bagi kemajuan iptek,” ia melanjutkan.

Pemberian penghargaan bertujuan mendorong dan memotivasi para periset BRIN untuk memiliki rekam jejak riset yang baik, dan lebih meningkatkan produktivitas berbasis output, dengan akumulasi output tahun terakhir.

Adapun kategori Penghargaan Periset BRIN meliputi 12 Organisasi Riset yang ada di lingkungan BRIN, yakni riset terkait penerbangan dan antariksa; tenaga nuklir; energi dan manufaktur; kebumian dan maritim; hayati dan lingkungan; elektronika dan informatika; Ilmu pengetahuan sosial humaniora; arkeologi, bahasa, dan sastra; kesehatan; nanoteknologi dan material; pertanian dan pangan; tata kelola pemerintahan, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat.

Lebih jelasnya, berikut daftar 12 periset berprestasi yang mendapat penghargaan BRIN:

  1. Dr. Fairul Zabadi, Peneliti Ahli Madya
  2. Prof. Dr. Widya Fatriasari, S.Hut. M.M., Peneliti Ahli Utama
  3. Yuliar Firdaus, Ph.D., Peneliti Ahli Muda
  4. Agung Dwi Laksono, SKM, M.Kes, Peneliti Ahli Madya
  5. Dr. Teguh Wahyono, S.Pt, M.Si, Peneliti Ahli Muda
  6. Dr.Phil Hendris Wongso, S.Si., Peneliti Ahli Muda
  7. Farohaji Kurniawan, S.T., M.Eng., Ph.D., Peneliti Ahli Madya
  8. Nidya Judhi Astrini, S.E., M.B., Peneliti Ahli Muda
  9. Ali Rahmat, Ph.D, Peneliti Ahli Muda
  10. Dr. Dedi Supriadi, Peneliti Ahli Utama
  11. Dr. Edi Kurniawan, S.T., M.Eng, Peneliti Ahli Utama
  12. Ahmad Fudholi, Ph.D., Peneliti Ahli Muda

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anugerah Kekayaan Intelektual 2023

Selain itu, BRIN akan mengumumkan Anugerah Kekayaan Intelektual Tahun 2023. Anugerah Kekayaan Intelektual diberikan kepada periset di lingkungan BRIN berdasarkan capaian nilai royalti tertinggi secara akumulatif satu tahun pada 2022.

Anugerah Kekayaan Intelektual, Edy memaparkan, merupakan sebuah apresiasi dalam bentuk penghargaan kepada para periset di lingkungan BRIN yang memiliki inovasi yang dimanfaatkan masyarakat, serta berkontribusi pada perkembangan iptek.

"Hal ini bertujuan mendorong para periset di lingkungan BRIN untuk dapat membuat suatu inovasi terbaru yang dapat dimanfaatkan oleh khalayak luas,” ucapnya.

Peringatan dua tahun BRIN juga menjadi momentum untuk menyampaikan informasi bahwa tahun ini kembali akan dilaksanakan pameran riset dan inovasi terbesar di Indonesia.

Pameran tersebut adalah Indonesia Research and Innovation Expo (InaRI Expo) 2023, pada September di ICC BRIN Building, Kawasan Sains dan Teknologi Soekarno (Cibinong Science Center). Tema yang diusung 'Research and Innovation for Better Future'.

3 dari 3 halaman

Infografis: 26 Satelit Milik Indonesia (Liputan6.com / Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.