Sukses

Hands-On Samsung Galaxy A34 5G: Punya Kamera 48MP dan Layar Super Cerah, Cocok untuk Social Savvy

Dengan kamera 48MP dan layar super cerah, Samsung Galaxy A34 5G cocok untuk social savvy yang gemar membagikan momen di media sosial, serta pengguna yang membutuhkan HP all-rounder.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja merilis smartphone terbarunya untuk kelas mid-range di lini Galaxy A Series, yaitu Galaxy A34 5G dan Galaxy A54 5G. 

Keduanya hadir dengan peningkatan yang cukup signifikan dari seri pendahulunya. Bahkan dari segi desain, ponsel ini juga sudah mengikuti jejak Galaxy S23 Series yang datang dari kelas flagship.

Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk merasakan langsung pengalaman dalam menggunakan Samsung Galaxy A34 5G, sekaligus menjajal fitur-fitur unggulannya.

<p>Paket penjualan Samsung Galaxy A34 5G yang berisi perangkat, kabel type-C, buku panduan, dan SIM ejector. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

Pada paket penjualannya, smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 4.999.000 untuk ROM 128GB dan Rp 5.399.000 untuk ROM 256 ini tidak lagi menyertakan kepala adaptor.

Perangkat hanya hadir bersama kabel Type-C, buku panduan, dan SIM ejector sehingga kotaknya cukup ramping.

Tidak lagi meneruskan desain khas Galaxy A32 dan A33, Samsung membuat sudut bodi Galaxy A34 5G lebih melengkung.

<p>Tampilan belakang Samsung Galaxy A34 5G. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

Dari tampilan fisik, desainnya yang cantik dan sangat mirip Galaxy S23 dan S23+ menjadi kesan pertama yang kami dapatkan. Ditambah dengan kesamaan penempatan tiga kameranya yang disusun secara vertikal pada belakang ponsel tanpa frame kotak.

Di sisi lain, bodi belakang Samsung A34 dibalut dengan lapisan matte sehingga tidak terasa licin dan bekas sidik jari tidak mudah menempel.

Meski berbeda dengan Galaxy A54 5G yang menggunakan material kaca, perasaan ketika menggenggam kedua ponsel ini tidak jauh berbeda, terasa ringan dan ringkas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Layar Cerah dengan 1.000 Nits

Salah satu yang menjadi keunggulan dari Galaxy A34 5G ini adalah layarnya. Dengan layar Super AMOLED seluas 6,6 inci beresolusi Full HD+ dan refresh rate 120Hz.

Berbekal kemampuan tersebut, aktivitas scrolling media sosial maupun bermain game ringan dapat dilakukan dengan lancar dan terasa mulus.

Refresh rate ini telah mengalami peningkatan dari pendahulunya, yakni Galaxy A33 5G yang hanya menggunakan 90Hz.

<p>Tampilan layar Samsung Galaxy A34 5G yang tetap jelas dan cerah ketika digunakan di luar ruangan dengan cahaya matahari yang terang. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

Tak hanya itu, kehadiran fitur Vision Booster yang didukung tingkat kecerahan 1.000 nits turut membuat layarnya tetap cerah dan jernih ketika digunakan di luar ruangan, termasuk ketika tersorot cahaya Matahari yang terang.

Saat kami coba menonton tayangan di kondisi tersebut, gambar pada layar ponsel masih bisa dilihat dengan sangat jelas. Kecerahan pada layarnya ini meningkat hingga 25 persen lebih terang dibanding dengan produk-produk pendahulunya.

Adapun tampilan kamera depan pada layar Galaxy A34 5G ini dibingkai dengan model Infinity-U.

3 dari 5 halaman

Kamera 48MP dengan OIS dan AI

Untuk foto dan video, kamera Galaxy A34 5G yang beresolusi 48MP ini dapat diandalkan dalam pembuatan berbagai konten.

Menyasar Social Savvy yang biasanya langsung mengunggah foto sesaat setelah memotret. Kamera belakang ponsel ini cukup mumpuni dalam menangkap gambar dengan hasil foto yang tajam dan warna vivid, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

<p>Tampilan kamera Samsung Galaxy A34 5G ketika sedang memotret. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

Berikut ini beberapa hasil foto yang kami ambil menggunakan Samsung Galaxy A34 5G dalam acara Hands-On Experience, Kamis (17/03/2023) lalu.

<p>Hasil foto menggunakan Samsung Galaxy A34 5G. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

<p>Hasil foto menggunakan Samsung Galaxy A34 5G. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

Penggunaan OIS (Optical Image Stabilization) pada kameranya pun membuat hasil video tetap stabil meskipun direkam sambil berjalan. Kehadiran fitur AI juga membantu mengurangi keburaman hasil jepretan dan menciptakan warna yang lebih terang.

4 dari 5 halaman

Tampilan Fisik Samsung Galaxy A53 5G

Pada tepi kanan bodi ponsel, terdapat tombol power dan volume, sedangkan slot kartu SIM diletakkan di bagian atas. Sementara itu, sensor pemindai sidik jari tersemat pada layar ponsel.

<p>Tampilan tepi bawah Samsung Galaxy A34 5G. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

Kemudian, pada sisi bagian bawah tertanam port USB Type-C, speaker, dan lubang microphone. 

Sama seperti generasi A Series sebelumnya, smartphone ini tidak lagi menghadirkan audio jack dengan port 3,5mm. 

<p>Varian warna Samsung Galaxy A34 5G, yatu Awesome Violet, Awesome Graphite, dan Awesome Silver. (Liputan6/Dinda Charmelita Trias Maharani)</p>

Samsung Galaxy A34 5G hadir dengan sejumlah pilihan warna yang trendi, yakni Awesome Violet, Awesome Graphite, dan Awesome Silver.

Namun, Awesome Silver menjadi varian yang paling menarik karena mampu menampilkan gradasi berbagai warna yang berbeda tergantung pencahayaan. 

5 dari 5 halaman

Spesifikasi Samsung Galaxy A34 5G

Untuk diketahui, Galaxy A34 5G membawa prosesor yang berbeda dengan A54 5G, berbeda dari Galaxy A33 dan Galaxy A53 yang dirilis tahun lalu.

Ponsel ini menggunakan chipset Dimensity 1080 yang mengalami peningkatan performa sebesar 17 persen dari segi CPU dan 14 persen untuk GPU. 

Untuk menunjang performanya, ponsel ini ditenagai baterai berkekuatan 5.000mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 2 hari, sehingga dapat mendukung berbagai kegiatan pengguna.

Lalu untuk kameranya, terdapat lensa utama beresolusi 48MP, ultra-wide 8MP, dan macro 5MP. Sementara kamera depan memiliki resolusi 13MP.

Samsung Galaxy A34 5G ini juga masih membawa sertifikasi IP67 untuk ketahanan terhadap air dan debu serta NFC yang akan memudahkan pengguna dalam memakai kartu e-money.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.