Sukses

3 Cara Baca Chat WhatsApp Diam-Diam Tanpa Diketahui Si Pengirim

Liputan6.com, Jakarta - Trik ini mungkin berguna bagi kamu yang mungkin perlu waktu sebentar untuk membalas sebuah chat atau pesan teks WhatsApp ke pengirim.

Cara pertama untuk membaca chat secara diam-diam tanpa diketahui si pengirim pesan adalah dengan menahan pesan saat muncul notifikasi di layar smartphone yang terkunci.

Mengutip laman The Sun, Rabu (25/1/2023), fitur yang dikenal sebagai 'super stealth mode' ini membuka kotak pratinjau berupa pesan teks lengkap selama kamu menahan jari di layar.

Trik ini bisa dilakukan tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp sepenuhnya, yang artinya pengirim tidak akan pernah tahu pesan itu sudah dibaca atau belum.

Cara kedua adalah dengan menonaktifkan fitur Read Receipts. Ya, WhatsApp secara otomatis mengaktifkan fitur ini untuk dua miliar penggunanya.

Artinya, pengguna dapat melihat kapan pesan mereka telah dibaca ketika dua centang kecil di kanan bawah pesan telah berubah menjadi biru.

Untuk menonaktifkan fitur ini, buka Settings/Pengaturan di aplikasi WhatsApp. Klik Akun/Account > Privasi/Privacy > Tanda Terima Bacaan/Reading Receipts > lalu geser tombol untuk mematikannya.

Sebagai catatan, fitur ini tidak berfungsi untuk pesan, foto, atau video yang dibagikan di obrolan grup.

Demikian pula, ketika seseorang mengirim pesan suara, kamu tidak dapat menghindari tanda centang biru meskipun telah menonaktifkan opsi tanda terima telah dibaca.

Terakhir atau cara ketiga adalah mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) di smartphone setelah menerima pesan.

Mode pesawat memutus akses smartphone ke jaringan seluler dan WiFi, yang berarti WhatsApp tidak akan mencatat bahwa pesan kamu telah dibaca.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Fitur Baru WhatsApp Bakal Mungkinkan Pengguna Kirim Foto dengan Kualitas Asli

Di sisi lain, WhatsApp dikabarkan sedang menggarap fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar atau foto dengan kualitas asli, dan akan dirilis dalam sebuah pembaruan.

Fitur ini sudah masuk dalam WhatsApp beta untuk Android 2.23.2.11, namun masih dalam pengembangan dan belum tersedia untuk beta tester, seperti dikutip dari WABetaInfo, Selasa (24/1/2023).

Fitur mengirim pesan dengan kualitas asli ini tentu bisa jadi harapan, bagi pengguna yang kerap mengeluh foto yang dikirim ke sebuah pesan mengalami penurunan kualitas.

Aplikasi WhatsApp memang memiliki fitur untuk pengguna mengubah opsi kualitas foto yang dikirim melalui menu Settings. Pilihan yang ditawarkan adalah "Automatic", "Best Quality", dan "Data Saver."

Sayangnya, pengaturan ke kualitas yang terbaik tetap tidak membuat foto dikirim dengan kualitas aslinya, alih-alih mereka hanya sedikit mengalami kompresi.

Dalam laporannya, WaBetaInfo juga menyebut fitur ini direncanakan untuk terintegrasi dengan ikon pengaturan baru dalam header drawing tool. Fitur ini akan memungkinkan pengguna mengonfigurasi kualitas foto apa pun.

Berkat fitur baru WhatsApp ini, pengguna bisa memilih opsi untuk mengirim foto atau gambar dengan mempertahankan kualitas aslinya.

Hadirnya fitur ini tentu bakal sangat membantu, jika pengguna atau penerima berada dalam situasi yang membutuhkan pengiriman foto dengan kualitas asli.

Fitur WhatsApp untuk mengirim foto dengan kualitas asli ini sedang dalam pengembangan. Peluncuran direncanakan akan dilakukan untuk pembaruan aplikasi yang akan datang.

3 dari 5 halaman

WhatsApp Uji Coba Rekaman Suara Jadi Status Update

WhatsApp juga dilengkapi fitur berbagi status yang akan hilang otomatis dalam 24 jam atau yang sering disebut sebagai WhatsApp Status.

Meski begitu, pengguna agak terbatas dalam melihat jenis media apa yang dibagikan ke pembaruan WhatsApp status. Kini, kabarnya WhatsApp berupaya untuk memungkinkan pengguna berbagi pesan suara sebagai status update.

Fitur baru WhatsApp yakni status pesan suara ini menurut informasi, sudah dikerjakan selama beberapa waktu belakangan. Informasi awal tentang kehadiran fitur ini adalah pada Juli 2022.

Terbaru, sebagaimana dikutip dari Android Police, Kamis (19/1/2023), kini WhatsApp tengah menguji coba fitur berbagi pesan suara ke WhatsApp status itu ke sejumlah penguji melalui pembaruan beta terbaru di Google Play Store.

4 dari 5 halaman

Bisa Kirim Voice Note di Status

Menurut WABetaInfo yang telah mencoba fitur ini, pengguna bisa mengirim voice note dari bagian yang sama seperti yang dipakai untuk mengirim status berupa tulisan.

Disebutkan, tombol kirim Status kini berubah menjadi tombol mikrofon yang bisa ditekan dan tahan untuk mengirim pesan, layaknya mengirim pesan suara WhatsApp dalam obrolan WhatsApp biasa.

Seperti semua update status, WhatsApp akan membagikan pesan suara WhatsApp ini kepada semua kontak yang diizinkan untuk melihat foto atau video di WhatsApp Status.

Seperti semua update status lainnya, pesan suara yang dibagikan ke WhatsApp Status juga dienkripsi end-to-end dan akan tetap bisa didengarkan selama 24 jam, kecuali sudah dihapus sebelumnya.

Saat ini, perekaman untuk suara di WhatsApp Status tidak boleh melebihi batas waktu 30 detik. Namun pengguna bisa membatalkannya dan memulai dari awal bila perlu.

Namun, kontak tidak bisa mendengar update status jika mereka memakai WhatsApp versi lama.

Meskipun pada awalnya fitur ini tidak terlihat penting, namun fitur ini bakal cukup bermanfaat, apalagi kalau kamu ingin mengirim rekaman pesan ke banyak kontak.

Sejauh ini, Android Police belum melihat fitur ini di perangkat mereka yang menjalankan WhatsApp Beta. Namun fitur ini sudah dikembangkan selama hampir setahun dan WhatsApp belum merinci kapan seluruh pengguna bisa mendapatkannya.

5 dari 5 halaman

Infografis Cek Fakta: Kumpulan Hoaks Seputar Covid 19 terbaru yang beredar di WhatsApp (Liputan6.com/Abdillah)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS