Sukses

Samsung Pamer Sensor Kamera 200MP Baru Jelang Rilis Galaxy S23 Series

Sensor gambar terbaru Samsung ini diklaim mengusung teknologi piksel dan kapasitas terbarukan untuk tangkapan gambar yang luar biasa pada smartphone flagship terbaru mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang perilisan Samsung Galaxy S23 Series, Samsung Electronics secara resmi memperkenalkan sensor gambar 200MP terbaru mereka yaitu ISOCELL HP2.

Sensor kamera 200MP ini diklaim mengusung teknologi piksel dan kapasitas terbarukan untuk tangkapan gambar yang luar biasa, pada smartphone premium generasi terbaru mereka.

"Samsung ISOCELL HP2 memanfaatkan teknologi sensor gambar beresolusi tinggi serta expertise terbarukan untuk menciptakan detail gambar yang epik," kata JoonSeo Yim, Executive Vice President of Sensor Business Team, Samsung Electronics.

"Kepemimpinan ini hadir berkat teknologi piksel inovatif yang memungkinkan sensor kami untuk melampaui jumlah dan ukuran piksel yang terbayangkan," imbuhnya, seperti dikutip dari siaran pers, Sabtu (28/1/2023).

ISOCELL HP2 membungkus 200 juta piksel berukuran 0,6μm (mikrometer) dalam format optik 1/1,3" – ukuran sensor yang banyak digunakan di kamera utama 108MP pada smartphone.

Menurut perusahaan, dengan teknologi ini, pengguna bisa menikmati resolusi yang lebih tinggi lagi di smartphone high-end terbaru tanpa tonjolan kamera di perangkat yang lebih besar.

Samsung juga menyematkan teknologi pixel-binning terbaru mereka Tetra2pixel sehingga, ISOCELL HP2 membuat kamera jadi lebih serbaguna berkat kemampuan dalam mensimulasikan ukuran piksel yang berbeda demi menghadapi berbagai tingkat pencahayaan.

Sementara di kondisi low-light, sensor gambar akan beradaptasi menjadi sensor gambar 1,2μm 50MP atau 2,4μm 12,5MP, dengan mengikat 4 hingga 16 piksel terdekatnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dalam Kondisi Low-Light

Untuk perekaman 8K yang lebih baik, kurang lebih pada resolusi 33MP, ISOCELL HP2 akan menggunakan mode 1,2μm 50MP untuk menangkap lebih banyak hal dalam satu frame dan meminimalkan pemotongan rasio gambar.

Dengan perekaman 8K pada 30fps, ditambah bidang pandang yang luas dan ukuran piksel yang lebih besar, pengguna bisa menciptakan video yang lebih tajam.

ISOCELL HP2 juga bisa mengatasi gambar yang pudar atau warnanya memutih, akibat kondisi cahaya yang terlalu terang, berkat teknologi Dual Vertical Transfer Gate (D-VTG).

Samsung mengatakan, metode ini mampu mengurangi overexposure dan meningkatkan reproduksi warna, termasuk saat memotret dengan kondisi cahaya terang benderang.

Di kondisi low-light, ISOCELL HP2 membawa kemampuan auto-focus next level dengan Super QPD, memungkinkan sensor gambar memakai seluruh 200 juta piksel yang ada untuk pemfokusan.

Di sini, piksel-piksel akan dikelompokkan pada area tertentu untuk mengenali perubahan pola fokus yang terjadi, demi memberikan auto-focus yang lebih cepat dan akurat.

Berkat melimpahnya data pola fokus yang terekam dan banyaknya piksel yang dimanfaatkan, sensor baru ini menawarkan auto-focus yang cepat, termasuk dalam kondisi minim cahaya.

3 dari 4 halaman

Fitur Dual Slope Gain di Mode 50MP

Samsung juga menghadirkan fitur Dual Slope Gain (DSG) untuk pertama kalinya di mode 50MP.

Teknologi ini dapat memberi dua nilai konversi tingkat kecerahan yang berbeda (tinggi dan rendah), lewat sinyal analog yang diterima piksel untuk menampilkan lebih banyak detail dan meminimalkan blur.

Smart-ISO Pro juga hadir sebagai solusi yang menggabungkan berbagai tingkat ISO dari satu exposure. Ini memungkinkan kamera untuk memotret dengan sensor gambar 12,5MP dan melakukan perekaman 4K pada 60fps dengan kualitas HDR.

Perusahaan asal Korea Selatan ini menyebut, ISOCELL HP2 mereka telah masuk ke dalam tahap produksi massal.

Mengingat sensor ini disebut akan hadir dalam smartphone flagship, patut ditunggu apakah salah satu dari seri Samsung Galaxy S23 yang akan dirilis sebentar lagi akan menggunakannya atau tidak, serta seperti apa kemampuannya dalam praktik. 

4 dari 4 halaman

Galaxy S23 Ultra Dikabarkan Pakai ISOCELL HP2 200MP

Sebelumnya, Galaxy S23 Ultra memang disebut akan menggunakan sensor kamera ISOCELL HP2 berkemampuan 200MP. President & Head of MX Business Samsung TM Roh juga menjanjikan adanya peningkatan kemampuan kamera di lini Galaxy S23.

Ia menuturkan, di seri Galaxy S yang akan datang, akan hadir sistem kamera pro-grade yang semakin pintar, menawarkan foto dan video yang terbaik dalam segala pencahayaan di antara smartphone Galaxy Samsung.

"Seiring dengan pengoptimalan perangkat keras dan perangkat lunak, chipset terbaru kami yang lahir dari filosofi kemitraan terbuka Samsung memungkinkan kinerja Galaxy yang tercepat dan terkuat," ujarnya.

(Dio/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.