Sukses

Apple Gandeng 2 Pemasok Baru Modul Kamera Periskop iPhone 15 Pro Max, Siapa?

Apple akhirnya telah memutuskan untuk memilih dua pemasok baru untuk modul kamera periskop di iPhone 15 Pro Max mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berbulan-bulan tidak ada kepastian, Apple akhirnya telah memutuskan untuk perusahaan mana yang akan menjadi pemasok modul kamera periskop di iPhone 15 Pro Max.

Adapun pilihan tersebut jatuh kepada LG Innotek dan Jahwa Electronics, sebagaimana dilansir oleh The Elec, Rabu (18/1/2023).

Disebutkan, baik LG Innotek dan Jahwa Electronic ini akan menyediakan aktuator OIS untuk modul kamera periskop dimana masing-masing memasok komponen sebesar 70 persen dan 30 persen.

Informasi, Jahwa telah bekerja sama dengan Samsung Electronic dan Samsung Electro-Mechanics untuk memasok komponsen seri Galaxy S23 mendatang serta Galaxy A54.

Saat ini, pemasok Apple--Alps Alpine dan Mizumi--sudah mengirimkan komponen aktuator tipe pegas untuk kamera iPhone.

Namun, aktuator berbentuk bola bikinan LG Innotek dan Jahwa Electronics ini diakui lebih cepat, akurat, dan menggunakan lebih sedikit daya, itulah alasan Apple beralih.

Baik LG Innotek dan Jahwa Electronics telah berinvestasi dalam jumlah besar dalam fasilitas pengembangan komponen mereka.

iPhone 15 Pro Max akan menjadi ponsel pertama Apple yang menggunakan lensa periskop, dan tidak akan terpasang di model iPhone 15 lainnya.

Sehubungan dengan bocoran iPhone 15, disebut-sebut iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mendapatkan fitur ekslusif di iPhone 14 versi Pro, yakni Dynamic Island.

Fitur ini adalah pengganti notch yang telah bertahun-tahun hadir di layar iPhone. Dynamic Island memadukan desain hardware dan software sehingga membuatnya interaktif dan berguna bagi pengguna.

Informasi tentang kehadiran fitur Dynamic Island pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus diungkap Mark Gurman dari Bloomberg.

Ia mengatakan, Apple kemungkinan menghadirkan desain yang sama termasuk Dynamic Island pada semua model iPhone 15.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Dynamic Island di iPhone 15

iPhone 14 Pro (Foto: Apple Newsroom)

Mengutip Gizchina, Rabu (11/1/2023), selain mengguncang tampilan iPhone premium, Dynamic Island memiliki keunggulan dari sekadar punch hole di layar perangkat.

Dynamic Island dipakai secara luas bersama dengan antarmuka iOS, menampilan notifikasi yang tengah berlangsung, indikator privasi, menampilkan lagu apa yang sedang diputar, notifikasi arah navigasi, dan lain-lain.

Kehadiran Dynamic Island pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus tak diragukan lagi bakal membuat kedua ponsel standar di seri iPhone 15 menjadi lebih menarik bagi pecinta Apple. Bagaimana tidak, pendahulunya, iPhone 14 dan iPhone 14 Plus oleh sebagian besar orang dianggap minim update dari iPhone sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Fitur Lain yang juga Hadir di iPhone 15 dan iPhone 15 Plus

iPhone 14 Pro menghadirkan Dynamic Island sebagai pengganti notch (Foto: Apple Newsroom).

Sekadar informasi, Dynamic Island bukan satu-satunya fitur Pro yang akan dihadirkan pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Sebelumnya, Apple juga dikabarkan akan memboyong kamera resolusi tinggi 48MP ke iPhone 15 dan iPhone 15 Plus.

Fitur ini sebelumnya juga hadir di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Namun, tahun ini kemungkinan bakal jadi fitur universal di iPhone 15 series. Dengan begitu, ada peningkatan signifikan pada iPhone yang rilis 2023 ini.

Selain itu, kabarnya iPhone 15 dan iPhone 15 Plus juga akan dibekali dengan port USB Type C, sebagai ciri universal bagi semua iPhone yang rilis 2023. Pasalnya, port Lightning Apple bakal segera dihentikan. 

4 dari 5 halaman

Tentang Dynamic Island

CEO Apple Tim Cook memamerkan sistem kamera canggih pada iPhone 13 Pro baru selama acara khusus di Apple Park di Cupertino, California (14/9/2021). iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max baru saja dirilis Apple. (Brooks Kraft/Apple Inc. /AFP)

Saat merilis iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, Apple menghadirkan pengganti notch. Ternyata desain notch ini adalah Dynamic Island yang punya kemampuan intuitif dan berguna ketimbang notch.

Dalam keterangannya, Apple menyebut, cutout di layar berbentuk mirip pil itu sebagai Dynamic Island. Dynamic Island memberi cara baru bagi pengguna untuk berinteraksi dengan iPhone.

"Tujuan kami adalah merancang ruang yang menampilkan notifikasi dan aktivitas latar belakang dengan cara menyenangkan. Saat pengguna menerima notifikasi, Dynamic Island akan memberi tahu mereka," kata Apple saat merilis iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Mengutip keterangannya, Dynamic Island memadukan hardware dengan software. Di mana bagian hitam di layar atas iPhone ini bisa secara realtime menampilkan notifikasi dan aktivitas yang dilakukan pengguna.

Misalnya saat pengguna mendengarkan lagu, Dynamic Island bakal menampilkan lagu apa yang tengah diputar. Saat pengguna menelepon, Dynamic Island memperlihatkan panggilan berlangsung.

Dengan begitu, pengguna bisa mengakses kontrol aktivitas yang sedang dilakukannya di iPhone dengan lebih mudah dengan cara tap-and-hold sederhana. 

5 dari 5 halaman

Dynamic Island Bisa Tampilkan Notifikasi

Telkomsel berkolaborasi dengan Apple menghadirkan paket bundling seri iPhone 14 terbaru yang didukung bonus kuota data layanan 5G hingga 50 GB (Dok. Telkomsel)

Aktivitas di layar belakang yang sedang berlangsung dan bisa ditampilkan di Dynamic Island mulai dari Map, Music, timer, telepon, hingga aplikasi ketiga di iOS 16.

Kehadiran Dynamic Island jelas ditujukan untuk memberikan informasi notifikasi ke pengguna tanpa harus keluar dari aplikasi yang tengah dibuka.

Contohnya, pengguna bisa melihat dari Dynamic Island perjalanan Lyft (taksi online) mereka berjarak dua menit tanpa harus keluar dari pesan iMessage yang sedang dibukanya.

Penggunaan lain, ketika sedang terhubung ke AirPods, Dynamic Island bisa menunjukkan berapa persentase daya AirPods.

Ketika pengguna mendapatkan notifikasi di Dynamic Island, cutout hitam kecil di atas layar iPhone itu akan terlihat melebar dan memberikan informasi relevan dari aplikasi lain tengah berjalan di background.

(Ysl/Isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.