Sukses

Pasar Wearable Device Akan Tumbuh di Asia-Pasifik Sebesar 15,2 persen pada 2023

Pada tahun ini, smartwatch diperkirakan akan menjadi kategori wearable device dengan pertumbuhan tercepat di pasar ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pengiriman wearable device di kawasan Asia/Pasifik (tidak termasuk Jepang) mengalami pertumbuhan tahunan terendah yang pernah ada pada tahun 2022, Quarterly Wearable Device Tracker terkini dari menurut International Data Corporation (IDC).

Pasar mengalami sedikit peningkatan sebesar 1,8 persen menjadi 259,1 juta unit, dengan beberapa vendor besar mendorong pasar wearable device pada kuartal ketiga tahun 2022 melalui pembaruan produk mereka.

Namun, penurunan permintaan pasar yang masih terus berlanjut telah menyebabkan pendekatan yang lebih konservatif pada kuartal keempat tahun 2022. Itu berakibat pada penurunan tahun-ke-tahun sebesar 8,3 persen pada kuartal keempat 2022.

"Kenaikan harga komoditas lain, berkurangnya belanja konsumen, dan kebijakan lockdown di China telah membatasi permintaan pasar untuk wearable device," ujar Jone Yang, Senior Market Analyst, Devices Research, di IDC Asia / Pasifik dalam keterangan resmi yang Tekno Liputan6.com kutip.

Meskipun pasar perangkat wearable di Asia/Pasifik mengalami volatilitas pada tahun 2022, menurut Yang, IDC memperkirakan pasar akan kembali bergairah setelah ekonomi dan permintaan pulih.

Selain itu, IDC juga memprediksi bahwa pasar perangkat wearable di kawasan Asia/Pasifik akan mengalami pertumbuhan sebesar 15,2 persen dari tahun ke tahun pada tahun 2023. Pada tahun ini, smartwatch diperkirakan akan menjadi kategori wearable device dengan pertumbuhan tercepat di pasar ini.

"India akan melampaui Tiongkok untuk menjadi negara dengan pengiriman smartwatch terbesar di kawasan Asia/Pasifik tahun ini," tambah Yang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Geliat Merek India

Apple, Xiaomi, Huawei, dan Samsung telah mengalami penurunan pangsa pasar selama beberapa tahun berturut-turut. Hal ini terutama disebabkan oleh ekspansi yang cepat dari beberapa merek India yang menawarkan produk dengan harga terjangkau. Sebut saja Imagine Marketing, Nexxbase, dan Fire-Boltt.

Penurunan keempat mereka tersebut juga disebabkan oleh eksplorasi pasar luar negeri dari beberapa merek Tiongkok seperti OnePlus dan OPPO.

Smartwatch, sebagai satu-satunya kategori yang mempertahankan pertumbuhan positif, tumbuh 23,3 persen selama tahun 2022, mencapai 80,0 juta unit.

Apple melampaui Huawei untuk menjadi pemimpin pasar. Huawei berada di peringkat kedua, terutama karena kendala pasar di China. Nexxbase dan Fire-Boltt dari India, diikuti oleh BBK dari China, melengkapi lima besar.

 

3 dari 3 halaman

Earwear

Sementara itu, Earwear, kategori wearable device terbesar, sedikit menurun sebesar 0,5 persen dari tahun ke tahun, meskipun porsi True Wireless mempertahankan pertumbuhan yang sehat.

Namun, smart band yang merupakan kategori terbesar ketiga, terus menurun karena persaingan dari smartwatch.

Meskipun pasar perangkat wearable di Asia/Pasifik menghadapi tantangan pada tahun 2022, prediksi IDC menunjukkan bahwa kawasan ini akan pulih pada tahun 2023.

Dengan tingkat pertumbuhan yang diharapkan sebesar 15,2 persen dari tahun ke tahun, jam tangan pintar akan menjadi kategori dengan pertumbuhan tercepat.

India akan memimpin pasar dengan pengiriman jam tangan pintar terbesar di kawasan ini. Meskipun ada tantangan dari merek-merek India yang terjangkau dan merek-merek ponsel pintar Cina dari luar negeri, vendor-vendor besar kemungkinan besar akan mempertahankan posisi mereka di pasar dengan fokus pada inovasi dan perluasan produk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.