Sukses

Startup Lokal Penyedia Platform EAP Mindtera Raih Pendanaan Rp 12 Miliar 

Putaran pendanaan itu dipimpin oleh East Ventures dengan partisipasi dari Seedstars International Ventures dan sejumlah angel investors terkemuka lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mindtera, sebuah startup lokal yang menawarkan platform untuk employee assistance program (EAP), mengumumkan penutupan putaran pendanaan gabungan seed & seed extension sebesar USD 850.000 atau sekitar Rp 12 miliar.

Putaran pendanaan itu dipimpin oleh East Ventures dengan partisipasi dari Seedstars International Ventures dan sejumlah angel investors terkemuka lainnya.

Berdiri sejak 2021 dan digawangi oleh Tita Ardiati (Co-Founder dan CEO) dan Bayu Puspito Bhaskoro (Co-Founder dan CMO), Mindtera adalah platform berbasis data yang membuka wawasan insight untuk membangun tempat kerja lebih produktif dan bahagia.

Mindtera mengelola perkembangan karyawan, bagaimana membuat karyawan terus terhubung secara well-being – yang dimulai sejak karyawan bergabung ke dalam perusahaan hingga tiba masanya untuk pensiun.

Saat masa Great Resignation pada tahun 2021, studi dari perusahaan global McKinsey menunjukkan kesejahteraan mental karyawan berperan penting dalam mempengaruhi bisnis secara keseluruhan.

Kemudian, World Health Organization (WHO) pun menyatakan bahwa selain berdampak pada hubungan asmara dan sosial di masyarakat, masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan turut merugikan ekonomi global sebesar USD 1 triliun per tahun, terutama dari penurunan produktivitas. 

Tita Ardiati, Co-Founder dan CEO Mindtera, mengatakan bahwa berinvestasi di dalam sumber daya manusia itu memang rumit. Bahkan, manfaatnya memang tidak langsung terlihat.

"Namun, perusahaan akan melihat dampak yang berkelanjutan jika Anda membangun lingkungan kerja yang seimbang dan sehat. Sumber daya manusia merupakan aset berharga bagi pertumbuhan perusahaan. Orang-orang yang bahagia menginspirasi pertumbuhan, jadi jagalah orang-orang Anda, dan Anda akan melihat produktivitasnya," ujar Tita dalam keterangan resmi Mindtera. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mindtera Pro dan Mindtera Plus

Hingga saat ini, Mindtera telah mengembangkan dua jenis platform yaitu Mindtera Pro dan Mindtera Plus.

Mindtera Pro adalah aplikasi dan dasbor analitik yang menghadirkan platform terintegrasi dengan assessment tools yang dirancang untuk mengumpulkan dan menganalisa umpan balik dari para karyawan guna meningkatkan pengalaman selama di perusahaan.

Sementara itu, Mindtera Plus merupakan Coaching & Development Center yang berguna bagi perusahaan sebagai wadah akan layanan konseling, coaching, dan perkembangan dari para ahli untuk mengatasi berbagai permasalahan karyawan yang ada, baik dari kultur maupun manajemen perusahaan.

Dalam perjalanannya merevolusi kesejahteraan karyawan di Indonesia, Mindtera telah memberikan dampak nyata ke lebih dari 10.000 karyawan dengan peningkatan kesadaran akan well-being sebesar 94 persen.

Menyediakan optimalisasi HR sebagai kunci keberhasilan industri, Mindtera kini memegang peranan penting untuk mengoptimalkan kultur kerja di Indonesia.

 

3 dari 4 halaman

Capaian Mindtera

Selain itu, Mindtera juga berhasil meraih pencapaian gemilang. Misalnya, Mindtera dinobatkan oleh Google Play sebagai Aplikasi Terbaik untuk Dampak Positif 2022 dan Aplikasi Lokal Terbaik 2022.

Capaian itu juga menjadi momentum pencapaian penting bagi Mindtera setelah terpilih untuk mewakili Indonesia di Google Startups Southeast Asia 2023, perwakilan dari perusahaan portofolio East Ventures pada Tech In Asia Conference 2022 di Singapura.

Selain itu juga Digital HUB.ID Summit 2021 yang merupakan bagian dari gelaran G20 Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Mindtera akan mengalokasikan pendanaan terbaru ini untuk memperluas cakupan bisnis B2B, melayani lebih banyak klien, serta melakukan pengembangan produk untuk menjadi platform Employee Assistance Program (EAP) nomor 1 di Indonesia. 

 

4 dari 4 halaman

East Ventures

Melisa Irene, Partner East Ventures, menyatakan bahwa masa depan dari pekerjaan adalah kesejahteraan karyawan. Oleh sebab itu, dia menilai bahwa memelihara kesehatan mental dan kesejahteraan karyawan sangat penting untuk mengembangkan bisnis dan tempat kerja yang tangguh.

"Kami percaya Mindtera hadir sebagai platform yang tepat untuk menciptakan kesejahteraan karyawan yang holistik dan memberikan solusi berbasis data dan terarah untuk mengatasi keadaan dan kebutuhan perusahaan yang berbeda. Kami bersemangat untuk terus melihat pertumbuhan dan pemberdayaan yang diciptakan oleh Mindtera di bidang ini," ujar Irene.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.