Sukses

Pengguna WhatsApp Akan Bisa Bungkam Telepon Spam

Pengguna WhatsApp nantinya akan bisa membungkam atau membisukan notifikasi panggilan dari nomor yang tidak dikenal atau spam.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp tengah mengembangkan fitur baru untuk versi Android beta. Nantinya, fitur tersebut akan mengizinkan pengguna membisukan alias silent panggilan dari nomor yang tidak dikenal.

Meski begitu, fitur baru WhatsApp ini tidak menghilangkan keterangan di histori panggilan dan pusat notifikasi.

Mengutip Gizchina, Selasa (7/3/2023), fitur ini merupakan tambahan privasi bagi pengguna aplikasi WhatsApp. Kehadiran fitur ini digadang-gadang akan mengurangi panggilan dari nomor tidak dikenal secara signifikan sekaligus mencegah maraknya panggilan spam yang mengganggu.

Masalahnya, pada WhatsApp Communities, nomor telepon pembuat komunitas selalu terlihat, jadi siapa pun yang menjadi bagian dari komunitas bisa menghubungi pembuatnya, bahkan tanpa alasan yang sah sekali pun.

Hal tersebut bisa menjadi masalah serius, karena memungkinkan siapa saja menelepon si pembuat komunitas.

Terlepas dari itu, fitur baru WhatsApp tersebut tengah dikembangkan, sehingga memungkinkan pengguna untuk memilih akan membungkam panggilan dari nomor tidak kenal atau tidak.

Laporan WABetaInfo mengungkap, toggle atau slider untuk fitur ini akan ditempatkan di Setting WhatsApp.

Nantinya setelah diaktifkan, telepon spam akan selalu dibungkam. Meski begitu, panggilan tetap akan ditampilkan di daftar panggilan dan pusat notifikasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tetap Bisa Lihat Kalau Ada Panggilan

Itu artinya, pengguna akan tetap mengetahui adanya panggilan tak terjawab dari nomor tak dikenal. Namun, hal tersebut tidak lagi mengganggu mereka, selama si pengguna aktifkan fitur bisukan panggilan.

Adapun salah satu manfaat dari fitur baru ini adalah bisa signifikan mengurangi jumlah panggilan spam yang diterima pengguna.

3 dari 4 halaman

Maraknya Panggilan Spam hingga Penipuan

Apalagi, dalam beberapa tahun terakhir, panggilan spam telah jadi masalah tersendiri bagi pengguna smartphone. Alasannya pun beragam, ada panggilan spam penipuan untuk mencuri informasi pribadi, hingga penipuan agar korban melakukan pembayaran atau memberi data sensitif.

Pengguna WhatsApp, bagaimana pun, tidak kebal terhadap masalah ini. Oleh karenanya, kemampuan untuk membisukan notifikasi telepon dari nomor tak dikenal menjadi fitur yang sangat penting.

Berdasarkan sebuah polling di Twitter, menanyakan apakah pengguna mereka pernah menerima panggilan spam di WhatsApp atau tidak. Ternyata hasilnya menunjukkan bahwa memang banyak pengguna yang menerima panggilan spam.

4 dari 4 halaman

Fitur Baru Edit Pesan yang Sudah Dikirim

Sementara itu, baru-baru ini, situs web WABetaInfo menemukan ada banyak tanda-tanda bahwa fitur WhatsApp yang mengizinkna pengguna mengedit pesan yang telah dikirim ini sedang dalam pengembangan.

Penemuan ini sekaligus menjadi bocoran terkait fitur baru WhatsApp yang kemungkinan akan hadir dalam update mendatang.

Namun, belum ada keterangan resmi terkait kemungkinan perilisan fitur edit pesan WhatsApp ini pada pembaruan berikutnya sehingga kehadirannya belum dapat dipastikan. 

Berdasarkan sebuah tangkapan layar yang dibagikan situs WABetaInfo, foto tersebut menunjukkan tombol edit yang tersedia di aplikasi WhatsApp di iOS untuk iPhone.

Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan perubahan ketika pesan tertentu ditekan beberapa detik.

Menurut WABetaInfo yang dikutip dari The Sun, Minggu (26/2/2023), setiap pesan yang telah diedit akan menampilkan label khusus. Selain itu, pengguna hanya memiliki waktu maksimal 15 menit untuk dapat mengeditnya setelah dikirim. 

(Tin/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.