Sukses

Pejabat Ukraina Minta Game Atomic Heart Dilarang di PS, Xbox, dan Steam

Pejabat Ukraina menuding bahwa pengembangan Atomic Heart juga mendapatkan pendanaan dari perusahaan Rusia, sehingga ia meminta game ini dicabut dari platform-platform toko digital

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Ukraina meminta pencabutan dan pelarangan game Atomic Heart dari toko-toko game digital di negara itu, dan menuding adanya keterlibatan Rusia dalam pembuatan permainan itu.

Permintaan ini dikeluarkan oleh Alex Bornyakov, Wakil Menteri Transformasi Digital Ukraina, yang rencananya akan mengirimkan surat resmi ke Sony, Microsoft, dan Valve.

Pernyataan ini muncul di tengah kontroversi yang meliputi game garapan Mundfish tersebut, salah satunya adalah mengenai perilisannya yang mendekati satu tahun invasi Rusia ke Ukraina.

Mengutip Eurogamer, Minggu (26/2/2023), dalam situs Dev.ua, Bornyakov mengatakan bahwa game Atomic Heart "berakar pada Rusia dan meromantisasi ideologi komunis dan Uni Soviet."

Ia pun akan mengirimkan surat resmi ke Sony yang merupakan induk PlayStation (PS), Microsoft induk Xbox, dan Valve yang memiliki Steam, untuk meminta larangan penjualan versi digital dari game tersebut di Ukraina.

Bornyakov juga mendesak pembatasan distribusi game ini di negara lain, karena "toksisitasnya, potensi pengumpulan data pengguna, dan potensi penggunaan uang yang diperoleh dari pembelian game untuk berperang melawan Ukraina."

"Menurut laporan media, pengembangan game ini didanai oleh perusahaan Rusia," lanjut Bornyakov. Dia lalu juga menyerukan kepada semya pemain untuk menghindari game ini.

"Kami juga ingin menekankan bahwa pengembang game tidak secara terbuka mengutuk rezim Putin dan perang berdarah yang dilakukan Rusia melawan Ukraina," ia menuding.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kontroversi Gim Atomic Heart

Di antara berbagai kontroversi, Mundfish dikritik karena menyamarkan asal Rusia-nya, tema era pro-Soviet yang terang-terangan, dan pilihan tanggal perilisan Atomic Hearts.

Mereka juga dituduh memanen data untuk otoritas Rusia, namun telah dibantah oleh pengembang itu. Gim Atomic Heart juga dikritik karena menampilkan kartun Soviet yang sudah ketinggalan zaman yang menggambarkan citra rasis.

Save room di game ini misalnya, terdapat TV di mana pemain bisa menonton episode lawas kartun Soviet, Nu, Pogodi! Kartun ini seperti Tom and Jerry, tapi satu episode menyertakan penggambaran rasis dari anggota suku Afrika.

Mengutip The Gamer, Mundfish tidak mengeluarkan pernyataan publik yang mengecam perang Rusia melawan Ukraina. Mereka menyebut dirinya sebagai "organisasi pro-perdamaian" yang tidak mau berkomentar soal politik.

3 dari 4 halaman

Tentang Gim Atomic Heart

Atomic Heart merupakan game bergenre First Person Shooter (FPS), yang berlatar dunia Utopis Uni Soviet tahun 1950-an.

Atomic Hearts menyajikan kisah dimana Uni Soviet memiliki perkembangan teknologi yang canggih saat Perang Dunia 2. Bahkan, dikisahkan manusia telah hidup berdampingan dengan robot.

Namun teknologi tersebut ternyata menimbulkan masalah, karena memunculkan makhluk mutan, mesin menakutkan, dan robot super yang memberontak pada manusia. Pemain pun harus menghentikan seluruh tindakan mereka.

Game ini meluncur pertama kali pada 21 Februari 2023 dan akan hadir di beberapa platform, seperti PlayStation 5, PlayStation 4, Xbox One, Xbox Series S/X serta PC.

Untuk mengunduhnya, pemain PS bisa mengakses melalui PlayStation Store. Sementara untuk PC dan Xbox, pemain bisa membelinya di Steam atau Microsoft Store.

Selain didapatkan secara mandiri, game Atomic Heart juga tersedia dalam layanan Game Pass dari Microsoft. Karenanya, pemain yang sudah memiliki layanan Game Pass bisa mengunduhnya langsung.

 

4 dari 4 halaman

Spesifikasi PC Buat Main Atomic Heart

Berikut ini spesifikasi PC yang diperlukan untuk memainkan Atomic Heart, seperti dikutip dari Steam:

Spesifikasi Minimum Atomic Heart di PC

  • OS: Windows 10 (versi 20H1 atau terbaru, versi 64-bit)
  • Prosesor: AMD Ryzen 3 1200 atau Intel Core i5-2500
  • Memori: 8 GB RAM
  • Grafik: 4GB VRAM, AMD Radeon R9 380 atau NVIDIA GeForce GTX 960
  • DirectX: Versi 12
  • Penyimpanan: 90 GB ruang tersedia
  • Notes tambahan: 30 FPS, 1920x1080 di rendah

Spesifikasi Rekomendasi Atomic Heart di PC

  • OS: Windows 10 (versi 20H1 atau terbaru, 64-bit)
  • Prosesor: AMD Ryzen 5 2600X atau Intel Core i7-7700K
  • Memori: 16 GB RAM
  • Grafik: 8 GB VRAM, AMD RX 6700 XT atau NVIDIA GeForce RTX 2070
  • DirectX: versi 12
  • Penyimpanan: 90 GB ruang tersedia
  • Notes tambahan: SSD, 60 FPS, 1920x1080 di Ultra

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.