Sukses

5 Alasan Pilih Laptop dengan Prosesor H-Series

Prosesor H series, baik dari Intel ataupun AMD, dikenal dengan performa yang lebih tinggi dibanding seri lain karena sangat ideal untuk pekerjaan berat seperti video editing bahkan sampai gaming.

Liputan6.com, Jakarta Nggak bisa dipungkiri kalau setiap laptop memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, tergantung dari kebutuhan dan aktivitasmu. Apalagi saat ini, di pasaran banyak tersedia laptop dengan spesifikasi dan harga yang bervariasi, tentu membuatmu bingung untuk memilihnya. 

Namun, jika kamu adalah  seseorang yang punya pekerjaan di bidang editing video atau desain grafis, ada baiknya memilih laptop dengan spesifikasi yang sesuai karena hal tersebut dapat memengaruhi kinerja dan produktivitas.

Ada beberapa pertimbangan sebelum memilih laptop, mulai dari keandalan merek, kualitas tampilan layar, kemampuan baterai, kapasitas penyimpanan, serta faktor fitur, fungsionalitas sampai estetika.  Dari sekian banyak pilihan dan kebutuhan, ada satu aspek yang bisa kita garis bawahi, yaitu laptop yang menawarkan performa lebih baik.

Seperti diketahui, prosesor pada PC baik desktop apalagi pada laptop, umumnya tersedia dalam beberapa segmen. Prosesor kelas performa, prosesor kelas mainstream atau balance, ataupun prosesor kelas hemat energi.

Untuk mobile PC atau laptop, prosesor kelas performa dari Intel biasanya ditandai dengan kode akhiran H atau HX, HK  misalnya. Adapun untuk seri hemat energi atau thin and light laptop,  biasanya menggunakan akhiran U di belakang kode angka yang menjelaskan spesifikasi prosesor tersebut. Adapun untuk segmen performance thin and light umumnya menggunakan kode huruf P.

Untuk platform AMD pun kurang lebih sama. Hanya penambahan kode akhirannya menggunakan H atau HS untuk prosesor kelas performa dan U untuk prosesor hemat energi

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

5 Alasan Memilih Prosesor H-Series

Berikut ini 5 alasan utama mengapa sebaiknya pengguna memilih laptop yang menggunakan prosesor H series untuk digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas sehari-hari sampai memanfaatkannya sebagai perangkat hiburan. Apa saja?

Performa Lebih Tinggi

Prosesor H series, baik dari Intel ataupun AMD, dikenal dengan performa yang lebih tinggi dibanding seri lainnya. Prosesor H series ini sangat ideal untuk pekerjaan berat seperti video editing bahkan sampai gaming.

Multitasking

Dengan semakin banyaknya core dan thread pada prosesor H series dibandingkan dengan prosesor standar U series, prosesor H series menawarkan performa multitasking yang lebih lancar. Menjalankan banyak aplikasi atau tab secara simultan pun lebih mulus.

Efisiensi Energi

Meskipun prosesor H series cenderung mengonsumsi lebih banyak daya dibandingkan dengan prosesor U series, prosesor-prosesor ini masih tetap efisien, khususnya di generasi baru. Prosesor U series memang lebih hemat energi. Namun untuk menyelesaikan proses pekerjaan tertentu, ia membutuhkan durasi waktu yang lebih lama yang akhirnya menjadi nggak efisien.

Grafis Mumpuni

Banyak prosesor H series hadir dengan grafis terintegrasi yang bertenaga. Apalagi jika dibandingkan dengan prosesor U series. Menggunakan prosesor H series akan menawarkan performa visual yang lebih baik saat laptop digunakan untuk menjalankan aplikasi editing foto atau video sampai game.

Future-proof

Membeli laptop dengan prosesor H series membuatmu lebih siap untuk menghadapi tantangan di masa datang. Perangkat yang dimiliki tersebut masih akan sanggup untuk menangani aplikasi-aplikasi ataupun sistem operasi baru yang akan hadir dalam beberapa tahun ke depan.

 

3 dari 5 halaman

Pilihan Laptop dengan Prosesor H Series

Setelah kamu melihat manfaat yang ditawarkan oleh laptop dengan prosesor H series, kini saatnya memilih perangkat yang bisa digunakan. Menariknya, baru-baru ini, ASUS merilis rangkaian laptop mainstream anyar yang memanfaatkan prosesor H series, khususnya dari AMD dengan prosesor seri Ryzen 5.

Ada dua model yang ditawarkan untuk pengguna yakni laptop dengan ukuran layar 16 inci dan 14 inci dalam wujud ASUS Vivobook 16X (M1603) dan Vivobook 14X (M1403). Untuk seri layar 14 inci pun tersedia pilihan dengan menggunakan layar IPS ataupun jenis OLED. Mengapa laptop ini kami rekomendasikan?

Pertama-tama, tentunya karena mereka sudah menggunakan prosesor H series dari AMD yakni Ryzen 5 dan Ryzen 7. Seperti dijelaskan di atas, performa prosesor tersebut sangat mumpuni dan akan sanggup melahap aplikasi-aplikasi masa kini dan yang akan datang.

Nah yang menarik, baik ASUS Vivobook 14X (M1403) ataupun Vivobook 16X (M1403) tersedia di pasaran di harga yang relatif terjangkau di kelasnya. Untuk pilihan konfigurasi, Vivobook 14X tersedia mulai dari harga Rp8,999 juta saja. Dengan harga tersebut, kamu akan mendapatkan laptop dengan performa mumpuni untuk menjalankan beraneka ragam aplikasi secara multitasking.

Laptop ini juga menawarkan potensi upgradability yang baik untuk penggunaan jangka panjang. Artinya, ia merupakan investasi yang sangat baik untuk penggunanya.

Buat kamu yang membutuhkan laptop dengan dimensi ringkas, tersedia pilihan layar 14 inci. Adapun buat mereka yang butuh bekerja dengan layar yang lebih luas dan nggak terlalu butuh mobilitas, ASUS menyediakan pilihan layar 16 inci dalam wujud Vivobook 16X (M1603). Bahkan buat pengguna yang sangat mengutamakan kualitas layar untuk kebutuhan sehari-harinya, ASUS Vivobook 14X OLED (M1403) juga hadir dalam pilihan panel layar ASUS OLED.

 

4 dari 5 halaman

Bertenaga Lengkap dengan Windows 11

Vivobook 14X M1403 dan Vivobook 16X merupakan laptop modern yang sudah mendukung sistem operasi terbaru yaitu Windows 11. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan sistem operasi Windows 11 siap membantumu menyelesaikan semuanya.  

Laptop ASUS dengan  Windows 11 memungkinkanmu mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik. Tampilan barunya juga lebih nyaman di mata dan lebih mudah digunakan. Itulah keunggulan dari laptop ASUS yang telah menggunkan Windows 11. 

 

5 dari 5 halaman

Dilengkapi Office Pre-Installed

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2021. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. 

Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikanmu untuk selalu memiliki akses ke fitur yang dikenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data. 

Gimana, menarik banget kan? Jika kamu membutuhkan laptop yang sanggup menangani tugas-tugas intensif, menawarkan performa grafis lebih baik dan bisa digunakan untuk jangka panjang, pertimbangkan untuk memilih laptop dengan prosor H-series seperti ASUS Vivobook 14X (M1403) atau ASUS Vivobook 16X (M1603). Untuk informasi lebih lanjut, cek di sini. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.