Sukses

Engsel Oppo Find N2 Flip Lolos Uji Ekstrem: Tahan hingga 400.000 Kali Lipatan, Setara 10 Tahun Pemakaian

Oppo Find N2 Flip berhasil meraih sertifikasi dari TÜV Rhineland, di mana Oppo melakukan pengujian secara ekstrem terhadap engsel Find N2 Flip, yang mampu bertahan hingga 400.000 kali lipatan.

Liputan6.com, Jakarta - Oppo mengklaim berhasil mengatasi permasalahan atau isu ketahanan dan visibilitas dari penggunaan smartphone layar lipat, di mana teknologi yang tersemat pada Oppo Find N2 Flip diproduksi di pabrik Oppo Indonesia yang berstandar internasional.

Chief Marketing Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen, mengatakan pasar smartphone layar lipat atau foldable semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Melalui Oppo Find N2 Flip, Oppo berupaya menghadirkan teknologi untuk memenuhi keinginan penggunanya, khususnya terkait HP lipat yang mengombinasikan keunggulan dari segi daya tahan dan desain.

"Dengan teknologi New Generation Flexion Hinge, smartphone ini menawarkan desain yang compact, fleksibel, dan tanpa celah engsel ketika ditutup, sehingga meminimalisir masuknya debu ke smartphone," kata Patrick melalui keterangannya, Kamis (4/5/2023).

Hal tersebut sekaligus menghadirkan pengalaman layar utama yang halus, menghilangkan kecemasan pengguna terhadap ketahanan maupun kenyamanan dalam memaksimalkan sebuah HP lipat.

Salah satu kelebihan teknologi New Generation Flexion Hinge memungkinkan Oppo Find N2 Flip tampil dengan layar dengan bekas lipatan paling dangkal pertama kalinya pada perangkat HP lipat di Indonesia.

Ketika dibuka, engsel Oppo Find N2 Flip memungkinkan kedalaman lipatan pada layar utama hanya 0.11 mm/ 1.29°, yang secara signifikan lebih dangkal bahkan hampir tersembunyi jika dibandingkan HP lipat lainnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ketahanan Engsel Oppo Find N2 Flip

Teknologi ini akan membuat aktivitas penggunaan layar utama Find N2 Flip terasa lebih nyaman dibanding smartphone lipat lain yang ada di pasaran.

Oppo membawa ketahanan engsel dari Find N2 Flip ke level selanjutnya dengan sertifikasi dari TÜV Rhineland, di mana Oppo melakukan pengujian secara ekstrim terhadap engsel Find N2 Flip, yang mampu bertahan hingga 400.000 kali lipatan.

Ini setara dengan penggunaan lebih dari 10 tahun, dengan pembukaan dan penutupan layar sebanyak 100 kali dalam sehari.

Patrick menuturkan seluruh komponen perangkat Oppo Find N2 Flip juga sudah diproduksi di pabrik Oppo Indonesia," ucap Patrick.

"Ini merupakan bentuk keseriusan Oppo terhadap market Indonesia dengan menghadirkan produksi smartphone flagship untuk pertama kalinya di Tanah Air sehingga kami dapat melayani konsumen dengan semakin baik lagi," Patrick memungkaskan.

3 dari 6 halaman

Membandingkan Lipatan Layar dan Kekuatan Engsel Oppo Find N2 Flip dengan Samsung Galaxy Z Flip4

Oppo Find N2 Flip dipastikan bakal meluncur di pasar global, termasuk Indonesia, di mana smartphone layar lipat ini akan bersaing langsung dengan Samsung Galaxy Z Flip4.

Tekno Liputan6.com telah menggunakan kedua smartphone layar lipat tersebut dan coba membandingkannya. Kami memulainya dengan membandingkan struktur engsel hingga lipatan layar dari Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip4.

<p>[kiri-kanan] Samsung Galaxy Z Flip4 dan Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p>

Pada dasarnya, kedua ponsel flagship ini dibangun dengan konsep yang sama yaitu mekanisme lipatan seperti kulit kerang (clamshell), dengan bingkai aluminium di bagian luar dan engsel mekanis yang memungkinkan layarnya dilipat menjadi dua.

Oppo N2 Flip lebih lebar (75,2 mm) dari Samsung Galaxy Z Flip4 (71,9 mm), juga sedikit lebih tebal saat dibuka (Oppo 7,5 mm dan Samsung 6,9 mm) dan sedikit lebih tinggi (Oppo 166,2 mm dan Samsung 165,2 mm).

<p>[kiri-kanan] Samsung Galaxy Z Flip4 dan Oppo Find N2 Flip dalam kondisi layar dilipat menjadi dua. Liputan6.com/Iskandar</p>

Namun, karena desain engselnya, Oppo Find N2 Flip bisa ditutup hampir sepenuhnya dengan rata sehingga tidak memiliki celah di dekat engsel atau ketebalan yang meruncing saat ditutup. Sementara Samsung Galaxy Z Flip4 masih terlihat ada celah di antara layar ketika dilipat.

 

4 dari 6 halaman

Lipatan Layar Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip4

Bukan itu saja, lipatan layar Oppo Find N2 Flip juga nyaris tak terlihat saat layar utama ponsel dibuka sepenuhnya--berbeda dengan lipatan layar Samsung Galaxy Z Flip4 yang cukup terlihat jelas.

<p>[kiri-kanan] Layar utama Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip4 saat dibuka sepenuhnya. Liputan6.com/Iskandar</p>

Lebih detailnya, lipatan layar Oppo Find N2 Flip memiliki kedalaman 0,11 mm, sedangkan Samsung Galaxy Z Flip4 0,22 mm.

Untuk diketahui, kontruksi engsel Oppo Find N2 Flip mengadopsi bentuk tetesan air, sedangkan konstruksi engsel Samsung Galaxy Z Flip4 berbentuk U.

5 dari 6 halaman

Kekuatan Engsel Layar Oppo Find N2 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip4

Dari sisi ketahahan atau kekuatan engsel, Samsung mengklaim ponsel layar lipatnya bisa dibuka-tutup sebanyak 200.000 kali atau akan kuat selama lima tahun jika pengguna melipat Galaxy Z Flip4 sebanyak 100 kali per hari.

<p>Engsel Samsung Galaxy Z Flip4. Liputan6.com/Iskandar</p>

Sementara Oppo mengklaim ponsel layar lipatnya bisa dibuka-tutup sebanyak 400.000 kali atau ketahanan engselnya dua kali lipat lebih kuat dari Samsung.

<p>Engsel Oppo Find N2 Flip. Liputan6.com/Iskandar</p>

Bukan itu saja, Oppo juga melakukan uji lipat Find N2 Flip pada suhu rendah 20°C, uji lipat suhu 50°C dan kelembapan tinggi hingga 90%, uji jatuh setinggi 1,2 meter, serta tes intrusi atau memasukkan benda asing ke dalam sela lipatan layar.

6 dari 6 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini