Sukses

500 Tim Siap Berlaga di Region Qualifier Free Fire Master League Season 7

Garena menjelaskan bahwa Region Qualifier merupakan bagian dari tahap kualifikasi menuju FFML Season 7.

Liputan6.com, Jakarta - Sekitar 500 tim komunitas bakal berlaga di babak Region Qualifier Free Fire Master League atau FFML Season 7, yang akan digelar serempak pada 15 Januari 2023.

Tim-tim komunitas ini tersebar di enam kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Makassar, Solo, Surabaya, dan Medan. Tiga tim terkuat dari masing-masing wilayah akan melaju ke Qualifier Fase 1.

Mengutip siaran pers, Jumat (13/1/2023), Garena menjelaskan bahwa Region Qualifier merupakan bagian dari tahap kualifikasi menuju FFML Season 7.

"Region Qualifier merupakan skema yang diperkenalkan mulai musim ini dan akan memberikan kesempatan lebih luas kepada tim komunitas untuk menjadi bagian dari dunia esports Free Fire," tulis Garena.

Sebanyak tiga tim terbaik dari enam kota yang sudah disebutkan tadi, akan melaju ke Qualifier Fase 1 pada 21 Januari 2023. Di fase tersebut, 18 tim dari enam region akan lolos dan berhadapan dengan enam tim lain dari jalur Open Qualifier.

Dari sini, sembilan tim bakal lolos ke Qualifier Fase 2 pada 27 Januari 2023. Jika mampu lolos dari babak tersebut, tim masih akan melalui dua babak kualifikasi lagi dan bertemu dengan tim-tim yang lebih menantang.

Di akhir Qualifier Fase 4 atau fase kualifikasi terakhir, ada empat tim terkuat yang bisa lolos dan bergabung bersama para juara di FFML Season 7, tim ini akan membuat total peserta menjadi 18 tim.

Nantinya, mereka bakal memperebutkan total hadiah senilai Rp 1,2 miliar, serta tiket mewakili Indonesia di kejuaraan dunia Free Fire 2023.

Garena pun mengingatkan, persaingan di Region Qualifier tidak bisa dianggap remeh, mengingat ada beberapa tim esports profesional yang akan ikut bertanding.

Di Region Qualifier Jakarta misalnya, akan ada Genesis Dogma Esports. Selain itu, Persis Esports juga akan berlaga di Solo. "Namun, kedua tim ini juga akan bersaing ketat dengan puluhan tim kuda hitam dari komunitas di masing-masing kota," Garena memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Deretan Konten Baru Usai Maintenance

Garena Free Fire sebelumnya mengumumkan telah melakukan server maintenance pada 11 Januari 2023 mulai pukul 11.00 WIB. Bersama dengan maintenance ini, ada sejumlah konten baru yang akan dihadirkan untuk para pemain.

Sebagai bagian dari patch OB38, Garena menghadirkan perubahan besar di Free Fire untuk memberikan pengalaman bermain terbaik. Tidak hanya itu, pembaruan ini juga dilakukan untuk meningkatkan tingkat kompetitif dalam game.

Dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (12/1/2023), salah satu pembaruan yang dihadirkan melalui pembaruan ini adalah pemberian titel khusus untuk menujukkan peringkat pemain di skala Regional (Provinsi) dan Nasional.

Mode Clash Squad dan Battle Royale akan memiliki leaderboard terpisah. Tidak hanya itu, mode Battle Royale juga akan kedatangan gudang senjata atau arsenal yang berisi item dari airdrop hingga senjata level 3.

Sebanyak 5 sampai 6 arsenal akan tersebar di setiap map dan hanya bisa dibuka dengan kunci khusus yang bisa didapatkan lewat random loot, atau dibeli lewat vending machine.

 

3 dari 4 halaman

Perubahan Karakter

Garena juga melakukan perubahan pada karakter Kenta dan Skyler. Perubahan karakter Kenta akan membuatnya tetap bisa menggunakan shield sambil menembak, sehingga dapat mengurangi damage dari depan hingga 10 persen.

Ada pula karakter baru yang bernama Santino, desainer fashion di balik Angelic. Karakter ini akan memiliki skill Shape Splitter yang mampu memunculkan manekin dengan 200 HP dan bisa berjalan selama 12 detik, lalu ia akan melakukan teleportasi ke lokasi manekin.

Garena Free Fire juga akan kehadiran pet baru yang diberi nama Kactus yang bisa memberikan bonus EP pada pemain. Dengan berdiam diri selama 6-8 detik, Kactus akan memberikan 10 EP per detik untuk pemain hingga maksimal 100 EP.

Update yang juga tidak kalah penting adalah pada performa in-game Free Fire. Optimalisasi pertama dilakukan pada performa awal game yang membuat waktu tunggu membuat aplikasi menjadi lebih singkat.

 

4 dari 4 halaman

Kolaborasi Free Fire dan Devil May Cry 5

Optimalisasi dan penyesuaian juga dilakukan pada map pool yang digunakan dalam mode Battle Royale dan Clash Squad agar proses matchmaking Free Fire lebih efisien. Map pool yang digunakan dalam update baru ini adalah Bermuda, NeXTerra, dan Purgatory.

Pembaruan lain yang juga dihadirkan usai Free Fire maintenance lewat patch OB38 ini adalah perubahan balance karakter, senjata, hingga optimalisasi lainnya.

Di samping itu, Garena Free Fire mengumumkan kolaborasi terbaru mereka, kali ini dengan salah satu game populer lainnya yaitu Devil May Cry 5.

Di kolaborasi yang akan hadir pada Februari 2023 ini, Survivors akan mendapatkan perpaduan art style Devil May Cry 5 yang khas dengan sentuhan grunge dalam Free Fire.

Mengutip siaran persnya, Rabu (11/1/2023), Free Fire akan membawa beragam item spesial mulai dari costumesemotes, dan animasi hasil dari perpaduan Free Fire dan Devil May Cry 5.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.