Sukses

Gempa Trending Topic di Twitter, Warganet: Terasa Sampai Jaksel

Gempa magnitudo 6,6 terjadi di Tuban dan terasa hingga Malang, Bogor, Surabaya, hingga Jakarta Selatan. Gempa pun menjadi trending topic di Twitter sore ini.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa magnitudo 6,6 mengguncang Tuban, Jawa Timur pada Jumat (14/4/2023). Gempa ini terjadi pada pukul 16.55 WIB.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan, lindu terjadi di koordinat 6.29 Lintang Selatan (LS), 111.92 Bujur Timur (BT) atau 68 km Barat Laut Tuban, Jawa Timur. BMKG menyampaikan, kedalaman gempa 632 Kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Meski pusat gempa berada di Tuban, Jawa Timur, gempa Tuban ini dirasakan oleh mereka yang ada di Malang, Surabaya, Jakarta, bahkan menurut laporan warganet hingga Bogor, Jawa Barat.

Pantauan Tekno Liputan6.com, sore hari ini, "gempa", "Tuban", dan kata "kerasa" menjadi trending topic di Twitter, memperlihatkan banyaknya warganet yang mencuitkan tentang gempa yang terasa hingga wilayah mereka.

Pengguna dengan akun @bij*** mengatakan, gempa ini terasa hingga Bogor. "Nyampe Bogor lur keroso gempa kih," kicaunya.

Sementara itu, salah satu warganet yang ada di Malang mengatakan, di Malang jadi sering gempa, bahkan hampir tiap bulan.

"Malang ni sering banget gempa, keknya hampir tiap bulan. Gegara ngantor di lantai 7 suka kerasa banget gempanya," tutur pengguna Twitter dengan akun @lis***.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Warganet Sebut Gempa Terasa hingga Jakarta

Pengguna dengan akun @evi*** me-Retweet unggahan dari sebuah akun berita yang menyebut gempa terasa hingga Jakarta.

"Oh beneran ya tadi gempa, kirain aku nggliyeng kurang gula nunggu buka," kicaunya.

Seorang warganet yang berada di lantai 20 di salah satu gedung di Mega Kuningan, Jakarta, mengatakan gempa terasa hingga tempatnya.

"Gempa terasa sampai ke lantai 20," tutur pengguna internet ini.

Kendati demikian, ada juga warganet yang mengaku tidak merasakan getaran gempa sore ini.

 

3 dari 3 halaman

Ada Juga Warganet yang Tak Rasakan Getaran Gempa

"loh kok nggak terasa sih tadi ada gempa," kicau seorang pengguna dengan akun @gui***.

Warganet lain justru mempertanyakan apakah gempa yang dirasakannya nyata atau hanya perasaan saja. "Ges kalian ngerasain gempa?" kicau pemilik akun @chn***.

Sementara itu, ada pula warganet yang menyebut jangkauan gempa kali ini begitu luas. Tidak heran mengingat banyaknya warganet dari berbagai daerah berbeda yang merasakan gempa di waktu yang sama, yang berpusat di Tuban, Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.