Sukses

Apple Bakal Hilangkan Tombol Mute di iPhone 15 Pro

Bocoran informasi lain menyebutkan, iPhone 15 Pro bakal mengadopsi tombol solid state baru dengan haptic feedback--mirip tombol Home di iPhone 7.

Liputan6.com, Jakarta - Apple memang belum secara resmi mengungkap informasi apa pun tentang kehadiran iPhone 15 series, namun bocoran informasi ponsel baru ini sudah banyak beredar di internet.

Salah satu informasi tersebut adalah tentang lini iPhone 15 Pro, khususnya terkait dengan tombol volume di ponsel penerus iPhone 14 series itu.

Walau gambar render CAD iPhone 15 Pro sudah memperlihatkan desain HP Apple teranyar itu, banyak pihak dibuat penasaran tetang tata letak tombol volume-nya.

Berdasarkan informasi sumber anonim kepada 9to5Mac, Senin (6/3/2023), Apple bakal menggunakan tombol volume menyatu dengan sensor tekanan.

Ini berarti, pengguna dapat menambah dan mengurangi volume lewat satu tombol saja. Ini berbeda dari tombol volume up dan down yang terpasang di iPhone sekarang.

Bocoran informasi lain menyebutkan, iPhone 15 Pro bakal mengadopsi tombol solid state baru dengan haptic feedback--mirip tombol Home di iPhone 7.

Ini berarti, tombol tersebut tidak lagi memiliki bagian bergerak dan akan mengidentifikasi tingkat tekanan untuk digunakan.

Perubahan signifikan lainnya pada desain jajaran iPhone 15 adalah tentang tombol mute bakal diganti atau dihapus.

Saat ini, Apple hanya merubah letak tombol mute dari satu titik ke titik lainnya. Berbekal teknologi kapasitif, pengguna nantinya harus menekan tombol untuk menyetel ponsel ke mode silent.

Dari rangkuman informasi saat ini, iPhone 15 series akan tampil dengan tepi sedikit melengkung, tonjolan kamera lebih besar, dan bezel layar lebih tipis.

Dalam hal ukuran, seri iPhone 15 ini akan deretan iPhone 14. Tetapi, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus bakal meninggalkan notch demi Dynamic Island.

So, apakah kamu hype dengan bocoran informasi tentang seri iPhone 15 yang akan meluncur pada tahun ini?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

iPhone 15 Pro Disebut Bakal Hadir dalam Varian Warna Merah Tua

Gambar render iPhone 15 Pro menunjukkan varian warna merah tua (9to5mac)

Baru-baru ini, 9to5mac melaporkan, dikutip Sabtu (25/2/2023), sumber mereka merencanakan warna dark red atau merah tua baru dengan color hex #410D0D, untuk jadi salah satu varian warna untuk iPhone 15 Pro.

9to5mac pun membuat sebuah maket untuk memvisualisasikan kira-kira seperti apa desain iPhone 15 Pro dengan warna tersebut, ditambah berbagai bocoran yang sempat diberitakan sebelumnya.

Selain itu, untuk iPhone 15 standar dan iPhone 15 Plus, dikabarkan ada dua opsi warna yang sedang dalam pengujian yaitu biru muda atau light blue dan pink.

Perlu diingat, semua informasi ini belum tentu benar karena masih sangat awal, dan bisa saja berubah jelang perilisan iPhone 25 oleh Apple pada musim gugur tahun ini.

Apple biasanya menawarkan model Pro dari HP iPhone dalam warna edisi khusus. iPhone 12 Pro tersedia dalam warna pacific blue, iPhone 13 Pro hadir dengan warna sierra blue, dan iPhone 14 Pro tersedia dalam warna special space black dan deep purple.

iPhone 15 Pro juga dirumorkan bakal memakai bahan titanium. Apple menguji banyak warna untuk model iPhone baru sebelum perilisannya. Mengingat transisi ke titanium, perusahaan tentu perlu menyempurnakan proses pelapisan bahan titanium.

3 dari 4 halaman

Bocoran Desain iPhone 15 Pro dengan Port USB C

Bocoran gambar iPhone 15 Pro dengan port USB-C. (Twitter/@URedditor)

Sebelumnya, sebuah gambar yang dianggap sebagai iPhone 15 Pro beredar di media sosial Twitter pada Jumat (17/02/2023) sore.

Menariknya, gambar yang dibagikan oleh akun @URedditor ini memperlihatkan port USB C alih-alih port Lightning pada iPhone generasi mendatang.

Sejak tahun 2012, Apple telah menggunakan port Lightning pada sebagian besar produknya. Maka, peralihan ke USB C ini menjadi salah satu perubahan signifikan bagi generasi terbaru iPhone yang akan rilis di tahun 2023 ini. 

Meskipun Apple telah menggunakan USB C pada berbagai produknya seperti iPad dan Mac, bocoran gambar tersebut tetap menarik perhatian pengguna karena iPhone belum mengikuti jejak produk lainnya dengan port USB C.

Sementara itu, iPhone merupakan produk Apple yang memiliki kontribusi paling tinggi pada total pendapatan Apple di tahun 2022.     

Sebelumnya, berbagai model computer-aided design (CAD) untuk iPhone 15 Pro juga telah bermunculan. Umumnya, Apple memberikan bocoran desain kepada pabrik-pabrik di Asia guna mempersiapkan casing sebelum peluncuran resmi produk berikutnya.

4 dari 4 halaman

Perubahan ke Port USB-C

Foto yang digadang-gadang merupakan konsep desain iPhone 15 Ultra (Foto: GSM Arena/ Twitter Jonas Daehnert @PhoneDesign).

Pada render yang diterbitkan oleh 9to5Mac berdasarkan render CAD sebelumnya, visualisasi pertama dari desain bezel yang lebih tipis dan tepi melengkung juga cukup akurat dengan bocoran foto iPhone 15 Pro yang beredar.

Dilansir 9to5Mac, perubahan port Lightning ke USB-C bisa jadi merupakan dampak dari adanya tekanan dari Uni Eropa yang mendorong produsen untuk mengikuti standar pengisian daya umum pada semua jenis smartphone dan perangkat.

Regulasi ini juga berlaku pada kamera digital, konsol video games, dan tablet yang mendukung teknologi pengisian baterai.

Pada aturan ini juga disebutkan bahwa setelah tanggal 28 Desember 2024, setiap produk yang dipasarkan di Uni Eropa wajib menggunakan port USB-C. Hal ini telah diresmikan dan dicatat dalam jurnal Europian Union Law 2022.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.