Sukses

Hampir 20 Tahun Eksis, Kode Cheat Gran Turismo 4 Akhirnya Ditemukan Seorang Gamer

Kode cheat dari game konsol PlayStation 2 Gran Turismo 4 (GT4) akhirnya ditemukan oleh seorang gamer setelah hampir 20 tahun eksis.

Liputan6.com, Jakarta - Kode cheat dari game Gran Turismo 4 (GT4) Polyphony akhirnya ditemukan setelah hampir 20 tahun eksis. Sejak dirilis pada Desember 2004, tidak ada pemain yang menyadari atau mengetahui bahwa game konsol untuk Playstation 2 ini memiliki kode rahasia.

Melalui unggahan di akun Twitter-nya, seorang gamer bernama Nenkai yang berfokus pada penelusuran permainan ini menunjukkan empat kode cheat yang dapat digunakan pemain. Kode tersebut mengandalkan kombinasi penekanan tombol, seperti pada berbagai permainan di masa lalu. 

“Sudah bertahun-tahun dan game ini masih menyimpan kejutan, GT4 memang memiliki kode cheat,” tulisnya melalui Twitter @Nenkaai.

Nenkai menjelaskan, kombinasi tombol tersebut dapat digunakan untuk menambahkan kredit ke akun pemain, mendapatkan peringkat pada acara tertentu, dan lulus lisensi.

Sayangnya, kode cheat ini hanya berfungsi jika pemain telah melewati 365 hari kalender internal game. Hal ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa cheat Gran Turismo 4 tidak dapat ditemukan dalam waktu yang lama.

Jika kamu pemain setia Gran Turismo 4 dan ingin mencobanya, simak kode cheat yang telah ditemukan berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kode Cheat Gran Turismo 4

Gran Turismo 4 memiliki empat jenis kode cheat yang dapat dicoba oleh pemain untuk mendapatkan berbagai keuntungan secara instan. Berikut adalah daftar lengkapnya.

10.000.000 Kredit 

Kode : Select, Kiri, Kanan, Kanan, Bawah, Atas, Atas, Kiri, Bawah, Atas, Kanan, Kiri, Bawah, L1, R1, Select

Lulus Berbagai Lisensi

Kode : Select, R1, Select, R1, Select, L2, L2, R2, R2, L1, Select, Select

Dapatkan Emas pada Tes Lisensi Spesifik

Kode : Select, Select, R1, R2, L2, L2, Select, L1, R1, Select, R2, L1, Select

Dapatkan Emas di Berbagai Acara

Kode : Select, L1, Atas, Atas, Select, R1, Bawah, Bawah, Select, L2, Select, R2, Select

Menurut Nenkai, kode untuk melewati lisensi dan mendapatkan emas di berbagai event juga berfungsi pada Tourist Trophy.

3 dari 4 halaman

Efek Menggunakan Kode Cheat

Dalam cuitannya, Nenkai menambahkan bahwa hadiah akan tetap diberikan dengan semestinya ketika pemain menggunakan kode cheat terakhir. Maka, penggunaan cheat ini sepertinya tidak berdampak buruk pada perjalanan pemain dalam game

“Balapan 24 jam dapat dilewati secara efektif asalkan Anda telah melewati 365 hari pertandingan,” ujarnya. 

Dilansir dari Kotaku, Selasa (28/3/2023), pengembang video game modern di era ini cenderung tidak lagi memasukkan kode ke dalam permainan. Hal ini dilakukan setidaknya untuk menjaga pengalaman natural pemain dalam menyelesaikan game

Namun, pihak developer dapat mencari berbagai cara unik untuk menyisipkan kode cheat agar tidak mudah ditemukan. Bagaimanapun, memiliki mata uang yang tak terbatas dalam game merupakan salah satu kesenangan bagi sebagian pemain.

4 dari 4 halaman

Gran Turismo 4 Masih Dianggap Unggul

Meskipun Gran Turismo 7 telah menjadi seri terbaru yang mendapatkan ulasan memuaskan, Gran Turismo 4 masih sering dianggap sebagai standar emas. Pada awal peluncurannya, game ini diterima dengan baik dan meraih kesuksesan komersial. 

Tak butuh waktu lama, GT4 menjadi salah satu console game terlaris di 2005 dan terlaris ketiga di PlayStation 2. Permainan ini pun mewakili puncak teknologi game balapan mobil kala itu.

Bagi yang tidak mengenal permainan ini, Gran Turismo 4 adalah video game balapan yang menampilkan lebih dari 721 mobil dari 80 pabrik, mulai dari Daimler Motor Carriage 1886 hingga mobil konsep Nike One 2022. 

Tak hanya itu, game ini juga memiliki 51 trek yang sebagian besarnya merupakan modifikasi dari seri sebelumnya. GT4 dinilai membawa grafis yang telah disempurnakan dari pendahulunya untuk meningkatkan pengalaman bermain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.